20 Usaha Rumahan Bagi Pemula Seperti Ibu Rumah Tangga

Sudah banyak kisah inspiratif yang ditorehkan para perempuan di negeri ini. Diantara perempuan-perempuan yang sukses tersebut, ada beberapa perempuan yang sukses menjalankan usaha dari rumah.

Tentunya, hal tersebut bisa dijadikan contoh bahwa ibu rumah tangga pun bisa tetap produktif dengan menjalankan usaha yang diinginkan.

Nah, jika Anda salah satu ibu rumah tangga yang ingin produktif menjalankan usaha namun masih bingung usaha apa yang harus dijalankan. Berikut akan kami paparkan tentang 20 usaha rumahan yang cocok bagi ibu rumah tangga.

Apa saja usahanya? Yuk, simak bersama pemaparannya di bawah ini!

1. Usaha Catering

Usaha Catering

Bagi ibu-ibu yang jago masak dan tingkat kelezatannya sudah diakui orang-orang rumah maupun tetangga sekitar, maka jangan ragu lagi untuk menjalankan usaha catering.

Tidak perlu sempurna dengan mengharuskan banyaknya pegawai, Anda bisa memberdayakan orang-orang yang ada di rumah baik itu anak, suami, ART, dan lain sebagainya.

Mulailah usaha tersebut dengan menawarkan kepada ibu-ibu arisan komplek agar konsumsi acara dibuat oleh Anda.

Ataupun berani melihat peluang untuk mengisi konsumsi di acara pengajian, catering anak di sekolah, makan siang untuk teman-teman dikantor suami, dan acara lain sebagainya.

Agar usaha catering Anda semakin luas jangkauannya, bisa pula dengan memasarkannya lewat media sosial.

Sebenarnya untuk membuka usaha catering ini tidak harus jago masak, Anda pun bisa memberdayakan orang-orang disekitar rumah yang memang memiliki bakat dalam hal ini namun tidak tahu harus memasarkannya.

Dengan begitu, Anda turut membantu pula perekonomian mereka dan sama-sama membangun usaha yang memberdayakan.

2. Usaha Warteg Kekinian

Usaha Warteg Kekinian

Usaha rumahan yang cocok ibu rumah tangga berikutnya adalah usaha warteg yang lebih kekinian.

Tentunya usaha ini bisa dijalankan apabila Anda memiliki banyak waktu luang di rumah dan space di rumah memungkinkan untuk membuka usaha warteg tersebut.

Sama halnya dengan membuka catering, usaha ini sangat cocok dijalankan oleh Anda yang memang hobi memasak atau memiliki minat pada kuliner.

Untuk membuka usaha warteg ini, sebaiknya masaklah menu umum yang banyak disukai banyak orang, seperti orek tempe, sayur sop, ayam goreng, tahu goreng, tumis sayur, telor balado, dan lain sebagainya.

Jangan lupa pula lengkapi warteg Anda dengan kopi, teh, dan minuman lainnya karena biasanya sangat disukai oleh para customer.

Agar semakin ramai warteg tersebut, bisa pula dipasangan dengan wifi gratis untuk para customer yang makan di tempat.

Hal itu bisa menjadi daya tarik, mengingta internet pun telah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang.

3. Usaha Sembako atau Toko Kelontong

Sembako atau Toko Kelontong

Jika ada ruangan di rumah yang memungkinkan untuk ‘’disulap’’ menjadi warung, maka usaha rumahan yang bisa Anda mulai adalah dengan membuka usaha sembako atau toko kelontong.

Seperti yang diketahui bersama, sembako atau makanan pokok merupakan kebutuhan utama setiap orang, jadi pastinya mereka akan membeli barang-barang tersebut setiap hari atau bulannya.

Selain sembako yang dijual, ada baiknya untuk melengkapi dengan barang-barang lain seperti shampo, sabun, pasta gigi, dan lain sebagainya agar memudahkan mereka mendapatkan barang yang diinginkan.

Untuk membuka usaha ini memang diperlukan tenaga dan waktu yang cukup banyak, mengingat Anda pun harus mengecek kembeli ketersediaan barang-barang dan menghubungi para supplier.

Usaha ini pun akan berkembang dengan pesat jika menempatkan usaha tersebut di perumahan atau komplek yang susah menemukan toko yang berjualan bahan-bahan sembako atai kelontong.

4. Usaha Laundry

Usaha Laundry

\Usaha rumahan berikutnya yang cocok bagi ibu rumah tangga adalah usaha laundry. Apalagi jika Anda tinggal di tempat yang strategis, seperti kampus, sekolah, atau komplek perumahan padat yang biasanya sangat memerlukan jasa laundry.

Untuk membuka usaha ini yang diperlukan adalah peralatan yang menunjang aktivitas laundry, seperti mesin cuci, mesin pengering, sabun cuci, setrika, plastik, dan lain sebagainya.

Sebaiknya, jangan tunggu ‘’sempurna’’ untuk membuka usaha ini, artinya jangan menunggu peralatan yang banyak untuk memulainya.

Karena banyak orang yang membuka jasa ini, dimulai menggunakan satu sampai dua mesin cuci, sampai akhirnya memiliki banyak mesin cuci untuk menunjang aktivitas tersebut.

Jika Anda senang melakukan aktivitas rumah tangga seperti mencuci dan menyetrika, kini saatnya ‘’kesenangan’’ tersebut diubah menjadi pundi-pundi yang menguntungkan bagi Anda.

Perlu diingat pula, usaha ini termasuk jasa melayani seseorang, maka berikan service terbaik bagi mereka karena dengan begitu, usaha laundry tersebut akan dikenal dan berkembang dengan sendirinya berkat customer yang puas dengan pelayanan Anda.

5. Usaha Pembayaran Online

Usaha Pembayaran Online

Usaha yang bisa dijalankan di rumah dan cocok digeluti oleh ibu rumah tangga adalah usaha pembayaran online atau dikenal pula dengan PPOB.

Dalam usaha PPOB tersebut mencakup pembayaran listrik, internet rumah, BPJS, cicilan, pembayaran indihome, termasuk pula pengisian pulsa dan kuota internet.

Keuntungan yang didapat dari usaha tersebut memanglah sedikit, tetapi hal tersebut sudah menjadi kebutuhan setiap orang.

Sehingga bukan tidak mungkin lagi bagi mereka untuk mengisi pulsa setiap hari, minggu, atau perbulannya.
Modal yang dikeluarkan dari bisnis tersebut pun tidak terlalu besar. Alat yang diperlukan pun tidak terlalu banyak, yaitu laptop, smartphone, dan kuota yang mencukupi.

Bahkan hanya menggunakan smartphone dan kuota pun sudah bisa membuka usaha tersebut.
Kabar baiknya, untuk membuka usaha tersebut tidak memerlukan banyak tempat. Agar tetangga mengetahui usaha tersebut, Anda buka bisa memasang spanduk atau banner yang dipasang di depan rumah.

Kapanpun dan dimanapun usaha tersebut pun bisa berjalan dengan baik sesuai keinginan Anda.

6. Usaha Online Shop

Usaha Online Shop

Usaha rumahan selanjutnya yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah online shop. Dimana Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari sebuah produk yang Anda minati.

Kabar baiknya, usaha online shop tersebut sangat banyak digeluti oleh ibu-ibu rumah tangga. Sehingga setelah pekerjaan rumahnya beres, mereka akan menjalankan usaha tersebut cukup dari rumah tanpa memerlukan modal yang cukup besar.

Usaha tersebut bila ditekuni dengan serius bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar bahkan bisa membantu perekonomian keluarga.

Untuk menjalankan usaha ini, tidak perlu repot-repot pula menyetock barang karena biasanya pihak podusen hanya meminta alamat customer yang akan dikirimkan barang tersebut.

Agar usaha ini bisa berjalan dengan lancar, maka carilah produk-produk yang dijual sesuai dengan keinginan atau minat Anda.

Biasanya dengan begitu, Anda kan lebih serius dan lebih bersemangat lagi menjualkan produk-produk tersebut.

Produk-produk tersebut biasanya seperti, buku, mainan anak, produk kecantikan, makanan ringan, baju, aksesoris, dan lain sebagainya.

Memasarkan produknya pun terbilang cukup mudah, bermodalkan smartphone dengan aplikasi media sosial, Anda tinggal mengupload foto-foto produk yang akan dijual.

7. Usaha Les Privat

menjadi guru private

Usaha berikutnya yang cocok bagi ibu rumah tangga adalah membuka usaha les privat. Bagi Anda yang memiliki minat atau kemampuan lebih dalam bidang pendidikan, tidak ada salahnya untuk menjalankan usaha tersebut.

Usaha les privat yang Anda buka pun bisa meliputi les baca Al-Quran, les belajar untuk anak-anak SD hingga SMA, les bermain alat musik, bahasa, dan lain sebagainya.

Selain mendapatkan penghasilan, dengan membuka les ini berarti Anda tengah memberikan ilmu yang dimiliki kepada semua orang.

Jelas hal ini sangat mulia karena bukan mencari keuntungan belakan melainkan menyelematkan mereka dari kebodohan.

Tentunya, usaha ini bisa dilakukan di rumah, dimana murid-murid les Anda datang ke rumah Anda sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Tarif yang diberlakukan untuk membuka les sendiri tidaklah menentu, yang jelas mendapatkan penghasilan dai les ini tidaklah main-main, bisa mendapatkan keuntungan Rp 1-3 juta perbulan tergantung jumlah murid dan les yang diberlakukan.

8. Usaha Minuman Jus Buah-Buahan

Usaha Minuman Jus Buah-Buahan

Jika Anda tinggal di komplek perumahan yang cukup padat, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha minuman jus buah-buahan.

Membuka usaha ini bisa dilakukan di rumah dengan gerobak yang disimpan di luar rumah atau menggunakan meja seadanya saja.

Usaha tersebut jika ditekuni dengan serius bisa mendatangkan pundi-pundi yang lumayan menguntungkan.

Selain itu, secara tidak langsung Anda mengajak orang-orang di sekitar untuk hidup sehat dengan mengonsumsi buah-buahan.

Peralatan yang harus dimiliki cenderung mudah didapatkan, seperti menyiapkan blender, buah-buahan yang sedang musim pada bulan itu, es batu, plastik, cup, sedotan, dan lain sebagainya.

Ketika Anda membuka usaha tersebut, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dari minuman dan menjaga freshnya buah-buahan agar para konsumen bisa menjadi pelanggan setia Anda.

9. Usaha Jasa Menjahit

Usaha Jasa Menjahit

Bunda memiliki keterampilan menjahit? Yuk, kembangkan bakat tersebut menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan keuntungan dan membantu perekonomian keluarga.

Caranya, yaitu dengan membuka usaha jasa menjahit untuk orang-orang yang ada disekitar Anda maupun orang-orang yang Anda kenal.

Tentunya, modal yang harus dimiliki oleh para penjahit adalah mesin jahit sebagai alat utama yang bisa menghasilkan karya istimewa dari tangan Anda.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi penjahit, jangan pernah berhenti belajar mengikuti trend busana yang tiap tahunnya selalu berubah-ubah.

Percayalah, ketika Anda serius menekuni hal tersebut, bisa membuat Anda semakin dikenal luas dan tentunya bisa mendapatkan penghasilan yang cukup menggiurkan.

Membuka usaha menjahit tersebut jelas bisa dilakukan di rumah sehingga pekerjaa utama Anda bisa diselesaikan dengan baik dan pekerjaan menjahit pun bisa selesai sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

10. Usaha Salon dan SPA

Usaha Salon dan SPA

Dunia wanita pasti tidak akan jauh dengan perawatan diri. Bermula dari hal itulah, bisa tercetus usaha rumahan yang bisa menguntungkan pula, yaitu usaha salon dan SPA.

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha tersebut, tentunya Anda harus memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Agar para customer percaya bahwa Anda bisa melakukan hal tersebut.

Jika sudah memiliki keahlian tersebut, maka bisa lansgung membuka usaha salon dan SPA dengan harga yang disesuaikan dilingkungan rumah Anda.

Membuka usaha ini memang memerlukan modal yang tidak sedikit, namun bila dijalani dengan serius bisa mendatangkan keuntungan yang begitu fantastis.

Ada baiknya juga jika salon dan SPA tersebut dikhususkan untuk wanita atau wanita Muslimah. Dimana target pasar yang dibidik jelas dan memang merekalah yang pada dasarnya membutuhkan hal tersebut untuk perawatan sehari-harinya.

11. Usaha Makanan untuk Sarapan

Usaha Makanan untuk Sarapan

Usaha berikutnya yang bisa dijalankan ibu rumah tangga dari rumah adalah makanan untuk sarapan.

Membuka usaha tersebut sangat menjanjikan, mengingat kebiasaan orang-orang Indonesia yang sebagian besar makan pagi dengan menu yang cukup berat.

Apalagi untuk membuka usaha ini, Anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar cukup dengan mengeluarkan modal Rp 500.000 sudah bisa berjalan.

Contoh makanan untuk sarapan pun tergolong mudah dibuat dan tidak perlu membuat porsi yang terlalu banyak.

Seperti, bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, kupat tahu, nasi pecel, lontong kari sayur, ketoprak, dan lain sebagainya bisa disesuaikan dengan kebiasaan sarapan yang ada di daerah Anda.

Bahkan, jika Anda tidak terlalu mahir membuat menu di atas, bisa pula membuat menu sarapan dengan nasi putih, tempe goreng, telur dadar, lengkap dengan kecap dan kerupuk.

Menu-menu di atas pasti laris apalagi jika Anda tinggal di daerah komplek yang cukup padat.

Selain mengandalkan tetangga-tetangga dekat untuk promosi, Anda pun bisa menggunakan media sosial yang dimiliki dan memasang spanduk atau banner untuk dipasanga depan rumah.

Boleh jadi, dengan memasangnya lewat media sosial Anda bisa mendapatkan orderan lebih banyak untuk wilayah lain yang masih bisa dijangkau.

12. Usaha Jajanan Kue Pasar

Usaha Jajanan Kue Pasar

Walaupun banyak kue-kue modern yang bermunculan saat ini, tetap saja pesona jajanan kue pasar tidak terkalahkan.

Baik anak-anak, anak muda, hingga orang tua masih sangat menyukai jajanan kue pasar tersebut terutama untuk acara hari raya, arisan, hingga acara pernikahan.

Nah, masih tingginya minat warga Indonesia pada jajanan kue pasar, maka bisa dijadikan ide bagi Anda untuk membuat usaha jajanan kue pasar.

Menjalankan usaha ini bisa dengan membuat kue sendiri jika Anda memang bisa membuatnya. Namun, jika belum mahir, Anda bisa menemukan produsen yang membuat kue tersebut kemudian menjadi reseller untuk menjualkan kue jajanan pasar tersebut.

Modal yang diperlukan pun beragam, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta. Selain itu, jika Anda ingin membuat sendiri kue-kue tersebut wajib memiliki peralatan yang memadai seperti mixer, oven, cetakan kue, dan lain sebagainya.

Jangan khawatir untuk masalah promosi, karena Anda bisa menggunakan media sosial dan mengandalkan sanak saudara atau tetangga.

13. Usaha Jajanan Anak Sekolah

Usaha Jajanan Anak Sekolah

Jika Anda tinggal dekat dengan lingkungan sekolah, maka usaha yang bisa dijalankan adalah dengan menjual jajanan anak sekolah.

Menu-menu yang bisa dijual pun diusahakan harus sesuai dengan selera mereka dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Contoh menu jajanan anak sekolah yang bisa dijual pun beragam, seperti buah potong, serabi, telur gulung, cilor, cireng, cimol, batagor, martabak telor mini, kue cubit, sate seafood, dan lain sebagainya.

Usahakan menu yang dibuat adalah menu-menu yang sehat dan bersih agar kesehatan anak-anak pun bisa terjamin.

Jika rumah Anda jauh dari lingkungan sekolah tersebut, lebih baik tetapkan menu yang akan dibuat kemudian bisa menitipkannya di kantin-kantin sekolah yang tidak jauh dari rumah Anda.

Cara tersebut biasanya lebih efektif dan efisien ditengah kesibukaan dan masih harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Modal yang dikeluarkan pun biasanya tidak terlalu besar, berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta tergantung menu yang akan Anda jual.

14. Usaha Menjual Sayuran, Buah-buahan, dan Daging

Usaha Menjual Sayuran, Buah-buahan

Usaha berikutnya yang bisa dilakukan di rumah adalah menjual sayuran, buah-buah, dan juga daging.

Ketiga bahan makanan tersbeut sangat penting mengingat para ibu-ibu komplek pasti memerlukan bahan-bahan tersebut setiap harinya.

Menjalankan usaha tersebut juga tidak akan berlangsung sepanjang hari, cukup 1-3 jam saja Anda membuka warung di pagi hari pasti langsung laris manis.

Untuk menjalankan usaha tersebut, Anda harus rela bangun dini hari untuk pergi ke pasar, agar bahan-bahan makanan tersebut masih tetap segar dan layak untuk dibeli.

Kabar baiknya, modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak cukup mengeluarkan modal awal Rp 300 ribu – Rp 500 ribu Anda sudah bisa menjalankan usaha tersebut.

Jika ingin lebih berkembang lebih baik lagi usaha tersebut, Anda bisa mempromosikannya lewat media sosial. Hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil karena sudah banyak yang melakukan hal tersebut.

Tentunya, semakin banyak pelanggan maka Anda pun harus menyiapkan tambahan SDM untuk menjalankan usaha tersebut.

15. Usaha Menjual Bibit Tanaman

Jualan bibit tanaman dari rumah

Usaha berikutnya ada kaitannya pula dengan hobi yang dijalankan, yaitu hobi dalam bertanam atau memiliki minta terhadap tanaman tersebut.

Pasalnya, dari apa yang Anda tanam bisa berbuah penghasilan yang cukup menarik dan bisa membantu perekonomian keluarga.

Tanaman yang dijual pun beragam, bisa dimulai dengan menjual bibit tanaman, menjual tanaman hias, obat-obatan alami, tanaman organik hingga hidrponik, dan lain sebagainya.

Usaha ini memang tidak akan seperti usaha menjual sayuran dan sembako yang setiap harinya selalu ada yang membeli.

Walaupun begitu,tanaman yang dijual bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah jika kualitas tanamannya memang baik dan disukai oleh pelanggan Anda.

Usaha yang bisa dijalankan dari rumah ini, bisa dipasarkan lewat media sosial dan bukan tidak mungkin lagi Anda bisa mendapatkan pelanggan dari wilayah lain.

Selain bisa menjual bibit atau tanaman hias yang sudah tumbuh dengan sempurna, Anda pun bisa menyewakan tanaman-tanaman hiasa yang biasanya diperlukan untuk dekorasi acara seperti pernikahan, ceremony, pentas, dan lain sebagainya.

16. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha Kerajinan Tangan

Usaha berikutnya yang cocoik dijalankan ibu rumah tangga ini masih berkaitan dengan hobi. Selain memasak dan bercocok tanaman, para ibu rumah tangga biasanya hobi membuat kerjainan tangan sehingga menghasilkan aksesoris atau rajutan yang unik dan bagus.

Nah, jika Anda termasuk salah satu ibu rumah tangga yang mahir dalam membuat kerajinan tangan, tidak ada salahnya untuk membuat sebuah kreasi menarik yang sekiranya bisa untuk dijual.

Contohnya, jika Anda oandai merajut, buatlah sweater untuk anak-anak, bayi, atau untuk orang dewasa. Selain itu, bisa pula membuat lukisan rajutan yang biladpasarkan bisa mendatangkan keuntungan yang begitu menggiurkan.

Selain itu, buat pula manik-manik atau bros untuk wanita yang berhijab. Karena biasanya kedua hal tersebut sangat diperlukan oleh mereka.

Kabar baiknya, Anda bisa memasarkan kerjainan tangan tersebut secara online baik lewat media sosial atau website khusus menampilkan kerajinan tangan seperti craftline.com

Dengan memasang di situs-situs tersebut, akan berpeluang mendapatkan klien dari dalam maupun luar negeri. Terlebuh jika hasil kerajinan tangan tersebut memiliki ciri khas yang unik lain daripada yang lain.

17. Usaha Susu Murni

Usaha Susu Murni

Siapa disini yang ingin membuka usaha kuliner namun tidak mahir memasak? Jika Anda termasuk dalam kategori tersebut, tidak perlu berkecil hati bisa karena masih bisa menjalankan usaha di bidang kuliner dengan jenis yang lain.

Salah satu usaha kuliner yang bisa dijalankan tersebut adalah menjual susu murni.

Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar, berkisar antara Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta dengan syarat, Anda memiliki tempat memadai untuk menyimpan susu tersebut, seperti cool box atau freezer.

Seandainya Anda bisa menjual susu murni tersebut sebanyak 50 bungkus dalam sehari kemudian menjualnya dengan harga Rp 5-7 ribu perbungkus, maka pendapatkan sehari yang didapat bisa sekitar Rp 250 ribu – Rp 350 ribu.

Bagaimana lumayan menguntungkan bukan?

18. Usaha Toko Oleh-oleh

Usaha Toko Oleh-oleh

Geliat toko oleh-oleh dari rumah yang dijalankan ibu-ibu rumah tangga semakin lama semakin menjamur.

Boleh jadi diantara kita pernah mengunjungi daerah tertentu dimana ketika akan membeli oleh-oleh, diarahkan oleh warga atau guide wisata ke rumah-rumah penduduk yang menjual oleh-oleh daerah setempat.

Nah, kurang lebih seperti itulah proses pemasaran yang bisa dilakukan ketika memang Anda ingin menjual oleh-oleh dari daerah asal.

Selain itu, Anda pun bisa mengandalkan media sosial dengan memanfaatkan marketplace untuk memasarkan oleh-oleh tersebut.

Biasanya yang akan membeli oleh-oleh tersebut adalah orang-orang yang pernah mencicipi atau rindu ingin merasakan kembali oleh-oleh tersebut.

Selain mendapatkan keuntungan, secara tidak langsung turut melestarikan kebudayaan setempat lewat oleh-oleh tersebut.

19. Usaha Refil Parfum

Usaha Refil Parfum

Jika Anda ingin usaha yang berbeda lain daripada yang lain namun masih ingin dijalankan di rumah, maka bisa memilih usaha refil parfum.

Hal ini memang belum banyak digeluti oleh ibu-ibu rumah tangga, tetapi bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, mengingat parfum kerap kali menjadi kebutuhan wajib setiap wanita dan pria.

Modal yang harus disiapkan untuk membuka usaha ini adalah Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Jika Anda bisa menjual 15-20 parfum dalam sehari, pendapatan bersih yang didapatkan bisa sekitar Rp 300 ribu bahkan lebih.

Karena saat ini zamannya online, maka untuk memasarkannya bisa lewat media online agar jangkauan pembeli pun semakin luas.

Jika tidak memungkinan menyetock usaha tersebut di rumah, Anda pun masih bisa menjalankannya dengan menjai reseller dari produk parfum tersebut.

20. Freelance Writer

Freelance Writer

Selain anak-anak muda yang mengeluti pekerjaan seperti penulis, banyak pula ibu-ibu rumah tangga yang memiliki bakat dalam hal tulis menulis.

Terbukti dengan semakin banyaknya komunitas menulis oniline dimana anggotanya banyak diisi oleh ibu-ibu rumah tangga.

Nah, jika Anda mahir dalam hal tulis menulis, maka peluang besar untuk saat ini membuka usaha jasa tulis menulis atau freelance writer yang meliputi menjadi penulis artikel, novel, cerpen, conten writer, copy writer dan lain sebagainya.

Kabar baiknya, sudah banyak komunitas ibu-ibu yang mengorganisir ibu-ibu rumah tangga untuk bisa mengisi di website atau media sosial yang berkaitan dengan aktivitas ibu-ibu.

Tentunya, modal yang perlu Anda miliki adalah laptop atau computer dengan kuota onternet yang memadai.

Kemudian dengan modal itulah, Anda bisa menjalankan usaha yang begitu menjanjikan tersebut. Penghasilan yang didapat pun beragam, tergantung jam terbang Anda dalam menulis.

Biasanya pendapatan yang akan diterima berkisar antara Rp 300.000 hingga jutaan rupiah.

Penutup

Nah, itulah dia 20 usaha rumah yang cocok bagi pemula seperti ibu rumah tangga. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.

Bagaimana Bunda, usaha apa yang akan Anda pilih setelah membaca artikel ini? Apapun yang dipilih semoga bisa berjalan dengan baik dan sukses selalu untuk bunda-bunda hebat di seluruh Indonesia.