Tips Supaya Tidak Bosan Ketika Bekerja dari Rumah

Pandemi tidak lantas membuat orang-orang berhenti untuk bekerja. Mereka harus bekerja dari rumah untuk menghindari penyebaran covid-19.

Tetapi, banyak tantangan yang harus dihadapi ketika bekerja dari rumah, salah satunya adalah rasa bosan.

Rasa bosan kerap kali menyerang ketika harus bekerja dari rumah. Ketika biasanya bisa berkomunikasi dengan banyak orang di kantor, dan bertemu klien baru yang membuat kita gembira.

Di rumah justru kita harus bertemu dengan orang yang sama selama 24 jam. Bahkan tembok yang sama pun terkadang membuat kita sangat bosan.

Tetapi, Anda jangan sampai terjerumus dalam kebosanan yang berkepanjangan. Meskipun harus kerja dari rumah, jangan sampai produktivitas Anda terkikis gara-gara terlalu bosan. Berikut ini akan dibagikan tips supaya tidak bosan ketika dari rumah.

Yuk, cek ulasannya di bawah ini!

• Ubah Mindset

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat bekerja dari rumah adalah mengubah mindset. Jangan terus berfikiran kalau bekerja harus selalu di kantor. Karena hal tersebut bisa membuat Anda malas untuk bekerja.

Keharusan bekerja di rumah membuat banyak orang malas untuk bekerja. Karena dalam mindset mereka terpatri kalau rumah adalah tempat istirahat setelah pulang kerja, dan kantor adalah tempat kerja yang sebenar-benarnya.

Perubahan situasi seperti sekarang ini mengharuskan kita mengubah pola fikir tersebut. Kita harus tetap bisa produktif meskipun bekerja dari rumah. Anda harus bisa beradaptasi dengan kondisi apapun, sehingga produktivitas kerja Anda tidak terganggu.

Orang yang cerdas akan mampu beradaptasi sesulit apapun situasinya. Dan meraka akan menemukan solusi dari segala tantangan dan masalah yang dihadapi.

• Tentukan Waktu Memulai Hari

waktu

Saat bekerja dari rumah, Anda harus bisa mengatur waktu kapan Anda harus mengerjakan pekerjaan pribadi dan kapan harus bekerja. Karena tidak sedikit orang yang merasa kelelahan karena tidak bisa membagi pekerjaan pribadi dan pekerjaan kantor.

Pastikan untuk memulai pagi dengan aktivitas standar seperti pekerjaan rumah. Siapkan keperluan keluarga, seperti sarapan anak dan ayah. Tentukan hingga jam berapa Anda harus menyiapkan hal tersebut. Sehingga, jika butuh waktu yang cukup banyak untuk itu, Anda bisa bangun lebih pagi.

Selanjutnya selalu ikuti jadwal untuk pekerjaan kantor setelah selesai mengerjakan pekerjaan rumah. Anda pun harus memiliki jeda agar tidak kewalahan dan memaksakan diri bekerja terlalu banyak.

Rapikan Tempat Kerja Anda

Agar tidak merasa bosan ketika bekerja dari rumah, pastikan untuk menata barang-barang penting untuk menyelesaikan pekerjaan. Karena dengan lingkungan yang tenang dan tidak berantakan, Anda bisa meningkatkan produktivitas lebih baik saat harus bekerja dari rumah.

Lebih baik simpan alat-alat kerja dalam wadah yang portable agar lebih mudah dipindah-pindahkan dan tetap teratur. Buatlah kotak-kotak kecil untuk menyimpan barang agar mudah disimpan dan dirapikan saat tidak digunakan. Dan saat dibutuhkan akan lebih mudah ditemukan.

Baca: Tips Jitu Menjadi Copywriter Handal, Ini Dia

Mengelola Distraksi

Bekerja dari rumah memang akan membuat kita banyak melakukan distraksi. Seperti misalnya bermain dengan anak, rebahan, terlalu banyak santai, terganggu acara televisi yang seru dan lain sebagainya.

Memang tidak salah untuk mengambil jeda beristirahat untuk kembali bekerja, tetapi terlalu banyak mengambil waktu istirahat malah akan menghambat kerjaan Anda.

Tetap Bersosialisasi

Meskipun bersosialisasi di masa pandemi ini tidak disarankan, tetapi Anda tetap harus melakukannya meskipun dalam lingkup yang lebih kecil.

Anda bisa bersosialisasi dengan tetangga depan rumah atau kolega kerja Anda di social media. Anda juga bisa bersosialisasi dengan keluarga di rumah, tanpa mengabaikan mereka karena kerjaan yang menumpuk.

Tidak melakukan sosialisasi atau berkomunikasi akan membuat Anda merasa kesepian dan memperburuk motivasi diri sendiri. Untuk itu, Agar bisa lebih produktif Anda harus tetap bersosialisasi.

Dengan bersosialisasi, fikiran Anda akan kembali segar dan bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih santai kembali. Tetapi, jika Anda sakit jangan pernah keluar rumah, pastikan untuk diam di rumah agar tidak menyebabkan penyebaran virus apapun, termasuk virus corona.

• Menjaga Komunikasi dengan Kolega dan Atasan

komunikasi

Bekerja dari rumah bukan berarti Anda bekerja sendirian, pastikan Anda terus berkomunikasi dengan kolega dan atasan. Komunikasi bisa dilakukan melalui grup WhatsApp, dan bisa dilakukan sesering mungkin melalui voice note ataupun pesan teks.

Dengan berkomunikasi, target-target pekerjaan bisa dicapai. Seperti misalnya target untuk menyelesaikan projek penting, yang diminta oleh atasan kepada bawahannya. Dengan komunikasi, tentu saja setiap kendala dari projek tersebut bisa terus dikomunikasikan. Dan Anda tetap bisa bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan atasan.

Selain itu, secara psikologis komunikasi juga bisa mencegah rasa kesepian ketika bekerja dari rumah. Karena penelitian juga menyebutkan bahwa orang yang kesepian hidupnya tidak akan termotivasi dan sulit produktif. Itulah kenapa komunikasi sangat penting ketika bekerja dari rumah.

Selalu Menjaga Penampilan dan Tetap Mandi

Meskipun bekerja dari rumah, bukan berarti Anda tidak mandi dan tidak menjaga penampilan. Pastikan untuk terus menjaga penampilan dan tetap mandi meskipun tidak harus berangkat ke kantor untuk bekerja.

Dengan tetap merawat penampilan dan membersihkan diri, secara psiokologis akan membuat Anda secara mental lebih siap untuk bekerja. Sama halnya seperti saat Anda akan berangkat ke kantor, lebih baik bangun pagi dan siap-siap untuk bekerja. Seperti memakai makeup tipis, memakai parfum dan tentu saja harus diawali dengan mandi pagi.

Hal itu juga bisa membuat Anda selalu siap ketika misalnya atasan meminta Anda untuk melakukan video call. Sehingga pertemuan penting kantor tidak akan memalukan hanya karena Anda tidak mempersiapkan diri.

Tidak Memaksakan Tubuh dan Pikiran

Suasana kerja dari rumah sangat berbeda dengan bekerja dari kantor. Jika di kantor Anda memiliki jam kerja terstruktur, mulai dari jam produktif kerja sudah pasti, waktu istirahat sudah ditentukan, bahkan jam pulang pun sudah ditentukan. Di rumah Anda tidak harus mengikuti jam kerja kantor seperti itu.

Yang nantinya ingin lebih produktif, yang ada malah Anda memaksakan diri untuk bekerja tanpa batas waktu. Karena memang bekerja di rumah dan di kantor suasananya akan sangat berbeda. Jadi, menyesuaikan jam kantor dengan jam rumah tidak akan menjadi solusi.

Setiap kerja, berilah waktu 45-60 menit untuk berisitirahat. Istirahat bisa dengan menghabiskan waktu bermain bersama si kecil, atau sekedar nonton video di Youtube. Lakukan hal-hal yang bisa menyegarkan kepala, agar bisa bekerja kembali dengan maksimal.

Tetapi, istirahat terus-terusan juga tidak bagus. Jangan jadikan alasan, bahwa bekerja dari rumah bisa seenaknya mengambil waktu istirahat. Pastikan untuk terus bisa menjaga pola kerja yang seimbang.

• Makan Makanan Sehat

Makanan

Dengan makan makanan sehat, Anda tidak akan bosan ketika bekerja dari rumah. Pasalnya, ketika makan-makanan yang sehat, tubuh akan selalu sehat dan bugar. Sehingga siap untuk menghadapi tantangan pekerjaan. Makan-makanan yang tidak sehat, akan membuat mood Anda pun menurun.

Dengan makan makanan sehat, secara psikologis bisa lebih meningkatkan suasana hati. Sehingga, disarankan untuk menghindari junk food, atau makanan yang terlalu banyak mengandung gula, serta lemak.

Selain itu, dengan makan-makanan sehat, kemampuan mengingat akan menjadi lebih tajam. Itu akan sangat menunjang pekerjaan di rumah. Sehingga, tidak ada satupun perintah dari atasan yang terlewatkan.

Tidak Bekerja Sambil Rebahan

Bekerja dari rumah memang membuat orang bisa lebih bebas bekerja dengan gaya apapun. Seperti misalnya mengerjakan pekerjaan sambil tiduran di kasur. Atau bahkan sambil ngemil di depan televisi. Jangan pernah melakukan hal tersebut terlalu sering.

Pasalnya, jika Anda terlalu banyak rebahan dan berleha-leha saat bekerja, otot tulang belakang Anda akan bermasalah. Dan akan menimbulkan nyeri punggung serta leher. Sehingga bisa menghambat produktifitas Anda saat bekerja.

Pastikan untuk selalu duduk di kursi kerja Anda, sehingga tidak harus rebahan di kasur dan merusak otot tulang belakang. Sediakan meja kerja lengkap dengan kursinya, biasakan mengerjakan pekerjaan seperti halnya Anda bekerja di kantor. Sayangi tubuh Anda, sehingga Anda bisa lebih sehat dan panjang umur.

Membuat Jadwal dan Deadline

Supaya tidak bosan ketika bekejr dari rumah, sebaiknya Anda bekerja dengan membuat jadwal harian. Membuat jadwal harian akan menghilangkan rasa jenuh. Anda bisa membuat jadwal harian dan menuliskan rutinitas yang akan dilakukan setiap harinya.

Pastikan rutinitas mingguan Anda dibuat berbeda sehingga tidak bosan melakukan hal yang sama setiap minggunya. Buatlah juga target pencapaian setiap minggu, sehingga Anda bisa terus tertantang dan tidak bosan dengan rutinitas.

Jadwal bisa dibuat dengan cara membuat jadwal digital, sehingga ketika Anda harus melakukan sesuatu alarm ponsel bisa bordering untuk mengingatkan.

Tuliskan urutan tugas secara terperinci dengan membaginya menjadi beberapa kategori. Sehingga pekerjaan bisa menjadi lebih mudah jika diurutkan berdasarkan kepentingan.

• Pandai Memilih dan Memilah Informasi

informasi

Sebelum bekerja dari rumah, di pagi hari Anda mungkin sering membaca atau menonton berita di televisi. Membaca berita atau menontonnya akan membuat kita selalu update dengan apa yang terjadi di dunia. Tetapi terkadang berita membuat Anda lebih merasa gelisah

Apalagi ketika berita yang Anda saksikan adalah pertambahan jumlah pasien covid. Tentu hal tersebut bisa menambah stress lebih banyak. Untuk itu, usahakan untuk memilih berita yang akan di tonton dan dibaca.

Jika ternyata Anda terlalu sumpek dengan berita yang terlalu berat, coba pilih berita ringan seperti liputan liburan seru. Atau Anda juga bisa terus update informasi dan pengetahuan melalui acara televisi yang mengedukasi.

Sediakan Ruangan untuk Istirahat

Setelah Anda tadi sudah menyediakan waktu untuk istirahat, sediakan juga ruang khusus untuk menjernihkan fikiran. Anda harus memiliki ruang yang mendukung ketika istirahat. Agar bisa kembali bekerja dan lebih produktif.

Sediakan ruang yang bersih dan rapih, sehingga ketika Anda datang ke tempat tersebut yang Anda rasakan hanya kenyamanan. Bukan malah mencari tempat yang kotor dan membuat Anda berfikir harus membersihkannya nanti setelah bekerja. Yang ada malah Anda merasa pekerjaan Anda semakin menumpuk dan stress.

Manfaatkan Waktu Luang untuk Melakukan Hobi

Meskipun bekerja dari rumah, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan hobi Anda. Anda memiliki hari yang cukup melelahkan setelah bekerja. Pastikan untuk membuat otak Anda tetap fresh dengan melakukan hobi. Cara itu sangat efektif supaya tidak bosan ketika bekerja dari rumah.

Sisihkan waktu libur seperti minggu untuk melakukan berbagai hobi. Seperti misalnya bercocok tanam, bersepeda, memasak, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tips Menjadi Desainer Grafis Handal Tanpa Kuliah

Penutup

Bagaimana, Sudahkah Anda menerapkan Tips di atas Ketika bosan melanda? Semoga bermanfaat dan bisa tetap produktif meskipun harus bekerja dari rumah. Selamat mencoba.