Ingin Uang Tambahan? Berikut Tips Menjalankan Bisnis Sampingan

Banyak orang yang ingin menjalankan bisnis sampingan. Bisnis sampingan biasanya dijalankan karena beberapa alasan, misalnya karena ingin menambah penghasilan disamping penghasilan dari kerja utama. Atau bisa juga karena hobi berbisnis, jadi membuat bisnis sampingan yang sesuai passion.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang takut terkena PHK. Sehingga mulai banyak orang yang sadar akan pentingnya memiliki usaha sampingan sendiri yang menjanjikan, dibandingkan dengan pekerjaan utama yang belum jelas ujungnya seperti apa.

Jika Anda baru akan memulai bisnis tersebut, Anda harus hati-hati agar bisnis sampingan yang Anda lakukan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Untuk itu, pada artikel kali ini akan dibagikan tentang tips menjalankan bisnis sampingan guna mendapat penghasilan tambahan. Simak tipsnya berikut ini :

1. Atur Jadwal Dengan Ketat

Agar Anda tetap bisa menjalankan pekerjaan utama dan bisnis sampingan dengan baik, Anda harus memiliki jadwal yang ketat. Sehingga ini akan membantu memprioritaskan waktu yang Anda miliki. Yang hasilnya tidak akan mengganggu salah satu dari dua pekerjaan yang Anda lakukan.

Berikan waktu yang jelas antara pekerjaan utama dan waktu menjalankan bisnis, jadwal yang Anda lakaukan harus sesuai dengan deadline dan memprioritaskan waktu, serta yang paling penting adalah konsisten dan komitmen yang kuat terhadap jadwal yang Anda buat.

Apalagi jika Anda pekerja kantoran, Anda sudah memiliki waktu yang khusus untuk bekerja di kantor, maka Anda harus membuat jadwal bisnis baru di luar jam kantor. Sehingga produktifitas Anda di kantor juga tidak akan terganggu dengan urusan-urusan bisnis Anda.

2. Fokus Satu Bisnis

Fokus satu bisnis

Jika Anda baru membuka bisnis maka jalankan saja satu binsis saja terlebih dahulu. Fokus pada satu bisnis akan membuat bisnis dan pekerjaan utama Anda lebih stabil.

Terlebih jika Anda baru menjalankan bisnis, memulai banyak bisnis sekaligus bukanlah cara yang baik untuk memulai bisnis.

Selain itu Anda juga masih memiliki tanggung jawab sebagai karyawan. Anda harus bisa profesional menjalankan apa yang sedang Anda pegang.

Jangan sampai pekerjaan sampingan justru mengurangi kredibilitas Anda di perusahaan tempat Anda sekarang. Maka dari itu, pilih satu bisnis terlebih dahulu dan fokus.

Pastikan bisnis yang Anda jalankan bisa dijalankan dengan kapasitas Anda sebagai karyawan. Sehingga keduanya bisa berjalan maksimal.

Juga pastikan untuk menjalankan bisnis sesuai dengan hobi atau minat Anda. Agar bisnis tersebut bisa menjadi tempat Anda istirahat dari beban kerja berat menjadi karyawan.

Baca juga: 12 Ide Bisnis Yang Cocok Dilakukan di Kawasan Perumahan

3. Buat Rencana yang Matang

Jika Anda sudah memutuskan bisnis apa yang Akan dijalankan, selanjutnya anda bisa membuat rencana yang harus dijalankan dengan matang. Pastikan bisnis sampingan yang Anda jalankan terencana dengan matang dan terukur.

Sehingga jika nanti Anda keluar dari perusahaan tempat Anda bekerja sekarang, bisnis tersebut bisa menjadi pengganti gaji bulanan sebagai karyawan di perusahaan sebelumnya.

Perencanaan dalam sebuah bisnis akan mempermudah Anda untuk menjalankan bisnis. Sehingga kedepannya bisnis Anda bisa terprediksi dan bisa berjalan dengan baik.

Anda harus ingat, ketika menjalankan bisnis sampingan ini, Anda akan berada dalam dua profesi sekaligus. Yaitu sebagai karyawan dan sebagai pemegang suatu bisnis.

Pastikan rencana yang Anda buat disesuaikan dengan kondisi tersebut. Anda harus pertimbangkan juga bagaimana agar bisnis yang Anda jalankan tidak mengurangi profesionalitas Anda sebagai karyawan.

Rencana bisnis akan membuat bisnis Anda memiliki arah yang lebih jelas, dan pastinya penghasilan tambahan dari bisnis tersebut juga bisa lebih jelas. Sehingga perencanaan yang matang adalah modal awal Anda bisa menjalan bisnis sampingan.

4. Untuk Menjangkau Konsumen Manfaatkan Internet Online dan Offline

Online

Anda bisa memperhatikan masa pandemi hari ini, orang lebih banyak memilih untuk belanja via online. Sosial media menjadi tempat yang paling nyaman untuk orang-orang zaman sekarang bermain.

Sebab, main di luar di masa pandemi ini cukup berbahaya. Sehingga, banyak sekali orang yang lebih memilih bermain di dunia maya dibandingkan main di luar.

Itulah sebabnya sebagai seorang pebisnis Anda harus menjangkau konsumen online dan offline. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini banyak orang yang sukses berbisnis bahkan dengan omzet ratusan juta.

Untuk menjangkau konsumen online anda bisa memanfaatkan berbagai flatform sosial media. Lakukan promosi online dengan cara yang menarik. Anda bisa memaksimalkan fitur iklan di sosial media seperti Instagram ataupun Facebook.

Dan pastikan buat akun Instagram yang menarik, sehingga orang-orang bisa terus berinteraksi dengan nyaman dan ketika mereka melihat feed Instagram Anda, mereka bisa betah lama-lama di sana.

Sementara untuk konsumen offline, Anda bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dengan promosi langsung. Konsumen offline bisa Anda jadikan tempat testimoni produk yang akan dijual. Sehingga bisnis Anda bisa lebih terpercaya dan dijangkau banyak orang.

5. Perbanyak Jaringan Pertemanan

Modal bisnis yang sebenarnya adalah jaringan pertemanan atau link. Anda bisa dengan mudah memasarkan produk Anda jika sudah memiliki banyak link dan jaringan pertemanan.

Promosi seperti itu tentu saja bisa lebih dipercaya, daripada promosi kepada orang baru. Sehingga sangat penting bagi seorang pebisnis untuk menjaring pertemanan dan link sebanyak-banyaknya.

Memperluas pertemanan bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa melalui komunitas di sekitar Anda atau bahkan via sosial media. Untuk terus bisa memudahkan bisnis Anda, jaringan pertemanan harus tetap dijaga sebagai modal promosi.

Anda harus yakin semakin banyak teman, semakin banyak rezeki yang akan datang pada Anda. Karena promosi biasanya disampaikan dari mulut ke mulut, atau dari teman ke teman. Sehingga bisnis Anda akan dikenal lebih banyak orang.

Sebenarnya, jika Anda memiliki jaringan pertemanan yang luas. Anda tidak hanya bisa menjalankan bisnis dengan mudah, tetapi banyak ilmu baru yang bisa Anda dapatkan dari pertemenan tersebut.

6. Pastikan Pekerjaan Utama Tetap Prioritas

Pekerjaan utama

Seperti namanya, bisnis sampingan, bisnis ini hanya dikerjakan karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau menyalurkan hobi dan minat. Sehingga, pastikan jika memiliki bisnis sampingan jangan sampai melupakan pekerjaan utama Anda.

Itu memang tidak mudah, tetapi jika Anda sudah mencapai tahap yang kami berikan di atas, maka Anda pasti bisa lebih mudah mengatur bisnis sampingan Anda.

Mengerjakan dua pekerjaan sekaligus memang sulit, tetapi Anda harus memprioritaskan pada satu hal. Misalnya saat jam kantor Anda harus tetap fokus pada pekerjaan kantor.

Oleh karena itu, pastikan pekerjaan kantor jangan sampai Anda bawa ke rumah. Agar bisa mengerjakan bisnis sampingan dengan mudah.

Anda harus tetap bisa menunjukan bahwa Anda profesional di tempat kerja. Jika sudah bisa memilah dan memilih seperti itu, Anda pasti akan bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

7. Sisihkan Gaji Untuk Modal Awal

Jika Anda sudah bekerja, untuk mendapatkan modal awal bisnis sangat mudah yaitu dengan memanfaatkan gaji Anda untuk modal. Karena yang namanya bisnis sampingan, biasanya Anda sendiri yang harus mengeluarkan modal.

Sehingga, akan lebih baik jika modal tersebut Anda sisihkan dari gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya. Pastikan Anda menentukan berapa modal yang dibutuhkan,  setelah itu Anda bisa memecah jumlah modal awal menjadi jumlah yang yang harus Anda tabung setiap bulannya.

Dengan menyisihkan gaji seperti itu, Anda bisa tahu prioritas uang Anda yang harus dikeluarkan kemana saja. Sehingga, uang tidak akan digunakan sia-sia.

8. Cari Mitra dan Mentor dengan Visi yang Sama

Mentor

Ketika mulai bisnis, awalnya memang tidaklah mudah. Anda harus coba melakukannya sendiri dan terjun ke dalamnya.

Anda juga bisa memiliki mitra bisnis yang bisa membantu Anda berbagi pekerjaan dan produktifitas bisnis Anda bisa lancar. Mitra bisnis yang Anda pilih bisa orang terdekat seperti suami atau istri atau bahkan saudara.

Mitra bisnis yang Anda pilih haruslah orang-orang yang Anda kenal dan Anda merasa cocok bekerja dengan mereka. Selain suami atau istri, Anda bisa pilih rekan kerja yang pernah bekerja dengan Anda sebelumnya. Sehingga Anda tahu bagaimana ia bekerja.

Mitra bisnis akan sangat bermanfaat agar bisnis Anda bisa lebih lancar. Apalagi bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis sampingan Anda sebagai karyawan sebuah perusahaan. Tidak mudah membagi waktu, sehingga partner bisnis sangatlah diperlukan.

9. Manfaatkan Jasa Freelancer

Jika Anda mulai merasa kewalahan menjalan bisnis sampingan tersebut, Anda bisa memanfaatkan jasa freelancer.  Jasa freelancer bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis yang sedang digeluti.

Biasanya jasa freelancer bisa Anda cari di situs-situs freelance seperti sribulancer.com, atau freelancer.com. Di situs-situs tersebut Anda bisa mencari para freelancer yang kredibel. Mereka memiliki keahlian tersendiri sehingga bisa membantu menghandle segala pekerjaan Anda.

Banyak kategori pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh freelance, diantaranya adalah :

  • Pengembangan dan pembuatan website
  • Penulisan artikel
  • Penjualan dan pemasaran online
  • Desain grafis
  • Membuat atau mengembangkan aplikasi mobile
  • Administrasi dan support.

Jasa freelance tersebut bisa Anda gunakan agar bisnis dan pekerjaan utama Anda bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Ini Dia Peluang Ide Bisnis Menjanjikan Tahun 2020

10. Tentukan Target Bisnis Anda

Tentukan target bisnis

Sasaran dan target konsumen bisnis adalah hal yang sangat penting. Perencanaan ini haruslah Anda buat sedini mungkin, sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Pastikan Anda menentukan target yang objektif dan spesifik. Jangan sampai bisnsi yang Anda jalankan hanya hobi saja.

Target bisnis akan mempermudah promosi yang Anda lakukan. Misalnya, di sosial media untuk iklan, Anda harus bisa menentukan target usia, pria atau wanita, profesi apa, dan lain sebagainya. Itu penting sebab, jika Anda salah sasaran  maka bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik.

11. Miliki Nama Brand

Brand adalah hal yang tidak kalah penting ketika Anda berbisnis. Ini memang terkesan sederhana, tetapi sangat penting.

Karena brand adalah sesuatu yang akan selalu diingat konsumen. Konsumen tidak akan pergi kemana lagi, ketika misalnya mereka ingin produk susu murni yang benar-benar lezat.

Untuk itu penentuan brand haruslah ditentukan dengan matang. Dan pastikan brand dari produk yang Anda jual mudah diingat.

Penutup

Nah, Itulah dia tips menjalankan bisnis sampingan guna mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga Bisnis Anda berjalan lebih lancar. Sukses selalu