Tips Dan Strategi Jitu Komunikasi Dengan Pelanggan

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang bagaimana tips dan strategi jitu komunikasi dengan pelanggan.

Apakah Anda Tahu? Bahwa komunikasi tidaklah hanya sekedar menyampaikan informasi atau presentasi saja. Tetapi juga mengenai kepekaan terhadap perasaan konsumen. Tentunya dengan teknik komunikasi yang baik dan benar.

Lalu apa pentingnya komunikasi dengan pelanggan? Pentingnya kemampuan seseorang dalam berkomunikasi menjadi sebuah dasar dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Karena dengan komunikasi yang benar Anda dapat membangun keyakinan serta kepercayaan para pelanggan untuk selalu menggunakan produk atau layanan bisnis Anda.

Ada beberapa hal yang akan di bahas di artikel ini yaitu mengenai:

  • Etika Komunikasi Dengan Pelanggan
  • Tips dan Strategi Meningkatkan Komunikasi
  • Manfaat Berkomunikasi Dengan Pelanggan

Baca juga: Mengenai Perencanaan Usaha, Jenis, Tujuan Serta Manfaatnya

Baiklah, tidak perlu berlama-lama lagi. Mari simak ulasannya yang berikut ini.

Etika Komunikasi Dengan Pelanggan

Komunikasi dengan pelanggan
Berkomunikasi Dengan Pelanggan

Etika komunikasi sangat diperlukan untuk bisa menjawab setiap pertanyaan, keluhan, dan semua hal yang diperlukan oleh pelanggan. Berikut adalah hal yang wajib untuk diperhatikan:

1. Sopan Dalam Bersikap

Kesopanan bisa ditunjukkan dengan berbicara secara halus, tidak emosi, memandang teduh ke mata pelanggan, tidak lupa mengucap maaf dan terima kasih, tersenyum, dan sebagainya.

Pelanggan Anda akan merasa nyaman dan lebih mengapresiasi dengan sikap sopan yang Anda tunjukkan.

Setidaknya dengan begitu, meskipun produk yang pelanggan tanyakan tidak sesuai dengan keinginan, hal tersebut tidak akan menimbulkan kesan buruk yang bisa menyebabkan mereka enggan kembali.

2. Positif Thinking

Setiap pelanggan memiliki karakter dan pengetahuan yang berbeda-beda, sehingga pelayanan yang diberikan pun harus disesuaikan dengan kondisi tersebut. Untuk bisa berkomunikasi dengan baik, dibutuhkan pola pikir yang positif dan tidak emosional.

Jika Anda menemukan pelanggan yang belum mengetahui tentang produk Anda. Jangan sampai Anda justru memanfaatkan kelemahan mereka untuk keuntungan pribadi. Anda harus bantu seoptimal mungkin konsumen-konsumen tersebut.

3. Menghargai Pelanggan

Sikap menghargai antara lain adalah dengan mendengarkan permintaan pelanggan dengan perhatian penuh, menyapa lebih dulu, dan melayani pelanggan dengan sabar, juga jangan sampai membeda-bedakan status sosial pelanggan. Hal ini sangat berdampak pada image bisnis Anda.

4. Baik Dalam Penampilan

Menjaga penampilan adalah hal yang penting. Tidak harus glamor atau mewah, sederhana pun tidak masalah asal menjaga kebersihan dan keserasian dalam berpenampilan. Hal tersebut akan menambah nilai dalam bisnis Anda dimata pelanggan.

5. Beri Perhatian Kepada Pelanggan

Memberi perhatian kepada konsumen adalah hal wajib. Selalu mendengarkan dan memperhatikan setiap kali konsumen berbicara, jika perlu dicatat. Dari sini, Anda dapat mengetahui dengan baik apa yang menjadi keinginan serta harapan konsumen.

Setelah itu, Anda pun jadi bisa berusaha sebaik mungkin untuk memenuhinya, sehingga bisnis Anda akan menjadi pilihan bagi banyak pelanggan.

6. Rendah Hati

Sikap rendah hati bisa ditunjukkan dengan berbicara sopan, bertutur kata yang tidak menyinggung perasaan, tulus dalam melayani.

Hindari perilaku sombong karena dapat membuat pelanggan tidak nyaman dan menjadi enggan berbicara kepada Anda.

7. Komunikatif

Pelayanan yang baik kepada pelanggan adalah yang komunikatif, yaitu yang mampu mempengaruhi, merayu, dan meyakinkan konsumen bahwa produk yang Anda tawarkan adalah yang terbaik untuk mereka.

Bersikaplah jujur dan tidak berlebih-lebihan. Tetaplah berbicara secara rasional dan masuk akal sehingga lebih mudah untuk diterima oleh konsumen.

Baca juga: Pengertian Proses Bisnis dan Bagaimana Jenis Serta Manfaatnya

Selanjutnya mari kita ulas mengenai tips cara-cara meningkatkan komunikasi dengan pelanggan.

Tips dan Strategi Meningkatkan Komunikasi Dengan Pelanggan

Menawarkan produk
bisnis.blog

Melakukan komunikasi terhadap pelanggan ini harus memperhatikan beberapa cara terlebih dahulu. Apa sajakah tips dan cara yang efektif untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan?

1. Menyediakan Banyak Pilihan Komunikasi

Sebuah bisnis harus menyediakan banyak pilihan komunikasi untuk pelanggan. Salah satunya Anda bisa memanfaatkan teknologi.

Dengan adanya teknologi Anda bisa dengan mudah memberikan penawaran untuk terhubung dengan bisnis. Contoh mudah dalam berkomunikasi kepada pelanggan adalah dengan panggilan telepon, email, fitur obrolan instan situs web atau saluran media sosial lainnya.

Salah satu alat komunikasi dengan pelanggan yang paling efektif adalah media sosial. Media sosial adalah metode yang saat ini sudah dipergunakan secara umum untuk melakukan interaksi kepada pelanggan. Contohnya dengan menggunakan WhatsApp API untuk mempermudah komunikasi dengan pelanggan dengan fitur chatbot AI.

Dengan menggunakan media sosial ini bisa mempermudah Anda dalam menawarkan produk serta promosi.

2. Ciptakan Kesan Pertama

Cara yang bagus untuk meningkatkan komunikasi yang baik adalah dengan menciptakan sebuah rasa kepercayaan dari customer experience. Untuk kesan pertama yang baik inilah bisa membantu dan mengembangkan rasa loyalitas lebih kuat lagi.

Pelanggan yang mempunyai kesan baik terhadap bisnis Anda pasti kemudian akan menyebarkan berita yang baik pula terhadap bisnis Anda.

3. Personalisasi Setiap Interaksi

Selalu berempati terhadap situasi atau masalah pelanggan. Ini bisa dipergunakan sebagai alat untuk meningkatkan komunikasi. Bahkan, dengan kesan positif ini bisa memperkuat bisnis yang sedang dijalani.

4. Memiliki Rasa Empati

Mempunyai rasa empati menjadi satu hal paling penting untuk meningkatkan komunikasi.  Rasa kepedulian Anda kepada pelanggan akan membuat pelanggan merasa dihargai.

Dengan begitu, pelanggan akan mau mendengarkan Anda dalam menawarkan produk atau layanan bisnis Anda.

5. Murah Senyum

Selain dengan meberikan sapaan terlebih dahulu, memberikan senyuman juga dapat membuat kesan yang ramah dan nyaman untuk berkomunikasi.

6. Membangun Komunikasi Personal Dengan Pelanggan

Penting untuk diperhatikan dalam meningkatkan komunikasi adalah dengan membangun komunikasi personal.

Contohnya adalah menjalin komunikasi dengan menyebut nama pelanggan sebagai bentuk penghormatan yang lebih personal. Selain itu, pelajari juga kebiasaan pelanggan dalam melakukan pembelian, seperti metode pembelian seperti apa yang disukai oleh pelanggan.

Kebiasaan dalam pembelian dapat menjadi penghubung bagi pebisnis agar lebih mudah memahami cara mana yang dapat dilakukan untuk mengawali pembicaraan.

7. Menggunakan Kalimat yang Mudah Dipahami

Dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami akan membuat komunikasi dalam memasarkan produk lebih mudah untuk tersampaikan pada konsumen sehingga waktu yang digunakan juga tidak terbuang dan pelanggan tidak merasa pusing dengan penjelasan yang disampaikan.

8. Memberikan Bonus Serta Diskon

Memberikan bonus dan diskon adalah tips berkomunikasi dengan pelanggan yang paling menyenangkan.

Berikan bonus dan diskon ini secara tiba-tiba atau random. Dengan hal tersebut bisa membuat konsumen atau pelanggan merasa senang. Bukan menjadi hal yang tidak mungkin, ketika pelanggan juga menambah nilai produk dan tidak segan untuk menjadi pelanggan setia.

9. Menyelesaikan Percakapan Dengan Baik

Yang terakhir adalah dengan menyelesaikan percakapan secara baik. Misalkan dengan cara follow up customer dengan tepat. Perlu diketahui bahwa kesan akhir ini sama pentingnya dengan kesan pertama.

Baca juga: Pengertian Segmentasi Pasar Beserta Tujuan dan Manfaatnya

Selanjutnya adalah mengenai manfaat apa yang bisa didapat dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan.

Manfaat Komunikasi dengan Pelanggan

Apa sajakah manfaat yang bisa anda dapatkan? Sebagai berikut:

  • Mendapat Kepercayaan
  • Menjangkau Audiens yang Tepat
  • Mempermudah Pemasaran Produk atau Jasa

Itulah dia penjelasan mengenai tips dan strategi jitu komunikasi dengan pelanggan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca sekalian.