Blog Bisnis

Begini Tips Cepat Mendapatkan Uang dari Youtube

Begini Tips Cepat Mendapatkan Uang dari Youtube

Youtube masih berada di puncak tertinggi untuk platform penyedia layanan video di internet. tidak kurang dari 2 milyar video diputar setiap bulan oleh pengguna internet dari berbagai belahan dunia, hal ini merupakan ladang emas bagi para pekerja kreatif untuk mendapatkan uang lewat youtube.

kini hampir setiap hari pasti ada akun youtube baru yang mencoba peruntungan dengan mengunggah satu atau dua video yang menurut mereka bisa menarik subscribers. namun hal tersebut tidak bisa dilakukan hanya dalam hitungan hari. selain video yang orisinil dan kreatif ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan agar kanal youtube milikmu bisa menghasilkan uang.

1. Fokus Mendapatkan Penonton

Percuma kamu sudah mengupload banyak video tapi hanya ditonton oleh 20 atau 30 orang dan akhirnya hanya akan menjadi sampah digital. lalu bagaimana agar video kamu ditonton oleh ribuan atau bahkan jutaan orang. ini menuntut sebuah upaya kreatif dan berkelanjutan. namun ada beberapa karakteristik yang dapat kamu gunakan untuk mendatangkan penonton baru yaitu penargetan, mudah ditemukan, aksesibilitas, kolaborasi, dan mudah dibagikan.

Penargetan

Sebaiknya targetkan penonton khusus yang saat ini belum terlayani dengan konten di youtube. penonton dalam komunitas ini suka melihat video yang terasa akrab bagi mereka. jadi, cobalah untuk menyesuaikan konten kamu dengan komunitas tertentu. berikut beberapa cara untuk melakukannya:

Mudah Ditemukan

youtube adalah salah satu mesin telusur yang paling banyak digunakan di dunia. pikirkan cara channel kamu dapat menarik orang-orang berdasarkan kueri penelusurannya. beberapa saran:

Aksesibilitas

saat akan membuat video baru, pertimbangkan bahwa tidak semua orang sudah melihat video kamu sebelumnya. video terakhir kamu mungkin adalah hal pertama yang mereka lihat dari channel kamu. kamu dapat meningkatkan aksesibilitas konten dalam beberapa cara:

Kolaborasi

Kolaborasi adalah salah satu cara tercepat untuk meningkatkan jumlah penonton di youtube, serta menjalin hubungan dalam komunitas kreator yang antusias dan aktif. berikut beberapa tips untuk melakukan kolaborasi:

Mudah Dibagikan

Membagikan video bisa menjadi tindakan yang efektif karena orang-orang menemukan channel kamu dari orang yang paling mereka percayai, yakni teman dan keluarganya. beberapa tips agar video mudah dibagikan:

Baca: Gampang Mendapatkan Uang dari Internet, Begini Caranya

2. Riset Keyword

Riset Keyword penting dilakukan untuk menentukan konten yang tepat dan masuk di daftar pencarian terbanyak atau sebagai pilihan buat kamu memberi judul pada videomu. Kamu bisa menggunakan Google Trends dan menempatkan pencarian spesifik tentang Youtube Search.

Kamu bisa juga melakukannya di halaman Youtube dan ketik satu ada dua kata tentang sebuah tema, misal kamu ketik “Ide bisnis” maka pilihan yang muncul adalah kurang lebih “Ide bisnis modal kecil”, “Ide bisnis dari rumah”, “Ide bisnis mudah untuk pemula”.

3. Optimasi Judul dan Deskripsi

Tidak dipungkiri bahwa judul adalah alasan utama kita memilih video di Youtube. Meskipun kadang kita tertipu dengan judul yang terlampau provokatif dengan kata Wow, Dahsyat, Gila, Viral. Meski menyebalkan, namun itu berhasil mengundang rasa penasaran orang untuk mengklik.

Saya tidak menyarankan anda mengikuti hal tersebut, cukup dengan merangkum keseluruhan konten video dalam satu kalimat saja. Judul video YouTube Anda harus singkat, padat, jelas, dan tentunya mengandung focus keyword yang ditargetkan.

Selain judul, deskripsi video juga penting. Deskripsi video membantu YouTube dan Google untuk memahami konteks video kamu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat deskripsi video YouTube.

Pertama, buat deskripsi video minimal 250 kata. Kedua, masukkan focus keyword yang kamu targetkan di 25 kata pertama. Ketiga, setidaknya ulang focus keyword tersebut sebanyak dua sampai empat kali.

4. Buat Video Dengan High Retention

Apa itu high retention? Yaitu rata – rata persentase video yang ditonton. Misalnya, Anda mengunggah video berdurasi 10 menit dan rata-rata orang hanya menonton video itu selama 5 menit. Artinya tingkat retensi video Anda adalah 50 persen.

Kamu harus berpikir bagaimana membuat sebuah video yang bisa menghasilkan retensi tinggi agar penonton tidak meninggalkan halamanmu sebelum video tersebut selesai. Video yang menarik tentang kisah perjalanan, tutorial, unboxing, atau tayangan list dengan voice over merupakan contoh video di Youtube yang diakui memiliki rentensi yang tinggi.

5. 4000 Jam Tayang

Agar akun Youtube kamu bisa diterima di Youtube Adsense, total jam tayang di akunmu minimal 4000 jam yang terhitung selama 12 bulan terakhir. Jadi Anda harus memenuhi minimal 4000 jam tayang selama satu tahun.

Itulah mengapa kamu harus rutin membuat dan mengunggah video sebanyak mungkin dan rutin. Tentukan sendiri jadwalnya, apakah setiap tiga hari atau satu minggu kamu mengunggah video baru. Karena semakin banyak video yang ada di akunmu akan semakin mempercepat syarat ini terpenuhi.

Semuanya butuh proses, begitu pula untuk memenuhi syarat 4000 jam penayangan. Namun itu jangan membuatmu pesimis dan harus lebih semangat. Kamu mungkin butuh waktu beberapa bulan atau bahkan hampir satu tahun untuk memenuhi persyaratan tersebut. Jangan terlalu terbebani dengan hal tersebut, fokus pada membuat konten kreatif saja. Lanjutkan!!!

6. 1000 Subscriber

Ini adalah persyaratan kedua yang harus kamu penuhi yaitu minimal kamu mempunyai 1000 subscribers. Dengan mengikuti beberapa langkah diatas, 1000 subscribers adalah hal yang mudah. Kamu juga harus aktif mempromosikan kanal youtube mu melalui akun media sosial yang lain, share ke teman dan saudara agar mereka mendukung kanalmu.

Kamu juga harus bisa memancing komentar para subscribers di video kamu dengan contoh meminta saran tentang video apalagi yang harus dibuat atau mengadakan Q&A di kolom komentar dan akan dijawab di video selanjutnya. Subscribers harus merasakan pengalaman berinteraksi dua arah dengan kamu agar engagement nya bisa semakin kuat dan mereka juga bisa membantu kamu dengan share ke teman – teman mereka sehingga bisa meningkatkan jumlah view dan subscribers.

7. Mendaftar Youtube lewat Adsense

Meskipun Adsense bukan satu-satunya cara agar kamu bisa mendapat uang dari Youtube, tapi ini adalah cara yang banyak dilakukan oleh para Youtuber yang kamu kenal saat ini. Meskipun akunmu belum memenuhi 4000 jam tayang, kamu tetap bisa mendaftar Youtube Adsense. Nantinya apabila persyaratan terpenuhi maka secara otomatis adsense akan tercantum di videomu.

Untuk langkah – langkah mendaftar di Youtube Adsense kamu bisa baca di tulisan saya berikutnya. Soo seringlah berkunjung ke bisnis.blog.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari Instagram, Ini Dia

Exit mobile version