Melirik Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan

Jika Anda tinggal di desa tentunya tidak akan kehabisan ide untuk membuka peluang usaha desa. Anda bisa membuat usaha yang sama seperti orang-orang di perkotaan. Banyak peluang usaha yang bisa dijalankan di desa. Bahkan jika memiliki tempat sendiri untuk membuat usaha, akan lebih menguntungkan.

Di tengah pandemi yang merebak saat ini, memang membuat banyak orang lebih memilih untuk pulang kampung dan menetap di sana. Daripada harus hidup di kota dengan biaya hidup yang mahal. Sehingga, banyak dari mereka yang mulai ingin membuka usaha di desa.

Jika Anda kebingungan usaha apa yang bisa dijalankan di desa, dengan peluang yang bagus. Maka pada kesempatan kali in akan dipaparkan tentang peluang usaha di Desa, berikut ulasannya!

1. Jasa Salon

Dahulu, orang memotong rambutnya agar terlihat rapi. Gaya rambut yang ditawarkan tukang cukur adalah gaya rambut yang membuat penampilan terlihat rapi dengan gaya yang standar. Tetapi hari ini, orang memotong rambut bukan hanya agar terlihat rapi, tetapi agar terlihat lebih kekinian dan fashionable.

Tidak jarang orang yang memotong rambut ingin disesuaikan dengan potongan yang mereka lihat di ponsel genggam. Karena penampilan rambut bagi pria bisa mendongkrak penampilan mereka menjadi lebih tampan. Bahkan tambahan cat rambut bisa membuat penampilan lebih pangling.

Terlebih perempuan, salon bagi perempuan adalah tempat wajib untuk memantaskan diri. Wanita menggunakan salon dari ujung kaki hingga ujung kepala. Dengan berbagai perawatan yang dibutuhkan agar membuat mereka tampil percaya diri.

Itulah kenapa usaha salon sangat menguntungkan dan peluang usaha desa yang menjanjikan. Karena hari ini kesadaran akan kecantikan dan keindahan tidak hanya dimiliki oleh orang kota, orang desa pun sudah memiliki kesadaran tersebut.

2. Jasa Menjahit

jasa menjahit

Jasa menjahit sangat dibutuhkan dimanapun, begitupun di desa. Menjahit bisa menjadi peluang usaha desa yang menguntungkan. Menjahit juga bisa dilakukan oleh siapapun, tidak memandang gender, baik laki-laki maupun perempuan.

Usaha bidang fashion ini memang tidak ada matinya. Karena sekarang orang ingin selalu tampil modis dengan pakaian yang pas di tubuh. Karena hari ini berpakaian sudah menjadi sebuah estetika dan seni dalam berpenampilan.

Bagi warga desa, mendapatkan pakaian baru tidaklah mudah. Biasanya, jarak tempuh dari desa ke kota untuk membeli baju cukup sulit. Sehingga mereka lebih memilih membuat baju dengan bahan sendiri daripada harus jauh-jauh ke kota.

Selain itu, menjahit di tukang jahit biasanya akan lebih murah dibandingkan beli jadi. Dan bisa disesuaikan dengan ukuran badan langsung. Belum lagi bagi orang yang berbadan gemuk, mencari ukuran baju yang pas dan desain yang disukai sangatlah sulit. Sehingga, akan lebih baik jika langsung membuat ke tukang jahit.

Itulah kenapa, jenis usaha ini sangatlah menguntungkan dan banyak dicari. Maka, bagi Anda yang punya keahlian menjahit, manfaatkanlah keahlian tersebut untuk membuka usaha jahit di desa.

3. Usaha Kuliner

Jika Anda memiliki bakat dalam memasak, dan pandai membuat masakan lezat, maka Anda bisa membuka usaha kuliner. Usaha kuliner adalah peluang usaha desa yang juga menjanjikan, mengingat usaha ini bisa dikembangkan dalam skala besar maupun kecil.

Anda bisa memanfaatkan lahan depan rumah Anda untuk menjajakan lauk pauk yang dibuat. Agar makanan lebih bersih dan terjaga kesehatannya, Anda bisa membuat gerobak kaca untuk memajang makanan yang Anda jual.

Citarasa dan kualitas makanan sangatlah penting untuk dijaga, bagi Anda yang ingin membuak usaha kuliner. Dengan begitu, Anda akan memiliki pelanggan setia yang tidak akan pernah berpaling dari masakan yang Anda buat.

4. Jasa Laundry

Jasa Laundry

Hari ini tidak sedikit orang desa yang bekerja dari pagi hingga sore hari. Sehingga tidak ada waktu untuk mengurus rumah bahkan mencuci pakaian. Selain itu, jika ibu-ibu menyerahkan jasa mencuci pakaian ke laundri, maka mereka bisa mengerjakan banyak pekerjaan lain. Belum lagi urusan menyetrika yang memang butuh waktu lebih banyak.

Hal ini bisa menjadi jalan bisnis menguntungkan untuk Anda. Anda bisa memanfaatkan ruang teras rumah ataupun halaman depan rumah untuk menyiapkan mesin cuci, timbangan dan setrika serta kantong plasik.

Untuk menjalankan usaha ini, Anda tidak harus meninggalkan rumah. Karena orang yang butuh jasa laundry bisa mengantarkan langsung ke rumah Anda. Atau, Anda juga bisa memberikan fasilitas antar jemput pakaian, dengan harga berbeda daripada diantar langsung ke tempat.

5.Berternak Ikan

Peluang usaha desa selanjutnya adalah berternak ikan. Pilihan usaha ini sangatlah menguntungkan, karena banyak dikonsumsi masyarakat. Ikan yang Anda ternak bisa beragam, misalnya Anda bisa berternak lele, karena mudah dirawat dan bisa menghasilkan banyak bibit.

Anda bisa memelihara induk lele agar berbibit, untuk perawatannya Anda hanya harus memberikan makanan seperti cacing sutera agar benih ikan bisa bertumbuh lebih banyak. Lele bisa dijual ke pedagang besar, ataupun ke rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu makanan utama mereka.

6. Berternak Ayam Kampung

Daging ayam kampung memiliki nutrisi yang tinggi. Daging juga lebih sehat dan bebas penyakit, sehingga banyak orang lebih memilih memakan ayam kampung daripada ayam potong. Kebutuhan akan ayam kampung semakin tinggi.

Sehingga, berternak ayam kampung untuk dijual ke rumah makan bisa menjadi peluang usaha desa yang menjanjikan. Ayam yang Anda pelihara bisa dijual ke kota, sehingga penjualan bisa lebih tinggi.

7. Usaha Jamur Tiram

Usaha jamur tiram bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membuka usaha di desa. Usaha jamur tiram adalah usaha yang cukup mudah dijalankan dengan modal yang juga relatif kecil.

Anda hanya butuh lahan untuk membuat bibit jamur. Dan jamur yang sudah sekali ditanam, bisa dipanen berkali-kali setiap hari. Dengan modal yang tidak besar, Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat dari usaha jamur tiram.

Jamur masih menjadi makanan favorit orang Indonesia. Apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Jika Anda sudah menemukan pembeli yang bagus, maka usaha jamur tiram akan menjadi usaha yang menguntungkan.

8. Pertanian Sistem Organik

pertanian organik

Saat ini orang-orang mulai berburu makanan organik. Pasalnya makanan ini kadar gizinya lebih tingga dan lebih sehat. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Anda yang tinggal di pedesaan, bisa mengembangkan usaha ini. Karena lahan pertanian yang ada di pedesaan masih sangat luas dan bisa digunakan untuk bercocok tanam dalam jumlah yang besar.

Untuk pemasaran, Anda bisa memasarkan secara online atau dengan menjualnya langsung ke swayalan terdekat. Dengan begitu, Anda nantinya bisa punya pasar tersendiri dan omzet Anda bisa sangat tinggi.

9. Jasa Cetak dan Desain

Kebutuhan akan cetak mencetak dan desain dimanapun sangat tinggi. Apalagi jika Anda tinggal di dekat sekola atau perkantoran. Membuat usaha jasa percetakan akan menjadi peluang usaha desa yang sangat menguntungkan.

Jasa cetak mencetak biasanya tidak banyak ditemukan di desa. Sehingga, itu bisa menjadi modal untuk Anda yang ingin memulai usaha cetak dan desain. Orang desa biasa mencetak dan mendesain ke tempat yang jauh. Maka, jika di tempat Anda tidak ada jasa desain dan cetak, segeralah bangun usaha tersebut di tempat Anda.

10. Jasa Membuat Website dan Mengelolanya

website

Salah satu peluang usaha desa yang tidak kalah menarik adalah membuat website dan mengelolanya. Saat ini pengguna website dan kebutuhan akan website semakin tinggi. Tetapi kemampuan IT orang-orang desa tidak sebanyak di kota. Sehingga Anda yang punya keahlian dalam bidang IT bisa menjadi peluang besar.

Hebatnya pembuatan website ini tidak harus dilakukan di kota. Anda yang tinggal di pedesaan pun bisa melakukannya. Sepanjang Anda memiliki koneksi internet yang bagus. Dengan mengembangkan usaha ini, Anda bisa memasang tarif sendiri untuk jasa membuat website.

Ini bisa menjadi pendapatan passive bagi Anda yang punya keahlian membuat desain website. Tetapi, pastikan untuk menjaga kualitas kinerja Anda. Karena jika kinerja Anda baik, maka pelanggan Anda pasti akan kembali menggunakan jasa desain Anda.

11. Content Writer

Menjadi content writer bisa dilakukan dimana saja. Sehingga Anda pun yang tinggal di desa bisa mengerjakannya. Content writer adalah peluang usaha desa yang menjanjikan. Karena biasanya pekerjaan content writer bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun.

Anda bisa menjadi content writer hanya dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet. Content writer adalah pekerjaan yang muncul setelah internet berkembang pesat. Karena kebutuhan informasi yang semakin meningkat, membuat jasa content writer sangat dibutuhkan hari ini.

12. Membuka Warnet

Peluang usaha desa selanjutnya adalah warnet. Warnet tetap menjadi pilihan bagi yang suka download. Karena, jika download menggunakan ponsel dengan paket data, tentu saja akan menguras kantong karena harus menggunakan kuota yang besar.

Tetapi, jika menggunakan jasa warnet, Anda bisa download film sebanyak-banyaknya dan membayar hanya dengan hitungan waktu Anda menggunakan fasilitas warnet. Tentu harga warnet lebih murah dibandingkan menggunakan paket data.

Itu bisa menjadi peluang bisnis bagi siapapun. Modal yang bisa Anda keluarkan untuk membuka warnet memang cukup besar. Anda harus menyediakan beberapa PC dan jaringan internet yang bagus. Selain itu, di warnet Anda juga bisa membuka kantin. Sehingga mereka yang berselancar di internet bisa sambil ngemil.

13. Warung Angkringan dengan Fasilitas Wi-Fi

Hari ini kebutuhan masyarakat akan internet sangatlah tinggi. Ditambah dengan kebutuhan untuk bekerja secara online dan belajar secara online. Sehingga kebutuhan untuk akses internet sangat urgen saat ini.

Banyak anak sekolah yang kebingungan untuk mendapatkan akses internet di desa, sementara keadaan ekonomi keluarga mereka tidak mampu untuk membeli kuota yang mahal. Sehingga menggunakan wifi bisa menjadi solusi.

Untuk itu, jika Anda punya modal cobalah buat angkringan yang menyediakan wifi. Biasanya pengguna wifi akan menggunakan jaringan internet dalam waktu yang tidak sebentar. Sehingga, untuk mengisi waktu mereka bisa sambil jajan camilan di tempat Anda.

Maka dari itu, itu bisa menjadi kesempatan emas untuk Anda. Apalagi jika di tempat Anda masih belum ada fasilitas wifi.

Penutup

Itulah dia  rekomendasi peluang usaha di desa yang bisa Anda kembangkan meskipun tinggal di desa. Jika Anda kreatif, dan punya jiwa bisnis, maka dimanapun bisa menghasilkan uang. Selamat mencoba, semoga bisnis yang Anda jalankan lancar.