30 Peluang Bisnis Online Terbaik Bagi Anak Muda

Perkembangan teknologi di dunia saat ini semakin pesat. Teknologi yang ada tidak hanya digunakan berkomunikasi saja, melainkan saat ini digunakan pula sebagai mata pencaharian yang cukup meyakinkan.
Karena itu, banyak orang yang berganti haluan menjadi para pelaku bisnis online, salah satunya adalah para generasi milenial.

Para generasi milenial saat ini lebih banyak terjun di dunia bisnis online karena memang sesuai dengan ‘’jiwanya’’. Mereka bebas berekspresi mengembangkan ide yang dimiliki agar bisa bermanfaat untuk banyak orang dan menjadi sumber mata pencaharian yang menguntungkan.

Maka dari itu, jangan heran jika banyak produk-porduk yang menarik yang boleh jadi sebelumnya tidak terpikirkan oleh banyak orang.

Pada dasarnya, bisnis online ini cocok bagi mereka mengingat karakter generasi milenial yang tidak ingin ‘’terkekang’’ dengan rutinitas pekerjaan pada umumnya.

Jika Anda merasakan hal sama dan ingin terjun di dunia bisnis online namun masih bingung dengan bisnis apa saja yang bisa digarap, berikut ini akan kami bantu memaparkannya dalam bahasan 30 peluang bisnis online bagi generasi milenial.

Daftar Bisnis Online yang Cocok Bagi Generasi Milenial

1. Bisnis Online Kuliner

Bisnis kuliner
Jualan aneka kuliner

Kuliner atau makanan adalah bisnis yang sangat menjanjikan baik dipasarkan secara offline maupun online.

Pasalnya, kuliner adalah kebutuhan utama setiap orang tanpa mengenal usia atau kalangan apapun.

Telah banyak pengusaha-pengusah muda yang sukses dengan memasarkan bisnis online kuliner ini, diantaranya adalah Kang Lucky pebisnis kuliner ‘’Djoeragan Tempe’’ dari Bandung, Famela Nurul pebisnis kuliner ‘’Mie Lidi Geli’’, Yana Hawi pebisnis kuliner Keripik Karuhun, dan lain sebagainya.

Bahkan para artis-artis ibu kota pun banyak yang turun menjadi pebisnis kuliner, memasarkan kue-kue khas dari setiap daerah di Indonesia.

Bisnis kuliner ini jika dipasarkan lewat online, maka secara otomatis jangkauan pasarnya akan semakin luas bahkan bisa dipasarkan hingga ke luar negeri.

Karena itulah, banyak pengusaha yang bisa mendapatkan omset hingga milyaran rupiah dalam jangka waktu bulanan atau tahunan.

Nah, bagi Anda yang memang tertarik di dunia kuliner memiliki passion penuh di dunia ini, bergegaslah untuk membuat makanan yang sekiranya bisa dipasarkan lewat online.

Setelah menemukan makanan yang cocok, Anda bisa menjualnya secara online lewat media sosial terlebih dahulu.

Kemudian, sembari berjualan bisa didaftarkan pada pihak BPOM dan MUI agar mendapatkan sertifikat makanan sehat dan halal.

2. Bisnis Online Fashion

bisnis fashion online
Fashion

Sama halnya dengan kuliner, bisnis fashion ini meruapkan salah satu kebutuhan utama dari setiap orang.

Karena itu, baik dijual secara offline maupun online bisnis ini tidak akan pernah pudar bahkan akan terus tumbuh lebih baik mengikuti trend zaman.

Bisnis fashion pun biegitu beragam, mulai dari pakaian bayi, anak-anak, wanita dan juga pria.

Jenis-jenis baju dari kategori pun masih luas dijangkau baik baju formal, nonformal, baju tidur, hingga pakaian dalam mereka.

Bagi Anda generasi milenial, bisnis fashion untuk anak-anak muda atau sebaya pun sangat menjanjikan, apalagi jika yang Anda jual mencakup pakaian-pakaian distro atau hijab-hijab fashionable yang disukai oleh mereka.

Kabar baiknya, bisnis fashion yang dipasarkan secara online tidak perlu memakan banyak modal apalagi modal untuk membayar tempat.

Bahkan, bisnis tersebut bisa dijalankan tanpa modal dengan menjadi reseller atau dropshiper terlebih dahulu.

Kemudian upload photo-photo fashion Anda ke platform gratis seperti facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Semakin sering Anda mengoptimasi media sosial tersebut, maka pemasaran bisnis fashion Anda pun akan semakin luas.

Pelanggan pun tidak hanya dari satu daerah saja, bisa dari daerah lain bahkan hingga ke luar negeri.

Jika bisnis Anda sudah maju, jangan tanya lagi berapa omset yang akan didapat, karena memang akan membuat Anda takjub.

3. Bisnis Jasa Voice Over

Bisnis Jasa Voice Over
Voice Over

Bagi yang memiliki suara lain dari pada yang lain atau bisa dibilang memiliki suara yang berkarakter, ada kabar baik yang menanti Anda.

Kabar baik tersebut tentunya bisa menyalurkan keunikan tersebut ditempat seharusnya dan memperoleh penghasilan yang begitu menjanjikan.

Nah, kabar baik tersebut adalah Anda bisa membuka jas voice over untuk mengisi berbagai hal di dunia multimedia, antara lain pengisi suara di video computer, animasi, game, online course, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Bisnis ini memang tergolong baru dan belum banyak yang melakukannya. Banyak masih jarang yang serius menggarap bisnis ini.

Tetapi, jika Anda memiliki kualifikasi suara di atas ditambah senang dengan berakting tidak ada salahnya untuk memulai jasa voice over tersebut.

Untuk memulai jasa ini, bisa dengan mengupload contoh suara Anda di media sosial. Atau, bisa pula menawarkan jasa tersebut lewat websiter untuk para freelancer, seperti projects.co.id, sribulancer.com, dan lain sebagainya.

4. Jasa Desain Kaos

Jasa Desain Kaos
Kaos

Bagi Anda yang senang mendesain, kemampuan tersebut bisa dikembangkan lebih luas tidak hanya membuat grafis atau logo saja.

Tetapi, kemampun tersebut bisa dikembangkan dan diberikan nilai jual yang cukup tinggi ketika Anda membuka jasa desain kaos.

Saat ini kebutuhan orang memiliki kaos dengan desain yang unik cukup diminati. Tugas Anda dalam bisnis adalah hanya perlu mendesain kaosnya kemudian dipasarkan dengan online tanpa harus mencetak atau mengirim kaosnya.

Berdasarkan pengalaman para pelaku bisnis jasa desain kaos ini yang dilansir dari beberapa sumber, dalam sehari mereka bisa menjual lebih dari 150 buah desain kaos dengan keuntungan yang didapat dari satu kaos, mulai dari Rp 20.000 hingg Rp 10 juta.

Agar mudah memasarkannya, Anda bisa bergabung dengan situs Teespring yang merupakan situs crowfunding untuk memfasilitasi Anda mengupload desain kaos kemudian memasarkannya hingga ke luar negeri.

Adapaun situs lokal yang rata-rata diisi oleh orang-orang Indonesia, yaitu situs Tees.co.id.

5. Bisnis Sayuran Online

jualan saur
Sayur

Bisnis online berikutnya yang cocok untuk para generasi milenial adalah bisnis sayuran online.

Berbeda dengan bisnis-bisnis online sebelumnya yang telah dibahas di atas, walaupun bisnis sayuran online bisa dilakukan secara online, tetapi wilayah yang dijangkau pun terbatas.

Harus wilayah yang masih dalam satu wilayah atau satu kota saja, namun pemesanan bisa dilakukan secara online.

Cara untuk memulai bisnis sayuran ini adalah cari petani tangan pertama atau maksimal tangan kedua agar harga yang dijual tidak terlalu mahal atau bisa lebih murah dari warung-warung sayur yang ada disekitar mereka.

Kemudian, harus memikirkan keterjaminan sayuran agar sampai dikonsumen masih dalam keadaan segar dan kondisi yang baik.

Selain itu, pikirkan pula tentang biaya pengantaran dan packing karena biayang memerlukan biaya yang cukup besar pula.

Karena itu, sebaiknya menggunakan sistem Pre Order dengan ketentuan minimal pengiriman mulai dari 5kg.

Dengan melakukan bisnsi ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan untung tetapi bisa membantu petani-petani lokal dalam memasarkan sayurannya.

6. Menyewakan Kamar Kosong Lewat Situs AirBnB

Menyewakan Kamar Kosong
Menyewakan Kamar Kosong

Jika Anda memiliki cita-cita menjadi pengusaha kost-kostan atau pengelola hotel namun belum ada modal yang cukup, bisa dimulai dengan menyewakan satu kamar kosong di rumah Anda atau tempat lain lewat situs AirBnB.

Situs AirBnB menawarkan kamar kosong yang ada di rumah atau apartement kepada para traveler khususnya backpacker dalam kurun waktu 2-4 hari saja.

Ketika Anda membuka usaha ini, situs AirBnB akan memasarkan kamar yang Anda sewa tanpa harus mengeluarkan modal yang cukup banyak.

Tentunya, Anda harus siap memberikan service yang baik kepada para pelanggan dari mulai kebersihan dan kenyamanan kamar. Agar aman, Anda bisa menerapkan peraturan khusus di situs tersebut.

Keuntungan yang didapatkan cukup fantastis, dari mulai Rp 1 juta hingga Rp 4 juta per bulan bahkan per harinya.

7. Jasa Konsultan Cyber Security

Jasa Konsultan Cyber Security
Cyber Security

Bagi Anda lulusan Teknologi Informasi, sangat berpeluang besar untuk membuka jasa konsultan cyber security.

Perang para cyber security di dunia maya saat ini cukup diperhitungkan, mengingat banyaknya hacker-hacker atau virus yang bisa menyerang dan ‘’mematikan’’ teknologi informasi di instansi dan perusahaan.

Hal itu nyata terjadi, seperti pada kejadian tahun 2017 dimana banyak perusahaan dan instansi yang terkan ransomware WannaCry.

Karena itu, jika Anda bingung harus memulai bisnis online apa, cobalah dari latar belakang pendidikan yang disukai dengan menjadi cyber security.

8. Jasa Penyedia Nama Domain

Penyedia Nama Domain
Reseller Domain

Boleh jadi, bisnis online penyedia nama domain ini belum terlalu banyak yang menggarapnya.

Namun, melihat banyaknya orang yang membuat website, bisnis jasa penyedia nama domain ini begitu menjanjikan.

Mengapa menjanjikan? Hal ini seiring dengan banyak para pembuat website yang ternyata banyak kesulitan memilih nama website dan banyak yang tidak tersedia.

Karena itu, Anda bisa menjadi kolektor domain atau penyedia nama domain yang membantu mereka untuk membuat nama website yang sesuai.

Tentunya, dari banyaknya orang yang ingin membuat website, akan selaras dengan pemasukan yang Anda terima.

9. Jasa Kursus Online

Kursus Online

Jika Anda memiliki skill pengetahuan yang memadai dalam satu bidang atau lebih, alangkah baiknya untuk diajarkan kembali pada orang lain lewat sebuah kursus.

Namun, kursus yang dibuat adalah jasa kursus online yang bisa menjangkau siapapun di berbagai daerah manapun termasuk orang-orang yang tinggal di luar negeri.

Tentunya panduan yang diberikan harus dibagi-bagi menjadi beberapa sesi baik itu setiap hari atau seminggu sekali.

Platform yang bisa digunakan untuk mengupload materi pun beragam, mulai dari WhatsApp, YouTube, Gmail, WordPess plugin Zippy Courses, Teachable, Udemy, Guides.co, dan laun sebagainya.

Kursus yang bisa Anda lakukan beragam, bisa kursus mengaji, Bahasa, pelajaran, desain, menulis, dan lain sebagainya.

10. Jasa Desain Grafis

Desain Grafis

Profesi sebagai desain grafis saat ini sangatlah menjanjikan. Apalagi jika kemampuan tersebut dibuat sebuah bisnis untuk membantu para orang-orang yang ada di perusahaan atau instansi untuk membuat desain informasi atau profilnya.

Seseorang yang telah profesional dan memiliki portofolio yang memadai bisa mendapatkan penghasilan bersih 1 milyar.

Tentunya, jika Anda baru akan terjun di dunia ini pun bisa menghasilkan pendapatan yang cukup menggiurkan.

Maka dari itu, buka jasa tersebut lewat situs 99designs dan Sribu. Ketika Anda menguploadnya lewat situs di atas, sangat berpeluang untuk mendapatkan klien dari luar negeri yang tentunya bisnis ini bisa semakin berkembang lebih luas lagi.

11. YouTuber

Menjadi youtuber

Menjadi youtuber di masa sekarang sangatlah menjanjikan. Terbukti, saat ini tengah lahir seleb-seleb youtuber yang terkenal dan juga memiliki penghasilan yang begitu fantastis.

Bisa dibilang untuk menjalankan bisnis ini tidak terlalu banyak modal yang dikeluarkan, cukup dengan menggunakan handphone dan kuota yang memadai.

Selain itu, channel youtbe pun harus kreatif dan bisa memberikan edukasi yang baik untuk semua orang.

Agar bisa mendapatkan penghasilan yang fantastis, channel Anda harus sudah tertaut dengan google adsense sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pihak youtube.

12. Content Writer

Content Writer

Bagi Anda yang memiliki hobi dalam dunia tulis menulis, di era inilah Anda bisa mendapatkan penghasilan tidak hanya dari menulis buku saja.

Tetapi, menjadi content writer dengan menulis artikel di situs ternama atau perusahaan-perusahaan yang baru berkembang.

Bisinis ini bila ditekuni dengan serius bisa mendapatkan penghasilan sampingan bahkan penghasilan utama yang sangat menggiurkan.

Untuk memulainya bisa dengan membuat positngan iklan di media sosial yang dimiliki atau menjadi anggota di situs website ternama yang menerima tulisan artikel.

13. Copy Writer

Copy Writer

Bisnis online berikutnya yang cocok bagi generasi milenial adalah dengan menjadi copy writer.

Copy writer ini lebih fokus pada penulisan kata untuk merayu dan mengajak orang membeli suatu produk.

Karena itu, copy writer digunakan untuk sebuah teks iklan produk atau landing page pada website.

Tidak semua orang bisa melakukan ini begitupun dengan para penulis. Karena dalam copy writer memiliki Teknik-teknik tersendiri.

14. Blogger

Menjadi blogger

Untuk menjadi youtuber, Anda harus membuat video yang bisa diterima banyak orang agar bisa mendapatkan penghasilan dengan google adsense.

Menjadi blogger pun bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah, namun perbedaanya adalah Anda harus menulis sebuah tulisan yang bisa mendatangkan viewer banyak pada blog yang dibuat.

Selain itu, bisa pula memasang iklan PPC, PPA, dan affiliate agar penghasilan yang didapatkan lebih besar.

Memulai bisnis tersebut bisa dimulai dengan mengupload tulisan satu tema yang sesuai dengan SEO di blog Anda sebanyak 15-30 tulisan agar bisa dioptimalisasi menggunakan google adsense.

15. Bisnis Online Sewa Perlengkapan Bayi

Bisnis Online Sewa Perlengkapan Bayi

Walaupun untuk bayi, para generasi milenial pun bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari bisnis ini.

Bisnis sewa perlengkapan bayi, semakin lama menjadi trend dikarenakan para orang tua sadar bahwa perlengkapan untuk bayi hanya dipakai sebentar dan memilih untuk menyewa perlengkapannya.

Jika Anda tertarik, bisa memulai dengan satu atau dua barang saja yang disewakan seperti box bayi, tempat duduk bayi, dan lain sebagainya.

Tentunya, sebagai langkah awal memulai bisnis ini, gunakan media sosial untuk marketing promo produk.

16. Bisnis Online Jasa Cuci Sepatu

Jasa Cuci Sepatu

Cung, siapa yang males banget cuci sepatu? Boleh jadi, banyak orang yang merasakan hal yang sama malasnya mencuci sepatu.

Namun, dari fenomena di atas ternyata bisa djadikan peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Anda bisa membuka bisnis online cuci sepatu di wliayah tempat tinggal Anda. Kurang lebih proses menjalankan bisnisnya adalah sebagai berikut;

  1. Anda atau pegawai menjemput sepatu yang akan di cuci, kemudian berikan tanda terimanya.
  2. Setelah selesai, sepatu yang telah dicuci bisa diantarkan kembali kepada pemiliknya sesuai dengan kesepakatan hari yang telah ditentukan.
  3. Konsumen, transfer atau COD pembayaran cuci sepatu.

Karena bersifat jasa, maka bisnis tersebut hanya bisa dijangkau di wilayah tempat tinggal Anda. Jangan bingung soal promosi, karena bisa menggunakan media sosial untuk langkah awalnya.

17. Bisnis Online Jasa Menyewakan Pakaian

Jasa Menyewakan Pakaian

Bisnis online berikutnya, sesuatu yang fresh dan menarik saat ini adalah bisnis jasa menyewakan pakaian.

Menyewakan pakaian ini bisa berupa pakaian daerah, cosplay, baju pengantin, dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan bisnis sepatu, agar bisnis ini bisa berjalan dengan baik, jangkauannya adalah dari wilayah tempat tinggal Anda.

Jika dijalankan dengan serius, bisnis tersebut bisa menghasilan omset ratusan juta rupiah dalam waktu beberapa bulan jika dijalankan dengan serius.

18. Bisnis Online Jasa Perawatan Hewan

Jasa Perawatan Hewan

Mengingat banyaknya komunitas pecinta hewan yang ada di ibu kota menyebabkan banyak orang yang lebih peduli dengan kesehatan dan perawatn hewan.

Karena itu, mereka pun mencari-cari sebuah jasa yang bisa merawat hewan. Perawatan tersebut biasanya meliputi memandikan hewan, mencukur bulu hewan, pemijatan, hingga pedicure dan manicure.

Dari kasus di atas, bisa dijadikan peluang untuk berbisnis dengan membuka jasa perawatan hewan.

Tentunya untuk membuka jasa perawatan tersebut diperlukan modal awal lebih dari 5 juta. Selain itu, Anda pun harus dibekali pengetahuan dan skill merawat hewan dengan baik dan benar.

Seperti biasa, media promosi yang digunakan di awal adalah dengan menggunakan media sosial pribadi yang Anda miliki.

19. Bisnis Online Jasa Sewa Kasur

Bisnis Online Jasa Sewa Kasur

Jika Anda tinggal di wilayah kampus atau perkantoran biasanya akan banyak orang yang menawarkan jasa kost-kostan.

Namun, saat ini tidak sedang menyarankan Anda bisnis kost-kostan, melainkan peluang yang bisa Anda bidik adalah bisnis online jasa sewa kasur.

Bisnis tersebut memang belum banyak yang meliriknya, namun jika Anda menjalainya dengan serius bisa mendatangkan omset yang begitu menggiurkan.

Kasur yang Anda sewakan bisa dimulai dari sewa kasur busa ukuran kecil atau yang biasa digunakan oleh mahasiswa.

Tentunya, kasur yang disewakan harus dengan kualitas yang baik mengingat banyak orang yang memerlukannya untuk jangka waktu yang lama.

20. Bisnis Online Penerjemah

Bisnis Online Penerjemah

Bagi Anda yang memiliki skill bahasa asing yang cukup memadai, bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk membuka bisnis online sebagai penerjemah.

Penerjemah ini memang ada yang dilakukan langsung dnegan bertatap muka langsung atau menjadi penerjamah untuk menerjemahkan film atau buku dari negara lain yang bahasanya Anda kuasai.

Untuk mendapatkan kliennya, Anda bisa bergabung lewat situs freelancer yang banyak beredar saat ini di dunia maya.

Rata-rata penghasilan para penerjemah dalam sebulannya bisa mencapai $50- 500/bulan.

Bahkan,jika bisnis penerjamah tersebut ditekuni dengan serius, penghasilannya per bulannya bisa melebihi angka tersebut.

21. Bisnis Online Menjadi Drophsipper

Bisnis Online Menjadi Drophsipper

Jika Anda ingin berbisnis, tetapi masih takut akan resiko yang dihadapi, maka bisa mencoba bisnis menjadi seorang dropshipper.

Dropship sendiri memiliki arti menjual produk tanpa memiliki stok penjualan. Artinya, Anda akan menghubungi supplier atau distributor dari sebuah produk yang Anda bidik.

Pemasaran dari produk pun hampir sama dengan reseller, namun bedanya Anda tidak menyetock barang di rumah.

Sistem ini sudah banyak dilakukan oleh sebuah perusahaan, sehingga Anda bisa menjual produk apapun yang sesuai keinginan.

Pekerjaan ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja bahkan bisa menjadi bisnis bagi Anda yang masih kuliah atau sedang bekerja.

22. Bisnis Online Jasa Bersih-Bersih Rumah

Bisnis Online Jasa Bersih-Bersih Rumah

Bisnis berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuka bisnis online jasa bersih-bersih rumah.

Membuka bisnis ini bisa sangat menguntungkan, mengingat banyaknya orang yang sudah tidak mau menggunakan rumah Asisten Rumah Tangga atau hanya ingin membersihkan rumah dalam kurun satu atau dua kali dalam seminggu.

Jasa bersih-bersih rumah ini biasanya meliputi, bersih-bersih kamar mandi, menyapu dan mengepel ruangan dan kamar tidur, hingga menyetrika baju.

Untuk membuka bisnis, modal yang diperlukan cukup besar, mengingat Anda harus memikirkan gaji serta pelatihan untukkaryawan atau petugas yang akan direkrut.

Namun, hal itu akan sebanding dengan penghasilan yang didapat, apalagi jika bisnis tersebut dilakukan untuk area kota-kota besar yang ada di Indonesia.

23. Bisnis Online Affiliate Marketing

Selain menjadi dropshipper yang minim resiko, Anda pun bisa menjalankan bisnis online affiliate marketing.

Namun bedanya, ketika Anda menjalankan bisnis menjadi affiliate marketing hanya tinggal mempromosikan dan merekomendasikan produk kepunyaan orang lain lewat webite, blog, e-mail, dan lain sebagainya.

Ketika ada yang membeli produk tersebut atas rekomendasi Anda, maka akan mendapatkan komisi dari penjualnya tersebut.

Selain itu, pembeli tidak akan berhubungan langsung dengan Anda melainkan dengan penjual langsung.
Komisi yang didapatkan pun tidak main-main, bisa mencapai jutaan rupiah untuk setiap produknya dan tergantung produk yang Anda tawarkan.

24. Bisnis Online Jasa Pest Control

Bisnis Online Jasa Pest Control

Bisnis online berikutnya yang bisa dilakukan adalah jasa pest control.

Bisnis tersebut konsen dalam bidang mengurangi dan mematikan hama-hama yang ada di rumah, perusahaan, instansi, sekolah, kampus, hotel, restoran dan lain sebagainya, seperti tikus, kecoa, semut, dan lain sebagainya.

Bisnis tersebut tentunya memerlukan modal yang cukup besar karena Anda harus memiliki alat yang memadai serta merekrut orang yang paham dengan hal tersebut.

Namun, bila dijalankan dengan serius, omset yang didapat pun cukup besar mengingat klien Anda adalah dari tempat-tempat yang cukup besar dan memerlukan hal tersebut.

25. Bisnis Online Menjual Bibit Tanaman

Bisnis Online Menjual Bibit Tanaman

Bagi Anda yang memiliki latar belakang pertanian atau tahu tentang tanaman, bisa menjadi bisnis yang menguntungkan untuk saat ini.

Bisnis yang bisa digarap dan dikembangkan secara online tersebut adalah bisnis menjual bibit tanaman.

Hal itu bukan sesuatu yang mustahil karena sudah banyak pula yang melakukannya terutama orang-orang yang bergelut di bidang pertanian.

Langkah pertama yang dilakukan tentunya mencari petani atau penjual bibit yang memiliki kualitas baik dang harga terjangkau.

26. Bisnis Aplikasi Mobile

Bisnis Aplikasi Mobile

Semakin bertambahnya pengguna smartphone dan IPhone saat ini, maka semakin banyak pula orang-orang yang membutuhkan aplikasi untuk mobile.

Karena itu, jika Anda mahir membuat aplikasi bisa memanfaatkan hal tersebut untuk berbisnis dengan menjual aplikasi mobile yang dimiliki atau menawarkan jasa membuat aplikasi yang diinginkan customer.

27. Bisnis Online Jasa SEO

Bisnis Online Jasa SEO

Jika Anda berbisnis online akan ebih lengkap lagi bila menggunakan SEO agar website atau toko online Anda bisa mudah dicari di mesin pencari atau google.

Kabar baiknya, belum banyak orang bisa menggunakan teknik SEO sehingga peluang untuk Anda menawarkan jasa tersebut.

28. Bisnis Online Hasil Fotografi

Bisnis Online Hasil Fotografi

Bagi Anda yang hobi dalam hal fotografi selain bisa menawarkan jasa fotografi untuk sebuah acara, ada peluang laing yang bisa dibidik yaitu dengan menjual hasil fotografi yang Anda miliki.

Pasalnya, banyak orang yang memerlukan photo-photo berkualitas yang tidak bisa didapatkan lewat mesin pencarian.

Karena itu, bakat Anda sebagai fotografer akan semakin berjaya ketika Anda mengupload hasil fotografi di situs website shutterstcok atau Istock Photo.

29. Bisnis Online Menjual E-Book

Menjual E-Book

Jika Anda jago menulis dan banyak tulisan fiksi atau non-fiksi namun belum percaya diri untuk dikirimkan kepada penerbit ternama, maka alternatif lain yang bisa dilakukan adalah menjualnya di dunia maya dalam kemasan e-book.

Tugas Anda adalah membuat cover dan mengemas ebook dengan baik. Kemudian bisa memasarkannya lewat google play book atau situs lain yang bisa menjual produk tersebut.

Bisnis tersebut bila digeluti dengan serius akan menjadi penghasilan passive income Anda dan kabar baiknya bisa terakses ke banyak negara.

30. Bisnis Online Jasa Make Up

Bisnis Online Jasa Make Up

Jika Anda memiliki passion dalam bidang make up, tidak ada salanya untuk membuka bisnis jasa make up.

Promosi yang dilakukan pada orang-orang terdekat terlebih dahulu saat acara perpisahan sekolah, wisuda, acara pernikahan, dan lain sebagainya.

Baca juga : 20 Usaha Rumahan Terbaik Saat Ini

Jika sudah banyak klien Anda dan bisa puas dengan hasilnya, klien Anda pun bisa bertambah banyak.

Penutup

Nah, itulah dia 30 peluang bisnis online bagi generasi milenial yang bisa dikembangkan dan dioptimalkan dengan baik. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda dalam menjalankan bisnis.

Tinggalkan komentar