Peluang Bisnis Jus Buah Murni dan Cara Menjalankannya, Tertarik?

Siapa yang tidak suka jus buah? Saya pikir hanya orang yang mengalami kelainan lidah saja yang tidak suka dengan jus buah.

Ini membuat bisnis jus buah murni menjadi pilihan manis bagi pebisnis pemula, dengan harga yang terjangkau dan menyehatkan siapapun tertarik untuk mengkonsumsi jus buah tanpa harus dilakukan promosi jor-joran.

Hampir di setiap kecamatan kini pasti adal penjual jus buah, dengan model yang hampir sama yaitu buah di dalam showcase, ada blender di depan, toples gula, kaleng susu, sealer, gelas plastik. Itu seperti template default bagi sebuah kedai jus buah.

Nah, sebagai pengusahan yang melek literasi dan internet, kamu harus mencoba beberapa hal baru sebagai inovasi dari kedai jus buah biar anti mainstream. Yuk mari kita simak penjelasan berikut:

1. Bisnis Terpadu

Bisnis Terpadu

Jus buah yang berbahan dasar buah ini mempunyai peluang untuk dipadu padankan dengan bisnis lain yang masih serumpun. Ini akan membuka peluang lebih banyak buat kamu untuk mendapatkan cuan.

Beberapa saya pernah menemui bisnis buah kiloan menjadi satu dengan bisnis jus buah. Ini merupakan siasat yang bagus karena dengan menjadi penjual buah kiloan kamu berpotensi mendapat harga buah yang lebih murah yang juga bisa digunakan sebagai bahan baku jus buah.

Untuk buah kiloan, pembeli cenderung membeli buah yang baru dan masih segar. Kemudian buah yang sudah mulai layu dan tidak menarik, kamu gunakan sebagai bahan baku jus. Ini akan memperkecil potensi kerugianmu.

Jika jualan buah kiloan menurutmu membutuhkan tempat yang luas dan modal yang besar, kamu bisa memadukan jus buah dengan salad buah atau sop buah.

Jadi dalam satu kedai kamu mempunyai beberapa varian produk dari buah, ini akan mendatangkan lebih banyak pelanggan karena mungkin saja seseorang lebih suka mengunyah buah dari meminumnya. Hehe.

Bagaimana kalau dipadukan dengan rujak buah? Meskipun saya belum pernah menemui perpaduan antara penjual jus buah dan rujak buah, tapi ini masih masuk akal dan satu rumpun.

Rujak buah untuk camilan, dan jus buah sebagai penawar rasa pedas sambal rujak. Menyehatkan sekali bukan?

2. Lokasi Strategis

Sudah banyak orang melakukan bisnis jus buah, namun banyaknya jumlah itu merupakan tantangan agar kita bisa lebih berfikir untuk memenangkan persaingan.

Salah satunya yang menentukan adalah lokasi, karena lokasi menentukan prestasi. Cari lokasi dimana sering dilewati orang atau dekat dengan pusat keramaian.

Untuk harga sewa di lokasi tersebut memang cenderung lebih mahal, tapi apabila dalam kalkulasi pendapatan bisa mencukupi seluruh kebutuhan operasional dan sewa tempat maka kenapa tidak.

Ini akan lebih baik daripada biaya sewa tempat murah namun pendapatanmu tidak signifikan karena tempat tersebut bukan merupakan jalan utama dan jauh dari tempat keramaian.

Baca: Peluang Bisnis Produk Kesehatan Semakin Meningkat

3. Target Pasar

Menentukan lokasi berkaitan dengan target pasar, jika target pasarmu adalah anak sekolah atau mahasiswa maka harga harus menyesuaikan agar bisa terjangkau oleh mereka.

Jika kamu ingin tetap mempertahankan kualitas jus yang kental dengan rasa pekat, maka kamu harus bermain di ukuran gelas. Sediakan pilihan gelas kecil atau besar.

Namun jika  ingin fokus pada kuantitas jus dengan ukuran besar dan murah, maka kamu bisa mengurangi jumlah buah dan menambah kuantitas air.

Meski hasilnya agak encer dan kurang pekat, namun ukuran besar ini juga bisa menarik minat konsumen.

4. Inovasi Produk

inovasi

Inovasi adalah perubahan kecil yang membuat produk kamu terlihat berbeda dari produk jus buah pada umumnya.

Misalnya jus buah toping cincau, jus buah toping boba, atau jus buah dengan toping irisan buah lainnya. Lakukan sekreatif mungkin dengan tetap memperhatikan keseimbangan rasa, jangan hanya fokus pada tampilan tapi ternyata rasanya tidak enak. Ini sama artinya dengan bunuh diri.

Selain itu, kamu bisa melakukan inovasi sekaligus edukasi kepada konsumen. Misalkan sediakan jus kombinasi yang cocok untuk orang diet, jus kombinasi kesehatan mata, jus kombinasi kebugaran tubuh, jus kombinasi untuk penggemukan badan, dan sebagainya.

Ini semua harus berdasarkan riset dan data, setidaknya kamu harus mendapatkan sumber informasi dari majalah, website, atau kawanmu yang ahli gizi. Agar konsumen lebih percaya terhadap produkmu.

5. Kemasan Unik

Jika kamu tidak yakin untuk berinovasi dalam rasa, hal lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat perbedaan adalah dengan membuat kemasan yang unik.

Tidak perlu berlebihan, cukup sertakan tulisan unik dalam gelas plastikmu, tulisan yang lucu atau romantis khas anak muda millenial. Sertakan pula informasi tentang akun IG dari bisnismu, ingatkan pelangganmu untuk membuat IG story dan tag akunmu. Ini sebagai media promosi agar lebih banyak lagi orang yang tahu tentang bisnismu.

6. Buat Akun Media Sosial

Keberadaan sebuah media sosial bagi sebuah bisnis itu penting sebagai portofolio, bahkan untuk level jus buah sekalipun.

Media sosial kini menjadi tolok ukur bagi seseorang calon konsumen untuk mengetahui apakah produk tersebut mempunyai branding image yang bagus atau tidak.

Media Sosial juga sebagai media promosi atau bahkan edukasi, contohnya jika kamu mempunyai jus kombinasi diet maka sertakan pula beragam informasi tentang diet dan manfaat buah untuk diet.

Sertakan juga berapa besar kalori yang adala dalam jus kombinasi diet tersebut. Fungsi edukasi ini yang nantinya akan menarik minat orang untuk follow akun IG produkmu dan suatu saat pasti tertarik untuk membeli produk jus buahmu.

7. Layanan Pesan Antar

layanan pesan antar

Kamu bisa melayani pesan antar untuk area satu kilometer atau bekerjasama dengan platform layanan pesan antar seperti gojek dan grab.

Dua perusahaan tersebut adalah layanan yang paling familiar jika seseorang merasa mager untuk keluar rumah tapi ingin makan dan minum.

Pastikan kamu mendaftarkan pada dua layanan tersebut agar bisa diakses oleh pelanggan setidaknya untuk area satu kota atau kabupaten.

8. Kebersihan Peralatan

Tak hanya soal keunikan rasa dan kemasannya saja, untuk menjaga kualitas jus buah yang kamu jual ada kalanya juga memperhatikan aspek kebersihan.

Baik itu kebersihan dari bahan baku buah yang digunakan maupun perlengkapannya. Untuk air mineral yang digunakan, sebaiknya pilihlah air mineral dengan kualitas terbaik..

Bila kamu telah melayani satu pembeli atau satu porsi jus, maka cucilah blender dengan bersih dengan air mengalir agar bersih sempurna.

Apabila kebersihan ini terjaga dengan baik, maka dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen maupun pembeli. Dengan begitu mereka pun merasa aman dan nyaman ketika membeli jus milik kamu.

Baca juga: Bisnis Layanan Pesan Antar dan Tips Menjalankannya

Bisnis Jus Buah ini bisa dijalankan hanya dengan modal 500 ribu sampai 1 juta. Selebihnya adalah modal niat, tekad dan keuletan.

Karena sebanyak apapun modal jika kamu tidak punya tekad yang kuat dan pengetahuan yang luas maka tidak akan menghasilkan apapun.

Itulah peluang bisnis jus buah murni dan cara menjalankannya. Dimana bisnis ini merupakan bisnis yang menjanjikan asal kita kreatif dan ulet dalam menjalankannya. Semoga sukses dan salam bisnis.blog!!