Lihat Kompetitor dan Lakukan Inovasi Produk

4. Kompetitor sebagai reviewer

Dalam menggerakkan bisnis, pasti akan ada kompetitor yang datang. Namun dengan adanya kompetitor bukan berarti sebagai batu penghalang, tapi sebagai reviewer bagaimana kita menilai produk yang dimiliki. Jika tidak ada kompetitor, tidak akan ada evaluasi produk yang dilakukan.

Bukannya penjualan akan meningkat malah menurunkan penjualan, karena tidak ada evaluasi yang dilakukan. Memang hal tersebut tidak menjadi patokan dalam melakukan evaluasi produk. Tapi, kompetitor tidak bisa dianggap remeh.

Dengan adanya kompetitor, kita bisa membuat perbandingan apa yang kompetitor kita lakukan sehingga produk mereka terjual. Apakah dengan memberikan promo atau hal lain. Anda dapat meningkatkan value produk dengan melihat apa yang kompetitor lakukan. Jangan takut konsumen atau pembeli akan lari kepada kompetitor, tapi bagaimana kita memberikan penawaran yang lebih baik dibandingkan kompetitor lain.

5. Inovasi Produk bukan hal aneh

Melakukan suatu bisnis di online, inovasi produk adalah suatu keharusan. Anda tidak bisa stuck di satu titik dan hanya berpegang dengan satu produk yang anda jual. Akan ada saatnya dimana konsumen atau pembeli merasa bosan dan tertarik dengan hal yang baru.

Manfaatkan kondisi dimana konsumen atau pembeli merasa bosan untuk membuat sebuah inovasi di dalam produk. Apabila anda pusing, inovasi apa yang akan anda buat, ada baiknya anda menggunakan hasil penelitian atau research dari apa yang kompetitor anda lakukan. Bukan sebagai plagiat, tapi untuk membuat ide dari hal tersebut. Semakin unik produk yang anda lakukan sebagai sebuah inovasi, minat konsumen atau pembeli akan semakin tinggi.

Untuk memulai sebuah bisnis apalagi bisnis jualan online dibutuhkan keberanian dalam melakukan hal baru. Jangan takut untuk mengalami kegagalan dalam melakukan bisnis jualan online. Pemanfaatan sumber daya dan selalu memberikan performa terbaik kepada konsumen menjadi key point untuk meningkatkan penjualan.Tinggalkan