Apa itu Investasi? 10 Investasi Terbaik Bagi Anak Muda

Setiap orang di dunia ini, pastinya tidak akan pernah mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, baik dari segi ekonomi, sosial, dan lain sebagainya.

Namun, masa depan ini kerap kali disangkutpautkan dengan perekonomian, dimana setiap orang ingin memiliki jaminan hari tua yang cerah dengan finansial yang mumpuni.

Salah satu cara untuk bisa mewujudkan masa depan yang cerah tersebut, tentunya selagi muda dan mampu bekerja harus menyiapan hal tersebut dengan cara berinvestasi.

Sayangnya, investasi sendiri kerap dikaitkan dengan strata sosial seseorang, dimana orang-orang kayalah yang bisa melakukan hal tersebut.

Padahal, saat ini banyak sekali jenis-jenis investasi terbaik di masa depan yang bisa dimulai oleh siapapun, termasuk anak-anak muda.

Nah, untuk mengetahui jenis-jenis investasi tersebut, ada baiknya Anda untuk tetap di halaman artikel ini dan membaca sampai akhir ulasannya di bawah ini!

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Sebelum masuk pada jenis-jenis investasi terbaik untuk masa depan, alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian investasi terlebih dahlu yang dikemukan para ahli dilansir dari berbagai sumber.

Dengan mengetahui pengetian investasi tersebut, artinya akan ada persamaan investasi tentang hal itu dan bisa menjalannya dengan baik.

Adapun pengertian-pengertian tersebut adalah sebagai berikut;

1. Pengertian Investasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

2. Pengertian Investasi Menurut Kamaruddin

Adapun pengertian investasi menurut Kamaruddin adalah sebagai berikut;

  • Investasi adalah pemanfaaatan dana yang tersedia dipergunakan dalam produksi dengan pendapatan di masa yang akan datang.
  • Investasi adalah Tindakan untuk membeli barang-barang modal.
  • Investasi adalah Tindakan untuk membeli saham, obligasi, atau surat penyertaan lainnya.

3. Pengertian Investasi Menurut Prof. Sadono Sukirno

Prof Sadono Sukirno adalah pendiri dan pengusung Fakultas Usaha Kecil Menengah serta juga pendiri Fakultas Ekonomi di Universitas Malaysia.

Menurut beliau, Investasi adalah pengeluaran-pengeluaran untuk membeli barang-barang modal dan peralatan-peralatan produksi dengan tujuan untuk mengganti dan terutama menambah barang-barang modal dalam perekonomian yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa di masa yang akan datang.

Selain itu, investasi pun memiliki tiga peran, yaitu;

  1. Merupakan salah satu pengeluaran agregat, di mana peningkatan investasi akan meningkatkan agregat dan pendapatan nasional, 
  2. Pertambahan barang modal sebagai akibat investasi akan menambah kapasitas produksi di masa depan dan perkembangan ini menstimulir pertambahan produksi nasional dan kesempatan kerja,
  3. Investasi selalu diikuti oleh perkembangan teknologi, sehingga akan memberikan kenaikan produktivitas dan pendapatan perkapita masyarakat. 

4. Pengertian Investasi Menurut Tandelilin

Invetasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini tujuannya untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang.

5. Pengertian Investasi Menurut Gitman dan Joehnk

Dikutip dari bukunya yang berjudul “Fundamentals of Investing”. Investasi adalah alat yang membawa uang yang kita miliki untuk ditempatkan ke medium yang dapat meningkatkan nilai uang tersebut.

Peningkatan nilai uang tersebut berupa penghasilan dari medium investasi yang Anda percaya. Misalnya seperti saham, emas, deposito, dan sebagainya. 

6. Pengertian Investasi Menurut Haming dan Basalamah

Investasi adalah pengeluaran saat sekarang untuk membeli aktiva real seperti tanah, rumah, mobil dan lain-lain atau juga aktiva keuangan memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar di masa yang mendatang.

Selanjutnya dikatakan investasi adalah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber atau dana yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang dan dengan barang modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

7. Pengertian Investasi Menurut Sunariyah

Menurut Sunariyah (2004:4), pengertian investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang. Definisi ini dikutip dari buku karya Sunariyah yang berjudul “Pengantar Pengetahuan Pasar Modal”.

Intinya para ahli pun sepakat, bahwa investasi tersebut bisa ‘’dipetik’’keuntungannya untuk masa depan, lewat investasi-investasi terbaik yang tersedia saat ini.

8. Pengertian Investasi Menurut Lypsey (1997)

Investasi adalah pengeluaran barang yang tidak dikonsumsi saat ini dimana berdasarkan periode waktunya, investasi terbagi menjadi tiga diantaranya adalah investasi jangka pendek, investasi jangkan menengah, dan investasi jangka panjang.

Tujuan Investasi

Setelah mengetahui pengertian dari investasi, maka hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah tentang tujuan investasi, seperti yang akan dibahas di bawah ini;

  1. Menjamin ketersediaan bahan baku dan bisa mendapatkan pasar atas produk yang ada.
  2. Menjaga hubungan baik dengan perusahaan dan juga perusahaan-perusahaan cabang.
  3. Untuk mendapatkan penghasilan tetap dalam periode yang telah ditetapkan, yaitu berupa bunga, uang sewa, deviden, royalty, dan lain sebagainya.
  4. Mengurangi persaingan di perusahaan yang sejenis
  5. Mengendalikan perusahaan lain dalam kepemilikan sebagian ekuitas dari perusahaan tersebut.
  6. Membentuk dana khusus, seperti dana untuk sosial, ekspansi, dan lain sebagainya.

Manfaat Investasi

1. Mengubah Gaya Hidup

Ketika seseorang mengalokasikan penghasilannya untuk investasi, otomatis gaya hidup yang akan dilakoni pun berubah. Mereka akan mengeluarkan penghasilannya hanya untuk hal-hal yang diperlukan saja.

2. Meningkatkan Aset

Seseorang yang berinvestasi emas saat ini, bila beberapa tahun kemudian dia jual, maka akan mendapatkan keuntungan dikemudian hari karena harganya naik berkali-kali lipat dari harga saat Anda membelinya.

3. Memenuhi Kebutuhan di Masa Depan

Berinvestasi hari ini bisa digunakan sebagai kebutuhan Anda di masa depan. Contohnya, saat ini Anda investasi property yang tujuannya untuk dijual di masa depan agar anak bisa mengenyam Pendidikan hingga level tertinggi.

4. Menghindari Hutang dan Bisa Membayarkannya

Seseorang yang telah berinvestasi selain akan mempengaruhi gaya hidupnya, juga bisa mempengaruhi hal lainnya seperti berhati-hati dalam pengeluaran agar tidak berhutang.

5. Dapat Menungguli Suatu Inflasi

Seseorang yang berinvestasi tidak akan terkena inflasi, mengingat jenis-jenis investasi biasanya bersifat menguntungkan dan nilainya pun akan selalu naik.

6. Sangat Berpotensi Mendapatkan Penghasilan Jangka Panjang

Jika Anda ingin masa depan yang cerah, maka dari sekarang mulailah untuk berinvestasi agar bisa mendapatkan penghasilan jangka panjang yang cukup menguntungkan.

7. Bisa Berinvestasi sesuai dengan keadaan keuangan Anda

Berinvestasilah sesuai dengan penghasilan yang Anda miliki. Beruntungnya investasi saat ini tidak hanya satu jenis, melainkan banyak jenisnya yang bisa dipilih sesuai keadaan.

Mengenal Bentuk-Bentuk Investasi

Bentuk investasi bisa dibedakan menjadi dua, yaitu ;

1. Investasi Aktiva Finansial

Investasi yang dilaksanakan seseorang pada bentuk surat-surat berharga, seperti deposito, saham, dan lain sebagainya.

2. Investasi Aktiva Riil

Investasi yang bisa dilihat secara fisik, seperti investasi emas, tanah, logam mulia, property dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Investasi Terbaik untuk Masa Depan

1. Investasi Emas

Investasi Emas

Emas merupakan salah satu investasi yang sudah ada dari ratusan tahun lalu. Bahkan sadar atau tidak nenek moyang kita dahulu bahkan orang tua kita sangat menyarankan untuk berinvestasi emas, baik emas perhiasan maupun logam mulia.

Mereka menyarankan untuk berinvestasi emas karena memang memiliki harga cukup stabil, tidak terkena inflasi, dan terpenting lebih mudah untuk dijual.

Emas yang bisa dipilih pun beragam, mulai dari 0,5 gram hingga 1 Kg dengan harga yang disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Cara untuk mendapatkannya mudah, bisa langsung membelinya ke perusahaan antam atau agen-agen emas terpercaya.

Bahkan di zaman serba canggih, telah hadir sebuah program investasi emas online yang tentunya sangat cocok dijalankan untuk Anda anak-anak muda.

Jangan khawatir mengikuti investasi emas online karena ternyata hal tersebut memberikan keuntungan yang banyak, seperti;

  • Tidak perlu bertransaksi ke kantor cabang, cukup dari rumah atau dimana saja Anda berada bisa bertransaksi menggunakan aplikasi yang diinstal di smartphone.
  • Memiliki resiko kehilangan emas sangat kecil, karena fisik emas yang dibeli langsung oleh Anda langsung disimpan penjual emas, yaitu di Brankas antam atau pegadaian.
  • Jika Anda ingin menjual emas, tidak perlau datang ke kantor cabang karena bisa dilakukan lewat aplikasi. Uang hasila penjualan pun akan secara otomatis langsung ditransfer ke rekening Anda.
  • Selain bisa membelinya di kantor cabang pegadaian atau antam, membeli emas pun bisa melalui platform e-commerce online yang tentunya bisa memudahkan Anda bertransaksi.
  • Nominal yang dipilih untuk berinvestasi emas pun cukup terjangkau, yaitu dimulai dari Rp.5.000. Tentunya hal tersebut tidak akan pernah bisa dilakukan jika Anda membeli emas fisik di toko emas atau kantor lainnya.

2. Investasi Saham

Investasi Saham

Investasi berikutnya yang berguna untuk masa depan anak muda adalah dengan berinvestasi saham.

Berinvestasi saham ini sangat berpeluang untuk mendapatkan keuntungan berlipat Ketika memang bisa mengelolanya dengan baik dan benar.

Modal yang diperlukan tidak perlu menunggu banyak, karena bisa dilakukan dengan modal yang kecil.

Walaupun begitu, dikemudian hari Anda berhak mendapatkan keuntungan atau hasil yang besar serta menjadikannya passiv income.

Tetapi, perlu waspada dan bersiap menerima kerugian besar Ketika harga-harga saham pun mengalami penurunan.

Bagi Anda yang memiliki ambisi tinggi dan siap mengambil resiko, maka investasi saham inilah yang cocok untuk dijalankan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengupgrade diri dengan mempelajari strategi atau tips berinvestasi saham, yang akan dibahas di bawah ini;

  • Memahami dengan baik tentang saham. Karena itu sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya untuk mengikuti seminar atau training yang membahas investasi saham, membaca buku-buku tentang investasi saham, atau bertanya langsung pada seseorang yang sudah mahir dalam bidang ini.
  • Sebaiknya tidak menginvestasikan semua uang yang dimiliki pada saham. Perlu diingat, pasar saham bisa saja tidak stabil dan mengalami penurunan.

Ada baiknya untuk menginvestasikan juga pada hal-hal lainnya agar Anda masih memiliki tabungan untuk masa depan. Bagi Anda pemain pemula dalam investasi saham, sebagainya memulainya dengan fokus pada saham blue-chip.

Blue-chip adalah istilah yang ada dalam pasar modal dimana mengacu pada saham dari perusahaan besar yang memiliki pendapatan stabil dan liabilitas yang jumlahnya tidak terlalu banyak.

Dengan berinvestasi pada saham blue-chip, Anda akan bisa meminimalisir resiko yang ada.

Bersabar dan Berdoa

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi saham, maka dibutuhkan kesabaran dalam melakoninya. Jangan ingin cepat untung, karena keuntungan hanya bisa didapatkan dalam jangka waktu panjang.

Baca juga : 30 Bisnis Modal Kecil Dengan Penghasilan Menjanjikan

Selain itu, banyak berdoa agar memang tidak banyak mengalami kerugian. Hal itu, tentu saja demi masa depan Anda yang lebih cerah dan baik.

3. Investasi Reksadana

Investasi Reksadana

Investasi berikutnya yang terbaik untuk masa depan anak muda adalah investasi reksadana.

Berdasarkan UU Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 Pasal 1 ayat 27, reksadana adalah sebuah wadah yang bisa digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal kemudian diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Adapun jenis-jenis reksadana tersebut adalah sebagai berikut;

  • Reksadana Campuran
  • Reksadana Pasar uang
  • Reksadana pendapatan tetap
  • Reksadana saham

Kini, berinvestasi reksadana pun akan semakin mudah terutama dengan kehadiran finance technology atau fintech yang memudahkan siapapun untuk berinvestasi.

Adapun keuntungan berinvestasi reksadana online adalah sebagai berikut;

  • Berinvestasi bisa dimulai dengan nominal minimum Rp 10.000.
  • Banyak e-commerce ataupun marketplace yang menawarkan investasi reksadana, sehingga siapapun bisa melakukan hal tersebut dan membuat aksesnya terbuka lebar.

Karena itulah,investasi reksadana ini bisa menjangkau para kaum anak-anak muda. Sehingga uang yang mereka miliki bisa ditabungkan untuk masa depan mereka.

Walaupun mudah dijangkau dan diatur oleh manajemen, tetap harus mempelajari terlebih dahulu apa itu reksadana.

Sehingga tidak asal menjalankan investai tersebut dan Anda benar-benar bisa memetik keuntungan di kemudian hari.

4. Investasi Properti

Investasi Properti

Investasi terbaik berikutnya untuk masa depan anak muda adalah dengan berinvestasi properti. Bisnis properti tersebut, meliputi tanah, rumah, apartement, yang memang untuk memulainya memerlukan dana yang tidak sedikit.

Walaupun begitu ada dua keuntungan yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut;

  • Harga properti tersebut akan semakin naik bila lahan sudah terbatas dan bertambahnya jumlah populasi penduduk, biasanya bisnis tersebut akan sangat menguntungkan bila properti Anda berada di kota besar.
  • Anda bisa mendapatkan keuntungan setiap bulan atau tiap tahun bila properti tersebut disewakan.

Kini, investasi properti yang banyak dilirik adalah apartemen, mengingat harga rumah sudah semakin banyak dan banyak orang yang ingin tinggal dikota tetapi dengan harga yang terjangkau, maka apartemen itulah yang dipilih.

Walaupun apartemen menjadi investasi yang diminati, tetap saja ada resiko yang perlu Anda ketahui dan perhatikan, yaitu sebagai berikut;

  • Harga properti tidak akan selalu nanik, bahkan trend harga tersebut bisa turun dibandingkan tahun sebelumnya.
  • Untuk memberikan keuntungan paling tinggi, biasanya investasi dilakukan saat unit belum jadi atau masih berupa kosong.

Tetapi hal tersebut memiliki resiko cukup tinggi, mengingat ada apartemen yang dibangun lebih lambat dari target yang ditentukan.

Proses untuk mendapatkan sertifikat apartemen membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan untuk mendapatkan sertifikat rumah. Karena itu tidak bisa dimanfaatkan untuk digadaikan ke bank jika sewaktu-waktu membutuhkannya.

5. Investasi P2P Lending

Investasi P2P Lending

Investasi P2P Lending atau Peer to Peer, merupakan salah satu fintech yang mempertemukan langsung pemilik dana atau investor dengan peminjam dana atau disebut borrower dengan return yang lebih tinggi.

Investasi P2P Lending ini berbarengan dengan hadirnya trend Fintech di Indonesia. Karena itulah pertemuan antar keduanya dilakukan secara online menggunakan teknologi informasi yang dimiliki platform P2P.

Adapun contoh dari platform P2P landing di Indonesia sendiri adalah seperti Investree, Modalku, Koinworks, Amartha, Akselerean, dan lain sebagainya yang mulai bermunculan cukup banyak di Indonesia.

Investasi P2P akan berjalan manakala calon peminjam sudah mengisi data sesuai dengan kriteria dan mengetahui resiko dari peminjaman tersebut.

Kemudian, calon peminjam menempatkan ke marketplace P2P dimana investor memilih peminjam yang akan diberikan dana tersebut.

Keuntungan dari investasi P2P yang perlu diketahui adalah sebagai berikut;

  • Keuntungan untuk investor akan lebih tinggi karena terhubung langsung antara investor dan borrower. Keuntungannya P2P bisa mencapai 12% sd 16% setahun.
  • Investasi bisa dimulai dari Rp 10.000 yang bisa Anda akses dari salah satu platform yang dipilih.
  • Investasi ini sangat cocok dilakoni anak muda karena sangat efesien dan aksesnya pun bisa dilakukan melalui dunia maya.

Selain keuntungan, resiko yang perlu diperhatikan adalah resiko gagal bayar peminjaman yang dibebankan pada investor. Sedangkan P2P sendiri tidak menanggung gagal bayar peminjam.

6. Investasi Surat Berharga Negara (SBN)

Investasi Surat Berharga Negara (SBN)

Investasi surat berharga negara atau SBN ini termasuk salah satu investasi yang aman seperti deposito dan bisa memberikan keuntungan yang lebih baik di masa depan.

Dikatakan sangat aman karena diterbitkannya dari Pemerintah Indonesia itu sendiri. Pemerintah negeri ini mengeluarkan surat hutang atau SBN tersebut yang nantinya bisa dibeli oleh masyarakat.

Investasi ini juga banyak dilirik para investor asing karena hanya menawarkan bunga > 6% dengan tingkat keamanan tinggi yang terjamin.

Surat berharga negara tersebut tidak menawarkan satu jenis saja, melainkan beberapa jenis, seperti;

  • Obligasi Negara Ritel merupakan surat utang negara yang dijual oleh pemerintah kepada investor ritel di pasar perdana domestik yang didominasi warga negara Indonesia.
  • Sukuk Tabungan merupakan surat berharga Syariah negara berbasis investasi Syariah yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui kementrian keuangan Indonesia untuk para investor perorangan yang ada di negara ini.
  • Saving Bond Ritel atau SBR merupakan obligasi negara yang dijual kepada individu dan merupakan salah satu alternatif investasi aman, mudah, menguntungkan, dan terjangkau.

Keuntungan Berinvestasi SBN adalah sebagai berikut;

  • Berinvestasi SBN sampai jatuh tempo, bisa mendapatkan bunga SBN yang ditetapkan sejak awal.
  • Bisa menjual SBN sebelum jatuh tempo ke pasar sekunder, dimana yang membelinya adalah investor lain dengan harga yang bisa disepakati kedua belah pihak.

Jika Anda anak muda yang masih ‘’takut’’ untuk berinvestasi, bisa memulainya berinvestasi SBN. Karena memang aman dan bunga yang didapatkan lebih tinggi dari deposito dan tabungan.
Kabar baiknya, pembelian SBN ini bisa dibeli secara online untuk bisa membidik anak-anak muda berinvestasi ‘’buatan’’ negerinya sendiri.

7. Investasi Exchange Trade Fund atau ETF

Investasi Exchange Trade Fund atau ETF

Investasi terbaik berikutnya untuk masa depan anak muda adalah Exchange Trade Fund atau ETF. Investasi tersebut merupakan salah satu instrument keuangan yang ada di pasar saham.

Investasi ini bersifat kontrak kolektif, uni penyertaanya ditulis dan diperjualbelikan di bursa saham.

Maka dari itu, isi dari Exchange Trade Fund ini adalah sebuah indeks, seperti JSX LQ45 Index Fund (R-45ETF). 

Adapun perbedaan ETF dengan investasi lain seperi reksadana adalah sebagai berikut;

  • ETF diperjualbelikan di bursa efek, sedangkan Reksadana tidak diperjualbelikan di bursa efek.
  • Tidak ada minimum investasi yang ditetapkan, sedangkan reksadan investasinya disesuaikan dengan fun fact sheet dan prospectus.

Keuntungan Berinvestasi ETF adalah sebagai berikut;

  • Diversifikasi Portofolio
  • Seorang investor yang membeli indeks ETF LQ 45 dengan otomatis akan memiliki sebuah portofolio sebanyak 45 saham.
  • Bersifat Likuid karena diperjualbelikan di bursa efek.
  • Keuntungan deviden. Jika ETF melakukan pembagian dividen

Walaupun begitu resiko ETF ini dirasakan sama dengan investasi saham lainnya. akan tetapi, resiko investasi di pasar lebih rendah dibandikan hanya berinvestasi di saham tertentu saja.

8. Investasi Valuta Asing

Investasi Valuta Asing

Investasi valuta asing atau valas merupakan investasi perdagangan mata uang yang digunakan untuk pembayaran perdagangan internasional, seperti dollar, euro, dan pundsterling.

Trik untuk mendapatkan keuntungan dari investasi ini adalah ingat rumus berikut ini;

  • Belilah valuta asing saat harganya sedang turun
  • Jualah valuta asing saat Kembali Ketika naik.

Nah, selisih antara harga jual dan beli itulah yang akan menjadi keuntungan Anda.

Akan tetapi Anda harus pintar dalam membaca situasi perekonomian, karena biasanya nilai tukar mata uang tersebut dipengaruhi oleh faktor sosial, politik, dan perdagangan dalam suatu negara.

Jika saat ini Anda memiliki mata uang yang disebutkan di atas sebagainya disimpan terlebih dahulu dan bisa dijual sewaktu-waktu di waktu yang tepat.

Baca juga : 20 Usaha Rumahan Bagi Pemula Seperti Ibu Rumah Tangga

Perlu diingat pula, jika Anda ingin membeli valuta asing tersebut sebaiknya jangan disembarang tempat.
Pilihlah tempat yang mumpuni, seperti di bank atau lembaga keungan resmi. Hal itu untuk menghindari kondisi valuta asing yang tidak bagus bahkan palsu.

9. Investasi Barang-Barang Mewah dan Bermerk

Investasi Barang-Barang Mewah dan Bermerk

Investasi ini memang berbeda dengan investasi sebelumnya yang diulas di atas. Karena memang mengandalkan barang-barang mewah dan juga bermerk.

Kebiasaan Anda yang selalu memiliki barang-barang mewah tersebut, ternyata dikemudian hari bisa membawa keberuntungan.

Hal ini bisa saja menjadi investasi berharga jika Anda merawatnya dengan baik. Apalagi, kebiasaan anak-anak muda sekarang adalah senang mengoleksi sesuatu yang mewah dan bermerk.

Adapun barang-barang mewah yang bisa menjadi keuntungan dikemudian hari tersebut, sepeti jam tangan rolex, tas Gucci atau lain sebagainya, sepatu stuart weizman, dan lain sebagainya.

Barang-barang mewah dan bermerk tersebut bisa dipastikan beberapa tahun kedepan tidak akan diproduksi lagi dan tentu saja barang-barang tersebut harganya akan naik dan bisa menjadi barang-barang langka yang dicari banyak orang.

Maka dari itu, rawatlah dengan baik dan raihlah keuntungan di masa depan Anda.
Banyak pula yang menyangkal bahwa barang-barang mewah tersebut tidak akan ada gunanya di masa depan.

Lalu bagaimana dengan barang-barang antik yang banyak diburu saat ini dan memiliki harga cukup tinggi.

10. Investasi Bidang Peternakan

Investasi Bidang Peternakan

Investasi ini juga beda dari pembahasan sebelumnya. Bahkan bukan hanya bisa mendapatkan keuntungan di masa depan melaikan bisa turut melestarikan dan meningkatakan kesejahteraan banyak orang.

Nah, investasi yang dimaksud adalah investasi peternakan dimana Anda bisa bekerjasama dengan penduduk lokal yang biasanya ada di pedesaan untuk menanam modal sesuai yang diperlukan.

Jadi, berikan modal yang telah disepakati pada pihak pengelola, barulah kemudian mereka yang akan mengelolanya dan melaporkan keuntungan serta apa=apa saja terkait investasi tersebut.

Hal ini sudah banyak dilakukan oleh anak-anak muda lainnya, mengingat para peternak di desa kerap kali kekurangan modal sedangkan permintaan pasar cukup tinggi memerlukan hewan-hewan ternak.

Investasi ternak ini beragam, sesuai dengan minat Anda, yaitu dimulai dari ternak sapi, domba, kambing, lele, bebek, ikan, ayam, dan lain sebagainya.

Baca juga : 30 Peluang Bisnis Online Terbaik Bagi Anak Muda

Semakin banyak Anda berinvestasi tentunya semakin banyak pula yang Anda berdayakan. Dan ini bisa menjadi investasi menguntungkan di masa depan.

Penutup

Yuk, selagi muda mulailah untuk berinvestasi. Pilihan investasi terbaik telah dijabarkan di atas. Semoga bermanfaat dan bisa berinvestasi sesuai dengan keinginan.