Perhatikan Ini Untuk Memperkuat Identitas Brand Pada Media Sosial

Brand atau Merek adalah kunci untuk menarik perhatian para calon pembeli. Dalam pertarungan bisnis di dunia digital, Anda harus perhatikan ini untuk memperkuat identitas Brand pada media sosial.

Identitas merek adalah kumpulan semua elemen yang diciptakan perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat bagi konsumennya.

Identitas merek berbeda dari “citra merek” dan “merek”, meskipun istilah ini terkadang dianggap dapat dipertukarkan.

Istilah branding mengacu pada praktik pemasaran yang secara aktif membentuk merek yang khas. Merek  adalah persepsi perusahaan di mata dunia.

Identitas merek Anda adalah apa yang membuat Anda langsung dikenali oleh pelanggan Anda. Audiens Anda akan mengaitkan identitas merek Anda dengan produk atau layanan Anda.

Identitas itulah yang membentuk hubungan antara Anda dan pelanggan Anda, membangun loyalitas pelanggan, dan menentukan bagaimana pelanggan Anda akan memandang merek Anda.

Kami menyukai satu nasehat mengenai identitas Brand dari Howard Schultz, CEO Starbucks.

“Dalam masyarakat yang terus berubah, merek yang paling kuat dan bertahan lama dibangun dari hati. Mereka nyata dan berkelanjutan.

Fondasi mereka lebih kuat karena dibangun dengan kekuatan jiwa manusia, bukan kampanye iklan. Perusahaan yang mampu bertahan lama adalah yang mempunyai orisinalitas.”

Setiap merek memiliki ‘kepribadian’ yaitu perasaan positif dan unik yang diinginkan organisasi untuk diasosiasikan oleh pelanggan dengan produk dan layanannya.

Ini adalah bagaimana merek ingin mendapatkan apresiasi dari pasar, baik secara internal maupun eksternal, yang mencerminkan nilai-nilai organisasi dan tujuan bisnis secara keseluruhan.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang ‘identitas merek’ organisasi, mengapa itu penting, dan bagaimana membangun identitas brand pada media sosial.

Perhatikan Ini Untuk Memperkuat Identitas Brand Pada Media Sosial

Mengapa Harus Menciptakan Identitas Merek?

Identitas merek yang kuat bukan tentang membuat kemasan yang cantik. Ini tentang mengkomunikasikan kisah merek Anda secara efektif.

Desain adalah alat yang ampuh yang dapat mengubah cara orang berinteraksi dengan merek Anda dalam tiga cara penting.

Diferensiasi, bagaimana Anda bisa menonjol di pasar yang ramai? Identitas merek Anda dapat memainkan peran yang kuat.

Apakah Anda ingin produk Anda menonjol di rak, atau Anda ingin iklan Anda menonjol di Facebook, membuat presentasi yang konsisten dan kohesif adalah rahasia kesuksesan.

Koneksi, semakin efektif Anda mengomunikasikan siapa diri Anda. Semakin mudah bagi orang-orang untuk terlibat dengan Anda dan, pada akhirnya, bergabung dengan komunitas penggemar produk Anda.

Pengalaman, semua yang Anda buat mencerminkan merek Anda.

Jadi, jika Anda ingin menciptakan pengalaman merek yang konsisten dan kohesif, Anda perlu menghadirkan identitas yang konsisten dan kohesif.

Dari situs web Anda, ke media sosial Anda, hingga brosur penjualan Anda, identitas yang kuat adalah kunci untuk meningkatkan pengalaman merek Anda.

Beberapa merek mengangkat identitas merek menjadi sebuah seni seperti Apple , LEGO , atau Levi’s. Beberapa merek membuatnya masuk ke arena olahraga seperti duo raksasa Nike dan Adidas.

Terlepas dari dimana Anda jatuh pada spektrum itu, satu hal yang pasti adalah jika Anda ingin menjadi perusahaan yang kompetitif dan sukses, membangun identitas merek yang kuat adalah wajib.

Mulai Dari Mana?

Saat Anda mengembangkan dan menerapkan strategi pemasaran konten organisasi Anda, Anda harus memastikan bahwa semua konten mencerminkan identitas merek Anda.

Konten Anda harus konsisten pada semua bentuk komunikasi yang mencakup beberapa poin berikut :

  • Organisasi atau nama merek
  • Logo
  • Slogan
  • Suara dan nada merek
  • Citra
  • Warna
  • Font dan ukuran font

Identitas merek biasanya disajikan dalam satu dokumen, dan juga dikenal sebagai ‘pedoman identitas merek’.

Sebagian besar perusahaan sudah memiliki identitas merek mapan yang dapat digunakan untuk membuat konten.

Meski dalam beberapa kasus, identitas merek akan selalu mendapatkan pembaruan dalam jangka waktu tertentu.

Jika identitas merek Anda perlu pembaharuan, pastikan Anda melakukan pembaharuan dan penyesuaian untuk media sosial.

Jika perusahaan Anda tidak memiliki identitas merek yang baku, Anda perlu mengembangkannya secara bottom up. Dengan mengamati target pasar atau karakter inti dari produk Anda.

Apapun situasi organisasi Anda, mampu mengembangkan identitas merek adalah keterampilan yang kuat untuk dimiliki oleh setiap marketer media sosial.

Baca juga : 15 Tools Digital Marketing Dahsyat Untuk Bisnis Anda

Suara dan Nada Merek

Memposting konten dan mengembangkan ‘kehadiran’ pada media sosial kini relatif semakin mudah.

Tantangan utamanya adalah memastikan bahwa kehadiran ini merangsang keterlibatan dengan pengguna media sosial yang ingin Anda jangkau.

Artinya, Anda harus memiliki suara yang khas, yaitu ekspresi orang-orang di balik merek tersebut.

Suara ini akan membedakan sebuah merek dari pesaingnya, membantu membangun kepercayaan, dan pada akhirnya dapat digunakan untuk mempengaruhi dan membujuk keputusan pembelian.

Penting untuk membedakan antara suara merek dan ‘nada’nya. Suara merek adalah kepribadian yang konsisten dari hari ke hari.

Hal ini biasanya digambarkan sebagai kata sifat: misalnya, hidup, positif, periang, ramah, profesional atau santai.

Suara tersebut mewakili pernyataan misi perusahaan Anda dan merangkum pengalaman pelanggan saat berinteraksi dengan sebuah merek.

Nada adalah bagian dari suara merek dan merupakan perasaan yang disampaikan melalui pesan.

Sementara suaranya tetap konstan dan konsisten, nadanya akan bervariasi tergantung pada konten, jaringan media sosial, dan situasi.

Misal pada media sosial Facebook Anda mungkin menggunakan nada yang santai, sementara pada LinkedIn mungkin Anda lebih profesional dan formal.

Saat Anda mengembangkan suara dan nada merek, penting untuk mempertahankan elemen ‘manusia’.

Suara atau nada yang dirancang dengan jelas untuk mendorong penjualan dapat membuat pengikut merasakan dehumanisasi terhadap merek, baik online maupun offline.

Dengan kata lain, jika konsumen menganggap suatu merek kurang menyertakan emosi manusia, mereka tidak akan mempercayai pesan yang disampaikan. Imbasnya mereka akan ragu untuk membeli produk perusahaan.

Awali Dengan Wawancara

Merupakan ide yang baik untuk melibatkan pemangku kepentingan utama untuk memastikan bahwa identitas merek selaras dengan tujuan bisnis dan target pasar perusahaan Anda. Juga nilai-nilai inti, dan persepsi yang diinginkan di pasar.

Jika Anda ingin memperbarui identitas merek Anda, tinjau tujuan bisnis dan pemasaran yang telah Anda tetapkan dan pastikan bahwa identitas merek yang diperbarui ini sejalan dengan tujuan.

Panduan wawancara identitas merek dirancang untuk menghasilkan kontribusi dari pemangku kepentingan Anda dan memberikan masukan yang berguna ke dalam identitas merek akhir.

Informasi yang dikumpulkan dapat mencakup jenis logo, citra, frase menangkap, gaya font dan lain sebagainya. Pokoknya semua hal yang paling akurat merangkum merek.

Anda bisa mengikuti panduan wawancara berikut untuk menentukan identitas merek yang ingin diciptakan :

  1. Selain menghasilkan keuntungan, mengapa organisasi itu ada? Apa yang menjadi komitmen organisasi untuk dicapai?
  2. Nilai apa yang diberikan produk/jasa organisasi kepada pelanggan mereka?
  3. Nilai tambahan apa yang diberikan organisasi selain dari produk/jasanya?
  4. Lima kata mana yang paling menggambarkan merek? Mengapa?
  5. Apa yang membedakan organisasi dari para pesaingnya? Apa nilai jual uniknya?
  6. Citra apa yang paling menggambarkan merek? Mengapa?
  7. Pengalaman seperti apa yang harus dimiliki pelanggan saat berinteraksi dengan merek?
  8. Apa yang tidak diwakili oleh merek ?

Anda juga bisa menggunakan diagram ini untuk panduan dalam menentukan daftar istilah yang menggambarkan merek.

Ringkasan Identitas Merek

Perhatikan Ini Untuk Memperkuat Identitas Brand Pada Media Sosial

Setelah Anda mengidentifikasi nada dan suara yang cocok untuk merek Anda, kemudian beragam masukan telah dikumpulkan dari pemangku kepentingan utama Anda.

Langkah selanjutnya adalah membuat Ringkasan Identitas Merek , ini adalah ringkasan penelitian yang telah Anda lakukan.

Ringkasan mengenai karakter Identitas Merek yang diinginkan kemudian akan diberikan kepada agensi kreatif, atau sumber daya internal, untuk mengembangkan dokumen identitas merek.

Salah satu elemen kunci dari identitas merek Anda adalah logo perusahaan, yang harus membedakan bisnis, menarik perhatian audiens, dan mencerminkan nilai inti bisnis dan alasan keberadaannya.

Ini sering kali merupakan titik sentuh pertama bagi pelanggan yang harus berbeda dan mudah diingat, dengan memanfaatkan keunggulan unik yang membedakan merek dari pesaingnya.

Untuk membuat logo, tim kreatif Anda memerlukan informasi sebanyak mungkin tentang organisasi, bersama dengan ide desain dari sebuah logo . Meliputi bentuk, warna, font, dan lain sebagainya.

Percantik Situs Website

Elemen kunci lain dari identitas merek Anda adalah keseluruhan tampilan dan nuansa beranda situs web Anda. Sebagai salah satu cara paling baik untuk perkuat identitas brand pada media sosial.

Situs web biasanya merupakan sumber informasi pertama bagi masyarakat umum untuk mengetahui lebih banyak tentang sebuah produk

Desain harus secara akurat mencerminkan merek Anda, serta menampilkan logo perusahaan Anda dengan jelas, dan mengikuti elemen merek yang disepakati seperti citra dan bahasa.

Templat singkat identitas merek pada unduhan konten dapat digunakan untuk perusahaan yang sama sekali baru atau perusahaan yang sudah ada namun ingin mengubah identitas mereknya.

Baca juga : 7 Tips Meningkatkan Kunjungan Website

Eksekusi Desain

Setelah ringkasan identitas merek Anda selesai, ini harus diubah menjadi satu dokumen profesional yang berfungsi sebagai pedoman merek Anda.

Sehingga dan dapat digunakan untuk memberi tahu siapa pun yang membuat konten atau materi pemasaran bagi perusahaan Anda.

Jika Anda memiliki sumber daya secara internal untuk melakukan ini, maka Anda harus menyampaikan brief tersebut kepada tim yang relevan.

Jika tidak, cari agensi markom atau Marketing Communication yang dapat mengubah ringkasan ini menjadi dokumen identitas merek tunggal untuk Anda.

Saat Anda mencari perusahaan eksternal untuk melakukan desain logo merek, pertimbangkan portofolio proyek mereka sebelumnya.

Dari situ Anda bisa melihat bagaimana hasil desain perusahaan dan perusahaan apa saja yang sudah pernah memakai jasa mereka.

Minta Pertimbangan Pelanggan

Jika Anda merupakan perusahaan yang sudah berjalan dan mempunyai basis pelanggan, Anda bisa mengukur kepedulian pelanggan Anda dengan cara melakukan survei.

Misal dengan menyediakan dua calon logo baru, tampilkan pada akun media sosial Anda dan minta pengikut akun Anda untuk memilih logo favorit mereka.

Akan lebih menarik jika menyediakan beberapa hadiah bagi pengikut yang sudah memberikan respon. Ini akan memperkuat identitas brand pada media sosial.

Ini selain akan meningkatkan Brand Awareness pelanggan, juga bisa menjaring pengikut baru karena banyak orang yang suka dengan hadiah gratis.

Lalu bagaimana dengan perusahaan yang baru akan pertama kali meluncurkan produk? Jangan khawatir, Anda bisa gunakan jasa influencer untuk mendorong Brand Awareness.

Bisa juga dengan menggunakan Instagram Ads atau Facebook Ads untuk mengabarkan bahwa sebuah perusahaan baru mengadakan survey untuk menentukan logo yang akan digunakan.