12 Ide Bisnis Yang Cocok Dilakukan di Kawasan Perumahan

Komplek perumahan adalah area yang bagus untuk membangun sebuah usaha karena kamu sudah punya calon konsumen yang jelas setiap harinya.

Langkah selanjutnya adalah tergantung dari kreatifitasmu untuk mengelola dan mengembangkan bisnis apa yang sekiranya belum ada pesaing dan cocok untuk warga komplek perumahan kamu.

Meski sebagian besar penghuni perumahan kurang mempunyai intensitas untuk bersosialisasi dengan tetangga sekitar, namun dengan membuat sebuah usaha maka kamu bisa mempunyai kesempatan berinteraksi dengan tetangga sekitar.

Jadi jangan khawatir mereka tidak akan tahu bahwa kamu mempunyai usaha dan mereka pasti akan menjadi pelanggan tetap dari usaha kamu.

Berikut adalah 12 ide bisnis yang cocok dilakukan di perumahan, yuk kita simak apa saja.

1. Warung Nasi Uduk

Nasi uduk

Warung nasi uduk tentu merupakan jenis usaha yang paling sering anda temui di perumahan. Rata rata para penghuni perumahan adalah kalangan yang sibuk dan membutuhkan kepraktisan.

Sehingga menjual nasi uduk atau makanan untuk sarapan bisa menjadi peluang yang menjanjikan sekaligus usaha yang cocok di perumahan.

Apalagi jika didukung dengan bakat anda di bidang kuliner yang bisa menghasilkan makanan yang enak. Tentu saja usaha warung nasi uduk anda akan lebih dikenal dan memiliki banyak pelanggan.

2. Warung Sembako

Nah, ini merupakan jenis usaha yang paling umum dari sering kita temui. Usaha yang satu jenis termasuk usaha yang cocok di perumahan.

Warung sembako merupakan tempat dimana kita bisa  mendapatkan keperluan sehari hari yang kita butuhkan.

Warung sembako menyediakan  semua kebutuhan sehari hari, usaha ini merupakan jenis usaha yang sangat cocok dilakukan di perumahan. Karena biasanya lokasi perumahan jauh dari pusat perbelanjaan.

Baca juga: Bisnis Jualan Pulsa dan Kuota Untungnya Berjuta-juta

3. Katering

Salah satu jenis usaha kuliner ini sangat cocok jika dilakukan di perumahan. Lokasi perumahan yang sempit dengan ruang yang terbatas menyebabkan para penghuni nya jika memiliki acara seperti syukuran atau pernikahan akan lebih memilih jasa katering daripada memasak sendiri.

Oleh karenanya usaha ini sangat baik jika dilakukan di lingkungan perumahan yang padat penduduk. Usaha ini tentu bisa menjadi bisnis  rumahan dengan modal kecil namun menguntungkan.

4. Usaha Laundry

Laundry

Bagi sebagian penghuni perumahan yang sibuk tentu sangat membutuhkan  jasa yang satu ini. Laundry sangat membantu jika dalam kondisi sibuk dan darurat.

Anda cukup mengirimkan pakaian kotor anda dan beberapa hari setelahnya anda bisa mengambilnya dalam kondisi bersih. Usaha laundry akan semakin berkembang jika anda mau memberika  layanan jemput dan delivery.

Maka para pelanggan akan sangat terbantu dengan mereka tidak harus meluangkan waktu menuju lokasi usaha laundry anda. Untuk membukan usaha laundry dibutuhkan modal yang cukup besar.

Namun, untuk awalnya anda bisa menggunakan mesin cuci yang biasa  anda pakai. Setelah usaha anda menunjukkan perkembangan dan kemajuan tentu anda bisa membeli mesin cuci terbaru yang lebih canggih.

5. Jasa Rental / Pengetikan

Jasa rental dan pengetikan semakin berkembang dan masih memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Banyak orang yang terlalu sibuk bahkan malas untuk mengetik tugas kuliah atau laporan pekerjaannnya.

Anda tentu bisa memanfaatkan peluang ini. Dengan bermodalkan komputer dan printer anda sudah bisa membuka sebuah usaha jasa rental dan pengetikan.

Khususnya di perumahan pasti banyak keluarga yang mempunyai anak usia sekolah, atau pekerja kantor yang sering mengerjakan laporan untuk dikerjakan di rumah dan paginya harus disetorkan ke atasan. Mereka adalah calon pelanggan yang potensial untuk usaha pengetikan dan cetak dokumen.

6. Membuka Les Privat

Memberikan jam belajar tambahan bagi anak menjadi pilhan banyak orang tua disaat mereka sibuk bekerja di luar rumah. Bagi kedua orang tua yang sama sama bekerja tentu mengajak anak belajar bersama dirasa begitu sulit untuk bisa meluangkan waktu.

Oleh karenanya jika anda memiliki kelebihan dibidang akademik tentu bisa memanfaatkan ini sebagai peluang. Anda bisa membuka les privat untuk kelompok anak SD dan SMP. Tanpa perlu menyewa gedung anda cukup memakai ruang dirmahbyang tidak terpakai dan menyulapnya menjadi ruang belajar yang asyik.

Baca juga: Bisnis Hidroponik dari Hobi Bercocok Tanam

7. Konter Pulsa Dan Kuota Data

smartphone

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini siapa sih yang tidak memiliki handphone/gadget. Dari kalangan tua sampai muda, dewasa hingga anak anak memiliki hp sebagai alat komunikasi. Komunikasi melalui hp dilakukan lewat jaringan seluler melalui provider telepon.

Dan untuk bisa melakukan panggilan dan sms maka anda membutuhkan yang namanya pulsa. Oleh karenanya jualan pulsa dan kuota data merupakan bisnis yang patut anda tekuni.

Meskipun telah banyak yang menekuni usaha ini lebih dulu namun tidak ada salahnya jika melakukan hal yang serupa karena jumlah pelanggan yang butuh isi ulang voucher atau pulsa setiap hari semakin bertambah.

8. Warnet / Game Online

Usaha yang satu ini sangat booming di era tahun 2000 an. Seiring dengan makin berkembangnya  jaringan internet serta kebutuhan akan akses informasi dan hiburan membuat usaha ini tetap memiliki peluang hingga saat ini.

Warnet / game online sangat digemari tidak hanya oleh anak anak tetapi juga  orang dewasa sebagai sarana melepas penat setelah seharian bekerja.

9. Jasa Penjahit Baju

Penjahit

Satu lagi jasa yang mungkin bisa menjadi peluang bagi anda yaitu jasa penjahit baju. Jika anda memiliki Kemampuan dalam bidang ini maka tidak ada salahnya membuka sebuah jasa penjahit baju.

Apalagi jika menjelang perayaan hari besar atau pesta pernikahan. Maka bisa jadi pesanan akan membludak.

10. Sanggar Senam Aerobik

Nah ini dia salah satu usaha yang bisa anda jadikan peluang. Olahraga merupakan kebiasaan baik bagi tubuh.

Namun olahraga mungkin menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para ibu ibu yang tinggal di perumahan dan sibuk bekerja.

Oleh karenanya anda bisa memberikan solusi dengan membuka sebuah sanggar seni aerobik. Yang nantinya bisa memberikan manfaat bagi ibu ibu yang tinggal di daerah sekitar perumahan anda.

11. Depot Air Minum Isi Ulang

Air minum merupakan hal uang menjadi kebutuhan kita sehari hari. Bagi anda yang tinggal di lingkungan perkotaan tentu air minum isi ulang merupakan hal yang praktis.

Jika habis tentu anda akan mengunjungi depot isi ulang untuk mengisi dan menggantinya. Oleh karena nya usaha ini tentu memiliki peluang dan prospek yang bagus.

12. Salon Kecantikan dan Spa

Selain olah raga salah satu yang menjadi kebutuhan pokok para ibu ibu di perumahan adalah perawatan dan kecantikan tubuh serta wajah. Tentunya hal ini bisa menjadi peluang dan ide usaha bagi anda.

Membuka salon kecantikan dan spa membutubkan investasi yang todak sedikit. Namun tentu anda bisa memulainya dari tahap kecil kecilan terlebih dahulu. Jenis usaha yang cocok di perumahan ini tentu sangat baik untuk di kembangkan.

Baca juga: 9 Tips Bisnis Sanggar Senam, Sehatkan Dompet Sehatkan Badan

12 usaha yang cocok di perumahan yang tentu bisa memberikan ide dan inspirasi bagi anda. Saat akan memulai usaha niatkan dengan sungguh sungguh serta jangan pernah takut untuk gagal. Karena dari kegagalan tersebutlah kita akan belajar lebih baik kedepannya.