Inilah Ide Bisnis Sampingan yang Paling Menjanjikan

Bisnis.blog – Meski kita sedang bekerja namun memiliki bisnis sampingan tidak ada salahnya. Malah dengan bisnis sampingan tersebut bisa membantu kita meringangkan beban biaya hidup yang kian hari kian meningkat saja.

Dalam kondisi sekarang banyak orang yang tidak hanya mengandalkan gajih bulanan dari tempat mereka bekerja. Kini banyak ditemukan para pekerja yang juga mempunyai bisnis sampingan.

Ide Bisnis Sampingan

Memang beban hidup semakin hari akan semakin meninggi, sementara gajih kadang tak mengikuti, itulah yang menyebabkan banyak orang harus memutar otak demi bisa bertahan hidup.

Terlebih lagi bagi kita yang sudah berkeluarga kita wajib memenuhi kebutuhan keluarga yang datang setiap saat seperti biaya air, listrik, biaya sekolah anak dan masih banyak yang lainnya.

Jika kita tidak pandai dalam memutar otak maka kita bisa bisa akan mengalami kesulitan finansial. Hal ini merupakan momok yang sangat menakutkan bagi sebagian orang.

Karena ketika kita mengalami masalah tersebut banyak dampak yang akan kita tanggung. Tidak hanya itu kesulitan finansial juga akan sangat berpengaruh pada kondisi keharmonisan sebuah keluarga.

Untuk menyikapi hal itu maka kita perlu memikirkan rencana guna mencegah hal tersebut menimpa kita dikemudian hari.

Baca: 30 Peluang Bisnis Online Terbaik Bagi Anak Muda

Dan pilihan terjun ke bisnis sampingan merupakan pilihan jitu yang bisa kita lakukan.

Kali ini bisnis.blog akan merangkum dari beberapa sumber bisnis sampingan yang bisa mendulang banyak keuntungan. Benarkan posisi tempat duduk Anda dan simak penjelasan berikut:   

1. Blogger

Ide bisnis sampingan yang pertama adalah menjadi seorang blogger. Ditengah arus informasi yang semakin kencang seperti sekarang banyak orang yang memerlukan informasi yang cepat.

Blogger

Nah blogger merupakan salah satu perangkat yang bisa membantu orang ketika akan mencari suatu informasi. Dengan menjadi blogger maka kita akan bisa membantu mereka imbasnya adalah kita akan mendapatkan keuntungan.

Cara mendapatkan uang dari blogger bermacam dan yang paling popular adalah dengan mengikuti program google adsene. Namun begitu untuk mendaftar google adsene memerlukan waktu.

Blog kita harus berumur paling tidak 3-6 bulan ditunjang dengan kualitas konten tulisan yang kita sajikan yang memang dibutuhkan dan bisa menjadi solusi banyak orang.

Artinya dalam dunia blogging hal yang pertama harus kita kuasai adalah membuat tulisan yang minimal 400 kata per artikel lebih banyak kata dalam sebuah artikel akan lebih bagus.

2. YouTuber

Selain blogger bisnis sampingan yang menjanjikan dimasa sekarang adalah menjadi youtuber. Memang pada zaman sekarang banyak orang yang terjun ke dunia youtube dengan iming iming pendapatan yang besar. Dan itu sah sah saja dilakukan.

Namun yang perlu diingat banyak orang yang gagal dalam membangun channel youtuber mereka karena merasa frustasi tidak juga bisa mendapatkan hasil dari youtube padahal mereka sudah rajin mengupload sebuah konten.

Ingat tidak hal yang bisa kita dapatkan secara instan. Begitupun menjadi seorang youtuber. Yang pelu kita lakukan adalah berusaha memahami sebuah konten yang menarik sehingga channel kita banyak dikunjungi oleh banyak orang.

Hampir sama seperti blogging, channel yang banyak dikunjungi orang adalah channel yang bisa memberi manfaat bagi pengunjung. Untuk cara mendapatkan uang dari youtube kita bisa mendaftar melalui google adsen.

3. Desain Grafis

Banyak orang sekarang yang mebutuhkan jasa desain grafis, entah itu sebuah perusahaan yang besar sampai palaku bisnis rumahan sama sama memerlukan jasa desain grafis untuk kelancaran usahannya.

Desain Grafis

Desain grafis banyak dicari karena memang sudah dibutuhkan dalam dunia bisnis modern seperti sekarang yang sudah harus melibatkan sebuah teknologi dalam ramuan suatu bisnis.

Kita bisa mendapatkan uang dari bisnis ini dengan bayaran yang tinggi. Karena tidak semua orang bisa melakukannya dan jasa desain grafis oleh beberapa sumber disebutkan sebagai jasa yang akan terus berkembang dimasa yang akan datang.

Kita bisa membuat tim kecil untuk lebih memudahkan kita dalam bisnis ini, kalau pun tidak kita juga bisa jalan sendiri dengan cara beragam dari memanfaatkan koneksi internet sampai dengan koneksi pertemanan yang kita miliki.

4. Membuat atau Maintenance Website

Sudah menjadi sebuah kebutuhan dimasa sekarang suatu instansi, perusahaan atau bahkan pelaku bisnis rumahan memerlukan sebuah website untuk memudahkan orang dalam mencari informasi.

Maka tak jarang dari instansi, perusahaan, bahkan pelaku bisnis rumahan kini memiliki website, dengan memiliki website memang akan memudahkan konsumen dalam mencari sebuah informasi tentang suatu perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu website dapat juga kita manfaatkan untuk menjaring konsumen baru. Sehingga akan meningkat penjualan suatu bidang usaha yang sedang kita jalani.

Dengan pangsa yang begitu besar maka jasa mebuat atau maintenance website merupakan tawaran yang menjanjikan untuk dijadikan usaha sampingan terlebih lagi ketika kita mempunyai kemampuan lebih dari jasa penyedia website lainnya.

5. Freelance Online

Pilihan ide bisnis sampingan yang tak kalah menjanjikan dari yang lain adalah menjadi freelance online. Banyak piliham ketika kita akan menekuni bisnis sampingan disesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki.

Freelance Online

Jika kita jago dalam hal penulisan kita bisa menawarkan diri menjadi freelance jasa penulisan, banyak sekarang yang membutuhkan jasa ini pangsa pun semakin luas kita bisa menawarkan jasa kita kepada para blogger atau bahkan insatansi atau perusahaan.

Atau banyak juga sekarang baik instanis atau perusahaan yang membutuhkan jasa admin media sosial. Kita bisa mendaftar menjadi admin suatu akun instasi atau perusahaan. Selain tugasnya ringan bidang bisnis sampingan ini tidak menguras banyak waktu sehingga tidak akan menggagu pekerjaan.   

Freelance online di zaman infromasi teknologi yang samakin berkembang merupakan pilihan bisnis yang bisa menjanjikan banyak meraup pundi pundi uang.  

6. Investasi Saham

Jika dulu pandangan orang mengenai saham merupakan investasi yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai dana milyaran namun tidak dengan sekarang. Kita bisa menjadi investor di suatu perusahaan hanya dengan modal yang tidak terlalu besar.

Tentunya disesuaikan dengan kemampuan modal kita. Karena semakin banyak investai saham yang kita gelontorkan akan semakin banyak juga deviden yang bisa kita dapatkan.

Investasi saham sangat cocok bagi kita yang sudah terlalu sibuk dengan beban pekerjaan namun kita masih membutuhkan sebuah ide bisnis sampingan. Karena bisnis ini tidak akan menguras banyak pikirian.

Meski begitu jenis bisnis sampingan ini memiliki risiko yang tinggi. Untuk itu sebelum terjun ke dunia investasi kita harus benar benar paham terkait dunia investasi saham. Dengan begitu risiko kegagalan dapat diminimalisir.  

7. Trading

Trading merupakan bisnis yang popular yang dilakukan oleh banyak orang terlebih lagi oleh anak muda milenial. Ide bisnis ini bisa menjadi pilihan bisnis sampingan yang menguntungkan jika kita cermat dalam menjalankannya.

Trading

Seperti halnya investasi saham bisnis jenis ini merupakan bisnis yang besar risikonya. Sehingga kita harus berhati hati ketika akan terjun ke bisnis ini. Pilih platform yang memang sudah terpercaya yang sudah terdaftar di BAPPEBTI, dengan begitu menjadi kita lebih aman mengelurkan modal dalam bisnis jenis ini.

Trading sangat mudah dijalankan pada masa sekarang tidak seperti beberapa tahun belakang karena hanya dengan menggunakan ponsel yang kita punya kita sudah bisa menjadi seorang trader. Tanpa harus mempunyai perangkat keras seperi computer dan laptop.

Ditunjang dengan semakin marakanya platrom trading yang sekarang ada di Indonesia dengan pelbagai tawaran hasil yang manarik. Maka menjadi trader merupakan ide bisnis sampingan yang patut untuk dicoba.

8. Penyewaan Kamar

Generasi sekarang merupakan genarasi yang doyan piknik. Maka jika kita mempunyai rumah yang dekat dengan tempat wisata mebuka jasa penyewaan kamar merupakan ide bisnis sampingan yang menjanjikan dan patut kita coba.

Ide bisnis sampingan ini kini telah marak tidak hanya disekitaran tempat wisata bahkan di kota kota besar seperti di Yogyakarta bisnis ini telah menjamur dan semuanya kerap sudah laku di pesan oleh seseorang.

Terlebih lagi cara piknik backpacker sedang banyak digandrungi oleh para wisatawan sehingga dengan membuka jasa penyewaan kamar akan sangat membantu dalam para wisatawan tersebut.

Tidak hanya itu banyak orang yang terkendala biaya untuk menyewa sebuah penginapan. Dengan hadirnya jasa penyewaan kamar maka bisa menjadi solusi bagi orang yang mempunyai kendala finansial.

9. Bisnis Peternakan

Ide bisnis yang tak kalah dapat mengeruk banyak keuntungan adalah ide bisnis sampingan peternakan. Bisnis sampingan ini belum banyak dilirik oleh banyak orang meski begitu bukan berarti bisnis sampingan ini tidak menjanjikan keuntungan.

Bisnis Peternakan

Seperti yang sudah kita ketahui konsumsi daging di Indonesia sangatlah besar. Peternak dalam negeri bahkan sampai kualahan untuk bisa mensupali daging secara continue.

Imbasnya daging di Indonesia banyak yang berasal dari luar negeri. Nah dengan pangsa yang begitu besar memilih ide sampingan peternakan bisa menjadi pilihan bisnis yang bisa kita coba.

Bagi kita yang tidak punya banyak waktu. Kita cukup menyediakan modal saja, bisnis peternakan dikelola oleh orang lain. Kita bisa mendapatkan uang dari bagi hasil dengan pihak pengelola.

Itulah beberapa ide bisnis sampingan yang menjanjikan dan patut untuk kita coba. Dengan mempunyai bisnis sampingan selain bisa menambah penghasilan. Memiliki bisnis sampingan juga bisa menjadi jarring pengaman jika suatu hari kita mendapat masalah dari suatu pekerjaan.  

Baca juga: 20 Usaha Rumahan Bagi Pemula Seperti Ibu Rumah Tangga