5 Ide Bisnis Jajanan Seribuan, Pasti Hasilkan Cuan

Ide bisnis tahun 2020 tidak melulu produk yang unik, kekinian, dan berbasis online. Kalau modalmu Cuma seratus ribu tapi ingin membuat sebuah bisnis, maka kamu bisa hasilkan cuan dari bisnis jajanan seribuan. Jajanan seribuan ini bisa kamu temukan di desa, atau komplek perumahan.

Cukup bermodalkan teras rumahmu atau keranjang wadah jajan, kamu bisa mulai berjualan aneka jajan dengan harga seribuan saja.

Target pembeli adalah anak di desa atau komplek perumahanmu. Akan lebih menguntungkan jika rumahmu terletak di dekat sekolah, karena anak sekolah pasti ingin jajan di waktu jam istirahat.

Jajanan seribuan bukan hanya disukai sama anak – anak lho, orang dewasa seperti kita juga seringkali ingin bernostalgia dengan jajanan semasa kecil dulu.

Maka bisa dibilang bahwa target konsumen dari jajanan seribuan ini cukup luas.

Apa saja sih perlengkapan yang dibutuhkan untuk jualan jajanan seribuan? Perlengkapan ini tergantung dari jajanan apa yang kamu jual.

Jika kamu jualan jajanan yang digoreng seperti tempe goreng, pisang goreng, sosis goreng, otak – otak goreng, atau cireng, maka perlengkapan yang kamu butuhkan adalah kompor, penggorengan, spatula, alat peniris, plastik bungkus, dan meja.

Biasanya sebagai penambah rasa dari jajanan tersebut, si penjual menyediakan saos dan kecap untuk dicocol dengan gorengan.

Hmmmmm…rasanya pasti gurih dan mengundang selera. Jika kamu menjual cilok, maka kamu juga harus membuat kuah yang sedap dengan potongan daun bawang.

Cilok yang disiram kuah ini memberikan sensasi makan bakso tapi dengan ukuran yang lebih kecil. Hehe.

Coba diingat – ingat, apa jajanan seribuan favoritmu waktu SD. Apakah kami akan menyebutkan salah satunya di bawah ini. Mari disimak satu persatu ide bisnis jajanan seribuan yang pasti hasilkan cuan.

1. Cilok

Cilok

Cilok atau aci dicolok, adalah jajanan yang berasal dari jawa barat. Aci adalah tepung kanji, cilok berbentuk bola bola tepung kanji kecil yang direbus dengan air kaldu sehingga menjadi kenyal dan beraroma. Khususnya cilok kuah disajikan dengan kuah yang diberi saos, sambal, dan kecap.

Selain cilok kuah, varian cilok antara lain cilok goreng, cilok bakar, atau cilok crispy. Bisnis cilok sangat menjanjikan.

Alasan saya adalah: pertama, makanan ringan ini disukai siapa saja mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang tua. Laki-laki maupun perempuan. Semua kalangan masyarakat menyukai cilok, termasuk saya sendiri.

Kedua, usaha cilok hanya membutuhkan modal sedikit namun keuntungan bisa cukup besar karena bisnis ini berbasis kuantitas.

Artinya, meskipun bisnis makanan ringan ini tidak memiliki untung besar, namun apabila berhasil menjual dengan jumlah banyak maka keuntungan yang didapatkan pun tidak sedikit.

Ketiga, untuk membuat cilok tidak memerlukan modal. Apalagi bila kita memiliki rumah yang cukup strategis untuk berjualan Serta memiliki mitra usaha untuk bekerja sama.

Sementara, modal yang dibutuhkan untuk membuat cilok berupa tepung terigu, tepung tapioka/aci/kanji, bawang putih, garam, merica bubuk, kaldu ayam, dan tentunya air.

Dengan bahan tersebut sudah bisa dibuat cilok yang enak dan disukai banyak orang. Sedangkan untuk sausnya hanya membutuhkan kacang tanah goreng, bawang putih, bawang merah, cabai, garam, gula merah, dan beberapa bumbu tambahan.

2. Telur Gulung

Jajanan dadar gulung

Kalian pasti tahu dong jajanan berbahan baku telur yang dikocok dengan garam, merica, dan sedikit tepung kemudian digoreng dan digulung dengan tusuk bambu. Dilumuri saos atau mayonnaise dan paling enak dinikmati ketika masih hangat.

Dengan satu butir telur kamu bisa membuat tiga atau empat telur gulung, tergantung seberapa banyak tepung yang kamu tambahkan agar bisa menekan harga produksi.

Jika kamu berjualan di desa, penting untuk tetap menjaga harga satu tusuk telur gulung yaitu seribu rupiah.

Lain halnya jika kamu berjualan di depan minimarket atau daerah kota, asal kamu tahu bahwa bisnis telor gulung sudah merambah hingga di pusat perbelanjaan lho.

Variasi produk telor gulung ini terletak pada saos. Di kota besar, para penjual telor gulung menyediakan aneka saos seperti saus kacang, saus tiram, saus lada hitam, bahkan saus teriyaki.

Dengan kemasan cup kertas dan saos yang beragam, ini mengangkat level telor gulung sebagai makanan kelas menengah.

3. Kue Leker

kue leker

Leker adalah penjelmaan dari crepes dengan kearifan lokal, dibuat dengan menggunakan wajan bulat datar yang diputar dengan cara manual. Leker dengan harga seribuan bisa dinikmati dengan tiga pilihan toping yaitu coklat, kacang, atau keju.

Kue leker ini berbahan dasar tepung maizena dan tepung beras, ditambah sedikit susu dan gula. Dipanggang tipis dalam wajan bulat dengan api kecil, letakkan toping di tengah dan lipat hingga berbentuk setengah lingkaran.

Sebagai jajanan dengan harga seribuan, leker terbilang elegan untuk dinikmati dikala santai bersama keluarga atau untuk menjamu tamu.

Baca juga : 6 Ide Bisnis Jajanan Berbahan Mie Instan

Agar terlihat lebih spesial kamu bisa tambahkan toping lagi di lapisan luarnya. Jenis leker dengan aneka toping di luarnya kini menjadi menu di beberapa kedai kopi atau menjadi boot tersendiri di tempat perbelanjaan.

4. Kue Cubit

Kue cubit

Meskipun kue cubit dikatakan sebagai jajanan tradisonal di era tahun 1990’an namun jangan salah, kue ini banyak digemari oleh banyak orang karena harganya yang sangat meriah.

Jika kita sedang berada di Kota Jakarta ataupun Kota Bandung akan kita temui banyak pedagang yang menjual kue cubit.

Kue cubit ini memiliki cita rasa yang sangat enak sehingga kue ini selalu laris di pasaran. Bagi Anda yang belum pernah mencici olahan kue cubit ini Anda tidak perlu merasa kuatir.

Kue cubit ini sudah banyak tersedia di toko-toko kue atau cafe yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca juga : 10 Tips Sukses Membuka Warung Sembako

Seiring dengan berkembangnya zaman, kue cubit ternyata turut berinovasi dan kembali booming beberapa waktu belakangan ini dengan bermacam varian rasa yang lebih “kekinian”.

Berbondong-bondong, orang-orang dari berbagai penjuru daerah rela mengantri di depan gerobak kecil tukang kue cubit untuk sekadar mencicipi kue sederhana yang kini menjelma menjadi kue modern.

5. Gorengan

gorengan harga seribuan

Jika kita membicarakan jajanan seharga seribu, maka gorengan tidak bisa kita tinggalkan untuk tidak kita sebut.

Bakwan, tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng adalah sahabat karib yang tidak bisa kita pisahkan dalam satu etalase kaca gerobak gorengan.

Tidak perlu harus memiliki gerobak untuk jualan gorengan, jika fokusmu hanya untuk warga desa atau perumahan maka cukup sediakan aneka adonan yang baru digoreng apabila ada pembeli.

Saya yakin kita lebih menyukai gorengan yang masih hangat apalagi dinikmati dengan menggigit cabe rawit dan ditemani teh atau kopi.

Baca juga: Ini Dia, Peluang Usaha Terbaik dan Paling Menjanjikan di Tahun Ini

Masih ada beberapa aneka jajanan harga seribuan yang bisa kita ulas untuk artikel selanjutnya. Atau jika kalian mempunyai ide jajanan yang bisa kita ulas bersama, silahkan tulis di kolom komentar ya. Salam sukses dari mertua tim bisnis.blog.