Suka Seni? Inilah Ide Bisnis Bidang Seni yang Bisa Menghasilkan Omzet

Bakat seni tidak dimiliki semua orang. Anda yang memiliki bakat seni harus bangga dengan itu semua. Karena membuat sebuah karya seni bukan hal yang mudah, dan jika Anda sudah memiliki bakat seni, dengan diasah bakat tersebut bisa membuat karya yang bagus.

Siapa bilang menjadi seniman tidak bisa menghasilkan uang. Orang-orang di luar sana memang kerap kali mencap seniman sebagai orang yang berkarya tanpa bisa menghasilkan uang.

Tetapi, Anda harus bisa menepis anggapan negatif seperti itu. Anda harus percaya diri bahwa menjadi seorang seniman juga bisa membuat bisnis yang menjanjikan.

Banyaknya ide bisnis di bidang seni yang bisa menghasilkan omzet besar, maka untuk Anda yang memiliki bakat seni janganlah disia-siakan bakat tersebut.

Karena itulah, berikut akan  dipaparkan tentang tips ide bisnis yang bisa membuktikan bahwa seniman juga bisa jadi pengusaha dengan omzet besar. Yuk, simak artikelnya sampau tuntas!

1. Desain Kaos Unik

Ide bisnis di bidang seni yang bisa menghasilkan omzet yang pertama adalah desain kaos unik. Anda bisa membuat clothing line dengan beragam desain unik yang bisa membuat orang-orang tertarik. Bisnis desain ini bisa menjadi ide bisnis yang menghasilkan omzet.

Anda bisa menargetkan anak-anak muda, anak-anak kuliah dan lain sebagainya. Biasanya orang-orang yang suka dengan kaos desain unik adalah dari kalangan mereka. Sehingga, pastikan Anda tidak hanya membuat satu desain saja.

Buatlah berbagai jenis desain yang mengesankan. Sehingga banyak orang bisa tertarik dengan hasil karya yang Anda buat.  

Untuk modal bisnis di bidang desain kaos unik, Anda bisa memulainya dengan modal yang relatif terjangkau. Anda bisa memasarkan melalui sosial media ataupun marketplace seperti Shopee.

Sekarang sosial media seperti Instagram sangat berpengaruh besar terhadap penjualan suatu barang. Apalagi jika barang yang Anda jual memiliki desain dan kualitas bagus.

Bisnis membuat desain kaos memang punya banyak saingan, tetapi jika Anda memiliki desain unik yang jarang dibuat oleh orang lain, desain yang Anda miliki pasti akan menemukan penikmatnya. Dengan begitu ide-ide seni Anda akan tertuang dan menjadi ide bisnis dengan omzet yang lumayan.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Jajanan Seribuan, Pasti Hasilkan Cuan

2. Graphic Desainer Perusahaan

Desain Grafis

Jika bakat seni Anda ada di bidang desain grafis, manfaatkan hal tersebut untuk bekerja pada perusahaan yang membutuhkan ahli desain grafis.

Desainer grafis adalah seniman yang banyak sekali dicari oleh perusahaan-perusahaan. Karena visualisasi produk dengan menggunakan gambar, apalagi digital hari ini sangatlah penting.

Ketika seseorang ingin menjual suatu barang, hal pertama yang dibutuhkan adalah desain produk dari barang tersebut. Dengan desain produk yang menarik, tentu konsumen pun akan tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Menjadi desainer grafis juga bisa dikerjakan sebagai freelancer. Dengan menjadi freelancer Anda bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Gaji dari seorang desainer grafis bisa puluhan juta. Apalagi jika Anda berhasil membuat desain logo perusahaan.

Jika Anda ingat dengan desain album Maroon5, desainer grafis dari album mereka adalah orang Indonesia. Tentu jika Anda bisa seperti itu, omzet ratusan juta bisa berada di tangan Anda.

3. MUA (Make Up Artist)

Jasa MUA atau Make Up Artist adalah jasa yang sangat dibutuhkan banyak orang. Dan itu bisa jadi ide bisnis di bidang seni yang bisa menghasilkan omzet. Jika Anda suka merias wajah dan suka dandan, manfaatkan peluang ini untuk belajar lebih serius tentang makeup.

Banyak tutorial makeup yang bisa Anda pelajari dari YouTube. Para influencer di YouTube biasanya mengajari cara berdandan hingga sangat detail. Atau jika Anda memiliki kesempatan untuk kursus, tentu kursus lebih efektif untuk meningkatkan skill dan pengetahuan Anda tentang makeup.

Jika Anda sudah memiliki pengetahuan luas mengenai makeup, maka Anda bisa buka usaha MUA. Untuk konsumen yang bisa Anda jangkau pertama kali bisa dari kerabat atau keluarga.

Jika makeup yang Anda poles membuat mereka puas, pasti orang-orang juga akan tertarik untuk menggunakan MUA Anda. Dengan begitu bisnis Anda bisa semakin besar.

Pastikan untuk memajang setiap hasil riasan Anda di sosial media. Sehingga orang-orang bisa melihat seberapa bagus riasan yang Anda buat. Itu bisa menjadi testimoni pertama orang-orang yang ingin menggunakan MUA Anda.

Jasa MUA juga bisa dilengkapi dengan jasa fotograpi, karena biasanya jasa MUA sangat dibutuhkan untuk mereka yang akan melaksanakan berbagai acara seperti nikahan. Dan biasanya acara-acara seperti itu selalu ingin menggunakan MUA paket komplit dengan jasa fotograpinya.

4. Seniman Tato

Seniman Tato

Jika sebagian orang lebih memilih kanvas untuk menuangkan inspirasi melukis mereka, maka Anda bisa menggunakan kulit untuk berkarya. Apalagi jika lukisan tato yang Anda buat bagus dan menarik, orang-orang pasti terpincut dengan hasil karya Anda.

Anda bisa bekerja di studio tato, dan perlu Anda tahu bahwa bisnis ini adalah perjalanan karir yang menjanjikan. Apalagi jika Anda sudah memiliki sertifikat, orang-orang pasti akan banyak yang datang dan mempercayakan kulit mereka di tato kepada Anda.

5. Pelukis Karikatur

Bakat melukis tidak dimiliki oleh banyak orang. Sehingga, jika Anda memiliki bakat menggambar karikatur, manfaatkan peluang tersebut untuk berkarya dan menghasilkan uang. Kata siapa menggambar karikatur tidak bisa menghasilkan uang.

Jika Anda bisa mempromosikannya dengan baik, maka bakat menggambar Anda bisa dilirik banyak orang.

Manfaatkan sosial media seperti Instagram untuk menawarkan jasa membuat karikatur. Anda bisa pajang gambar-gambar karikatur hasil karya Anda di Instagram. Sehingga orang yang ingin membuat karikatur tidak ragu lagi memilih Anda sebagai orang yang terpercaya.

Karikatur biasanya dibuat orang-orang untuk kado, atau souvenir. Anda tidak akan kehilangan pelanggan dengan membuat karya karikatur ini. Apalagi jika Anda memiliki konsep berbeda dibandingkan dengan pembuat karikatur kebanyakan.

6. Pelukis Mozaik Kaca

Mozaik

Ide bisnis di bidang seni yang bisa menghasilkan omzet selanjutnya adalah dengan melukis kaca mozaik. Ini bisa menjadi karya seni yang banyak dicintai orang. Sebab hasilnya bisa dipajang dengan indah di rumah.

Anda bisa bekerja sesuai dengan pesanan pelanggan, atau bisa juga menjadi pemasok toko interior. Tentunya jika Anda sudah bisa memasok toko interior, pesanannya akan dalam jumlah besar. Sehingga omzet yang bisa Anda dapatkanpun bisa lebih besar.

Menjadi pelukis mozaik kaca juga bisa ikut pameran atau acara komunitas. Sehingga hal tersebut bisa jadi sarana promosi yang baik. Selain itu, di zaman serba digital ini jangan sampai kelewatan untuk promosi produk Anda di berbagai flatform sosial media.

Karena berbagai sosial media sekarang bisa dijadikan tempat promosi. Misalnya Facebook dengan Marketplacenya, marketplace besar seperti tokopedia atau shopee, bisa juga di Instagram maupun WhatsAppp.

Baca juga: 12 Analisa Lengkap Persiapan Bisnis Laundry

7. Custom Airbrush Gedung

Jika Anda pandai membuat lukisan aribrush Anda bisa memanfaatkannya untuk melukis airbrush pesanan untuk perkantoran, cafe, mural, mobil, ataupun pakaian. Anda bisa membeli peralatan-peralatan yang dibutuhkan dengan harga yang terjangkau.

Pekerjaan ini bisa dijadikan pekerjaan sampingan tetapi omzet yang didapatkan juga lumayan besar. Karena tidak banyak orang yang bisa membuat lukisan di dinding dengan hasil yang sempurna.

Bahkan karena sulitnya, sebagian orang lebih memilih menggunakan wallpaper dinding untuk menghias dinding mereka daripada harus melukis sendiri.

8. Jual Lukisan di Tempat Wisata

Menjajakan lukisan di tempat wisata juga bukan ide yang buruk untuk menampilkan kemampuan Anda dalam melukis. Karena penikmat lukisan akan tahu sebuah karya apa yang harus mereka hargai. Dan lukisan indah seperti apa yang harus mereka pajang di ruang tamu mereka.

Dengan menjual lukisan di tempat wisata, Anda bisa menggaet berbagai macam wisatawan. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan melukis cepat, itu bisa jadi daya tarik tersendiri. Anda bisa pamer kemampuan Anda sambil menghasilkan uang.

Misalnya Anda menawarkan untuk melukis seorang wisatawan di tempat ikonik, dan Anda bisa langsung memberikan lukisan tersebut dengan kemampuan Anda membuat lukisan cepat.

Itu bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan dan memberikan omzet yang besar. Dengan begitu, karya seni Anda tidak akan hanya dipajang di kamar saja.

Orang-orang bisa menghargai karya Anda dan Anda bisa lebih bersemangat untuk membuat karya baru. Serta bisa lebih mengasah kemampuan dan mencoba tantangan-tantangan baru dalam melukis.

9. Guru Seni

Ide bisnis di bidang seni yang bisa menghasilkan omzet selanjutnya adalah menjadi guru seni. Ini sangat cocok bagi Anda yang suka seni dan suka dunia pendidikan. Dengan bergelut di bidang pendidikan Anda bisa menuangkan bakat seni Anda dengan mengajar seni kepada anak-anak.

Menjadi guru butuh ketelatenan untuk mengajari dan memberikan contoh kepada anak didik. Sehingga Anda bisa memamerkan kemampuan serta memberikan contoh kepada anak didik bagaimana membuat karya seni yang bagus.

Pekerjaan ini bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Anda juga bisa menciptakan karya seni sendiri dengan menjualnya kepada kawan-kawan. Agar lebih menarik, pastikan Anda memajang karya-karya seni yang Anda buat dan anak didik Anda. Sehingga bisa menginspirasi banyak orang.

10. Art Dealer

Untuk Anda yang memiliki komunitas dan karya seni yang sudah banyak. Silahkan membuat art dealer untuk menjual karya-karya Anda. Anda bisa memilih sebuah kawasan yang strategis sehingga pas untuk memajang karya-karya yang sudah Anda buat.

Jika Anda memiliki kemampuan bisnis yang baik, maka Anda bisa dengan mudah menjual karya-karya seni yang Anda buat. Dengan begitu omzet dari bisnis dalam bidang seni bisa meningkat pesat.

Pastikan juga untuk memasarkan dan memamerkan galeri seni Anda di sosial media, sehingga banyak orang yang tahu. Sehingga bisa menjaring mereka yang tertarik dengan karya Anda.

Membuat iklan di media sosial juga bisa menjaring target yang lebih tepat. Dengan begitu karya-karya Anda akan dibeli banyak orang. Apalagi jika hasil karya Anda tidak biasa, pasti para pecinta seni akan berburu lukisan Anda berapapun harganya.

Baca juga: Untung Mengalir, Inilah Bisnis Isi Ulang Air Menjanjikan

Penutup

Nah, itulah dia ide bisnis di bidang seni yang bisa menghasilkan omzet yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga artikel yang kami bagikan bisa bermanfaat untuk Anda.

Selain itu, jika Anda suka seni pastikan untuk tidak termakan stigma negatif bahwa seniman tidak akan menghasilkan uang. Anda harus bisa membuktikan bahwa hobi yang Anda geluti akan menghasilkan omzet menjanjikan. Selamat mencoba tips yang kami bagikan.