Cara Sukses Membuat Bimbingan Belajar di Rumah

Bimbingan belajar di rumah kini semakin banyak diminati oleh orang tua karena pembelajaran di sekolah yang cenderung menganggap semua peserta didik berada di level yang sama sehingga perlakuan yang diberikan pun cenderung seragam.

Padahal kecenderungan cara belajar masing-masing anak itu berbeda, ada yang mudah belajar dengan cara menghafal, menulis, atau berupa dialog.

Oleh karena itu bimbingan belajar merupakan bisnis di bidang pendidikan yang menjanjikan untuk dijalankan, karena dibutuhkan oleh banyak orang tua agar anaknya bisa belajar dengan optimal.

Kebutuhan akan bimbingan belajar kini tidak hanya bagi masyarakat perkotaan, seperti tren lima tahun yang lalu, tapi juga dibutuhkan oleh masyarakat di daerah pinggiran bahkan pedesaan.

Mereka kini sudah memiliki kesadaran tentang pentingnya pendidikan untuk masa depan yang lebih baik bagi anak mereka.

Jangan pesimis dulu karena kamu bukan sarjana pendidikan, kemudian merasa tidak mampu untuk membuat bimbingan belajar.

Karena membuat bimbingan belajar bukan hanya tentang mendidik, tapi juga tentang pengelolaan, pemasaran, dan rekrutmen. Semuanya bisa dipelajari asal kamu punya niat dan kesungguhan untuk berproses.

“Separuh dari kesuksesan ditentukan dari kesuksesan perencanaan” begitu adagium yang sering kita dengar, hal ini berlaku juga bagi kamu yang berencana membuat bimbingan belajar.

Konsep dan perencanaan yang matang menentukan bagaimana perjalanan bimbingan belajar dalam menghadapi persaingan. Kami merangkum berbagai hal yang harus kamu rencanakan untuk memenangkan persaingan, yaitu:

1. Target Siswa

Target Siswa

Siapa yang bisa belajar di tempatmu? Apakah siswa SD saja, atau semua level sekolah, atau bahkan siapapun bisa belajar di tempatmu. Ini akan menentukan bagaimana kamu merancang sebuah metode pembelajaran dan melakukan rekrutmen calon pengajar.

Bahasa inggris merupakan mata pelajaran yang cenderung lebih fleksibel dalam menentukan target market karena tidak hanya dibutuhkan oleh siswa sekolah, bahkan anak kuliah atau orang umum yang sudah bekerja sekalipun terkadang dituntut untuk mempunyai pengetahuan dalam bahasa inggris.

Contohnya untuk mendapatkan beasiswa, melanjutkan jenjang pascasarjana, atau tuntutan pekerjaan.

2. Mata Pelajaran

Bimbingan belajar yang efektif biasanya membatasi pada beberapa mata pelajaran, contohnya mata pelajaran yang termasuk ujian nasional, atau bahkan ada yang hanya fokus pada satu bidang seperti bimbingan belajar matematika, bimbingan belajar bahasa inggris, dan sebagainya.

Selama ini kecenderungan mata pelajaran yang banyak diminati di bimbingan belajar adalah yang berkaitan dengan ujian nasional.

Bahkan jika kelak ujian nasional ini dihapus, mata pelajaran tersebut masih akan tetap menjadi pilihan favorit karena diujikan dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

3. Model Kelas

Jika kamu mempunyai staf tenaga pengajar, maka kamu bisa menyediakan dua model kelas yaitu kelas berkelompok dan kelas pribadi (private class).

Untuk kelas pribadi pun biasanya tersedia dua pilihan, yaitu pengajar yang datang ke rumah atau siswa yang datang ke bimbingan belajar. Tentunya dari berbagai model kelas tadi harus dibedakan dari segi pelayanan dan juga harga.

4. Membuat Buku Panduan

Buku panduan belajar diperlukan untuk menunjukkan karakter bimbingan belajar tersebut dan memudahkan pembelajaran bagi siswa.

Bimbingan belajar yang memiliki buku panduan sendiri akan terlihat lebih profesional dibanding dengan yang hanya menggunakan buku sekolah dari siswa tersebut sebagai media belajar.

Meskipun hal ini tidak terlalu diperhatikan jika kamu hidup di lingkungan pedesaan, karena bagi mereka yang penting adalah pendampingan dalam pemahaman materi di sekolah.

5. Menentukan Metode Pengajaran

Menentukan Metode Pengajaran

Buku panduan erat kaitannya dengan metode pengajaran yang digunakan, meski pada praktiknya juga tidak harus kaku dengan metode yang sudah ditentukan.

Setidaknya pengajar memiliki panduan tentang metode belajar yang merupakan karakter dari bimbingan belajar tersebut.

Mengajar adalah seni tentang menyampaikan sebuah materi kepada siswa yang masing-masing memiliki karakter unik.

Sebagai pelaku bisnis bimbingan belajar, kamu harus menentukan karakter dasar dari bimbingan belajarmu yang salah satunya dilihat dari metode dasar pengajaran.

Metode ini wajib digunakan di kelas dan selanjutnya tergantung improvisasi dari pengajar menyesuaikan dengan kebutuhan siswa.

6. Menentukan Nama

Nama, merk, atau brand penting dalam bisnis apapun, hal ini mencerminkan jenis atau karakter bisnis tersebut.

Sebuah bimbingan belajar juga harus diberi nama yang sesuai dengan karakter atau setidaknya mudah diingat oleh konsumen.

Smart, Success, Intensive, adalah beberapa contoh atribut nama yang sering digunakan oleh bimbingan belajar. Meski kamu bebas berkreasi membuat nama seunik mungkin, namun tidak melenceng terlalu jauh dari standar kelaziman.

Saya tidak menyarankan untuk memberi nama bimbingan belajar dengan Maju Makmur, Subur Jaya, atau Harapan Jaya. Hehehe.

7. Membuat Administrasi

Administrasi dalam bimbingan belajar meliputi beberapa hal yaitu tentang formulir pendaftaran, daftar hadir siswa, tabel perkembangan siswa, daftar hadir pengajar, dan pencatatan keuangan.

Administrasi yang rapi merupakan salah satu variabel yang menunjukkan keseriusan kamu mengelola sebuah bisnis.

Banyak pebisnis yang memiliki gagasan besar dan memulainya tanpa memperhatikan administrasi yang baik, hasilnya dia tidak bisa melakukan pemetaan dan analisis tentang perkembangan bisnisnya.

Dari contoh keperluan administrasi diatas, saya menekankan pentingnya tabel perkembangan siswa yaitu berupa tabel yang berisikan informasi tentang perkembangan kemampuan dan pemahaman siswa dalam setiap materi.

Tabel ini diisi oleh pengajar untuk memastikan bahwa siswa mempunyai progress yang baik dari waktu ke waktu, juga sebagai bahan evaluasi apabila ternyata dalam beberapa pertemuan siswa tidak mempunyai progress maka pengajar harus melakukan sesuatu.

Apakah merubah metode mengajar atau menggunakan media pembelajaran lain yang sesuai dengan karakter siswa.

8. Merekrut Pengajar

Untuk mengantisipasi besarnya minat orang tua untuk mendaftarkan anaknya ke lembaga bimbingan belajar mu, ada baiknya kamu merekrut setidaknya satu atau dua orang pengajar yang bisa diambil dari mahasiswa aktif atau yang sudah lulus kuliah.

Akan lebih baik jika kamu merekrut mereka di awal perencanaan sebagai tim pendiri yang juga merumuskan berbagai hal diatas.

Perencanaan akan lebih baik dilakukan oleh tim yang meskipun kecil namun mempunyai semangat yang sama, sehingga akan muncul ide-ide segar yang mempercepat pelaksanaan operasional.

Seandainya kamu memilih untuk merencanakan sendiri, pastikan saat rekruitmen tenaga pengajar kamu memilih orang yang punya keterampilan untuk mengajar dan bisa diajak bekerjasama.

9. Menentukan Harga

Menentukan Harga

Jika kamu punya beberapa macam jenis kelas seperti kelas bersama dan privat, kemudian berjenjang dari SD, SMP, SMA dan umum, maka kamu harus menentukan harga dari masing-masing kelas tersebut.

Kamu juga harus menentukan berapa fee untuk pengajar dalam setiap pertemuan, harga modul, dan fasilitas kebutuhan belajar lainnya. Itu semua akan menentukan seberapa besar harga bimbingan belajarmu.

10. Marketing

Semua bisnis membutuhkan proses pemasaran sebagai ujung tombak, karena sebagus apapun bisnismu jika tidak diketahui oleh orang lain maka tidak akan ada artinya.

Brosur atau pamflet perlu untuk dibuat karena target market bimbingan belajar selain langsung kepada siswa adalah kepada orang tua yang memiliki anak usia sekolah.

Boleh jadi sebagian dari mereka tidak mempunyai gawai sehingga pemasaran secara offline dirasa akan lebih efektif.

Itulah beberapa cara membuat bimbingan belajar di rumah. 10 tahap perencanaan di atas merupakan parameter apakah kamu bisa sukses dalam membuat bimbingan belajar, meskipun kamu lakukan secara sederhana di rumah namun perencanaan tidak bisa dianggap mudah begitu saja.

Setidaknya kamu punya bayangan ideal dalam proses perencanaan meski dalam beberapa hal akan mengalami penyederhanaan sesuai dengan kondisi daerah tinggalmu.

Tunggu apalagi segeralah eksekusi jika memang kalian tertarik untuk mendirikan bimbingan belajar di rumah. Semoga sukses!

Baca juga: Tips Jitu Menjadi Copywriter Handal, Ini Dia