Ini Dia, Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Instagram

Saat ini platform sosial media, Instagram adalah salah satu tempat bisnis yang menggiurkan. Banyak orang yang membuka bisnis apapun melalui Instagram.

Dengan pelanggan-pelanggan yang tidak sedikit. Mereka terus mengikuti perkembangan sebuah akun jualan dan ikut berkomentar pada setiap postingan akun tersebut.

Hal tersebut mungkin menjadi pertanyaan bagi Anda juga, bagaimana meningkatkan loyalitas pelanggan melalui Instagram. Karena tidak sedikit online shop yang memiliki milyaran pengikut, sehingga omzet mereka bisa mencapai ratusan juta setiap bulannya.

Anda yang baru belajar bisnis pasti masih kebingungan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di sosial media terbesar seperti Instagram. Maka kali ini kami akan bagikan tipsnya untuk Anda.

1. Tidak Menggunakan Terlalu Banyak Fitur Efek

Jika Anda menjual sebuah produk di Instagram, pastikan tidak menggunakan terlalu banyak efek sehingga menghilangkan keaslian warna dari produk tersebut. Apalagi jika produk yang dijual adalah pakaian. Warna pakaian yang berbeda dengan warna aslinya akan membuat pelanggan kebingungan dan kecewa.

Penggunaan filter di Instagram memang sangat bagus, tetapi jika Anda jualan baju atau hal-hal yang berhubungan dengan pentingnya warna pada sebuah produk itu akan sangat mengganggu. Begitupun juga dengan produk berupa makanan.

Efek yang berlebihan akan membuat produk makanan yang Anda jual menjadi aneh. Apalagi efek-efek yang berpengaruh besar terhadap warna sebuah produk.

Pastikan foto-foto dari produk yang Anda jual menggunakan warna asli, sehingga pelanggan bisa melihat warna produk yang sebenarnya.

Apalagi untuk barang-barang yang berbahan kain, biasanya pelanggan akan melihat warna apa yang cocok dengan kulit mereka. Sehingga penentuan warna yang sesuai sangatlah penting.

Baca juga: 10 Langkah Sederhana Membuat Bisnis Plan

2. Buat Brand yang Mudah Diingat

Brand menarik

Jika Anda berbisnis pastikan untuk menggunakan brand yang simple dan mudah diingat. Brand adalah hal yang penting dalam membuat sebuah bisnis sehingga nama tersebut harus bisa menjual. Karena ketika sebuah brand sudah punya pelanggan tetap, maka brand tersebut akan terus dipercaya sampai kapanpun selama reputasinya bagus.

Selain itu, ketika menggunakan Instagram, pastikan nama brand tersebut sama dengan nama akun yang digunakan. Jadi sebaiknya tidak menggunakan akun pribadi untuk urusan bisnis.

Karena jika nama brand Anda punya banyak followers, maka kesempatan bagi Anda untuk terus mempertahankan bisnis menggunakan akun tersebut.

3. Unggah Konten Pembuatan Produk

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan melalui Instagram salah satunya juga dengan memposting cara pembuatan produk. Proses pembuatan produk bisa dilakukan dengan membuat video teaser singkat yang menyajikan cuplikan bahwa produk yang Anda buat benar-benar dilakukan dengan proses yang baik.

Apalagi jika produk yang Anda jual adalah produk makanan. Pelanggan akan sangat puas jika ternyata proses pembuatan produk yang Anda jual dilakukan dengan cara yang higienis. Sehingga pelanggan lain pun akan merasa penasaran dengan produk yang Anda jual.

Dengan menampilkan cuplikan pembuatan produk, tentu pelanggan akan tahu bahwa produk yang Anda jual adalah produk yang mengutamakan kualitas dan pelayanan. Dan juga untuk video cuplikan pembuatan produk, pastikan dibuat dengan perencanaan yang matang dan pastinya menarik.

4. Tunjukan Cara Menggunakan Produk

Menunjukan cara menggunakan produk, juga merupakan cara meningkatkan loyalitas pelanggan melalui Instagram yang harus dilakukan sebuah online shop. Hal ini sangat wajib dilakukan apapun produk yang Anda jual.

Misalnya jika Anda menjual pakaian, Anda bisa memberikan contoh padu padan pakaian yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Sehingga pelanggan yang memiliki ketertarikan fashion yang seperti itu, bisa tertarik dan membeli produk Anda.

Atau bahkan bisa juga menjaring mereka yang tidak bisa padu padan pakaian. Sehingga mereka bisa mendapatkan inspirasi baru gaya berpakaian yang sesuai dengan bentuk baju yang Anda jual.

Jika Anda jual makanan, Anda juga bisa menunjukan cara makan dengan lezat produk yang Anda jual. Misalnya Anda bisa menunjukan jika memakan produk tersebut pada pagi hari akan lebih nikmat jika didampingi dengan minuman hangat. Atau makanan tersebut akan lebih lezat jika didingingkan dulu di lemari pendingin. Dan lain sebagainya.

Dengan begitu mereka akan tahu cara menggunakan produk yang Anda jual. Sehingga, mereka akan sangat tertarik dengan produk tersebut.

5. Beritahu Lokasi Toko Offline

Lokasi

Selanjutnya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan melalui Instagram adalah dengan memberitahu mereka lokasi toko offline. Unggah kegiatan sehari-hari di toko Anda, dan beritahu juga mereka alamat lengkap toko Anda. Sehingga mereka yang dekat bisa datang langsung ke toko.

Cara ini adalah cara efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Karena dengan Anda menunjukan toko offline, mereka akan semakin yakin kalau Anda benar-benar menjual produk yang dipajang di Instagram.

Selain itu, jika menjual barang seperti pakaian, mereka yang tidak puas melihat foto-foto produk bisa Anda minta untuk datang langsung ke toko. Sehingga proses transaksi bisa lebih mudah dilakukan.

6. Buatlah Iklan

Bisnis online tidak bisa langsung memiliki banyak pelanggan. Untuk bisa menjual produk lebih banyak butuh yang namanya iklan.

Jika Anda melihat sebuah produk online shop yang memiliki ratusan ribu pengikut, tentu Anda merasa heran bagaimana cara mereka mendapatkan banyak sekali pelanggan dengan sasaran yang tepat.

Tentu jawabannya adalah dengan iklan. Anda bisa manfaatkan iklan yang disediakan di Instagram dengan mengatur target yang tepat. Target penjualan yang tepat akan meningkatkan loyalitas pelanggan melalui Instagram.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan endorse produk kepada selebgram. Cara ini memang terbilang cukup efektif, apalagi jika selebgram yang Anda endorse adalah mereka yang memiliki pengaruh yang cukup besar.

Apapun produknya biasanya mereka terima, asalkan produk tersebut memang jelas manfaat dan kualitasnya.

Cara beriklan seperti itu akan meningkatkan pelanggan dan followers dengan tepat sasaran. Sehingga, loyalitas mereka akan terjamin dan omzet Anda akan semakin naik setiap bulannya.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Jajanan Berbahan Mie Instan

7. Buat Event Giveaway

Giveaway selain bisa menjaring banyak followers juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan melalui Instagram. Mungkin Anda sering bertanya-tanya kenapa akun-akun online shop di Instagram sering mengadakan giveaway. Jawabannya tidak lain agar bisa menjaring followers dan pelanggan yang loyal.

Anda bisa membuat giveaway dengan meminta followers Anda mention orang-orang terdekat mereka. Sehingga mereka akan tertarik juga ikut giveaway yang Anda adakan dan pastinya mereka juga akan follow akun Anda jika mereka tertarik dengan produk yang Anda jual.

Giveaway adalah cara yang paling umum dilakukan para pemilik online shop. Biasanya giveaway yang diberikan berupa produk terbaru dari toko tersebut. Apalagi jika brand toko Anda sudah memiliki nama, tentu giveaway adalah hal yang paling ditunggu para followers.

8. Berikan Konten Humor, Q&A, dan Lainnya

Konten Humor

Agar pelanggan tidak bosan, Anda tidak harus setiap hari posting produk sehingga mereka bosan. Unggah juga konten humor yang bisa membuat mereka tergelitik dan merasa terhibur dengan konten yang Anda buat. Atau bisa membuat sebuah pertanyaan dengan memanfaatkan fitur dalam Instagram.

Dengan membuat konten-konten yang memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan Anda, maka secara tidak langsung Anda juga bisa mendapatkan engage lebih banyak. Biasanya story Instagram sebuah akun akan mungkin sering tampil di beranda seseorang yang sering berinteraksi dengan akun tersebut.

Itu harusnya dijadikan kesempatan untuk Anda berinteraksi lebih banyak dengan pelanggan. Atau Anda bisa memanfaatkan live Instagram agar bisa lebih dekat dengan pelanggan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari mereka. Cara ini tentu saja akan meningkatkan loyalitas pelanggan.

9. Menggunakan Hashtag

Hashtag adalah hal penting saat unggah produk di Instagram. Jika akun Anda baru, maka Anda bisa dengan mudah menambah followers dengan menggunakan hashtag.

Atau jika akun bisnis Anda ternyata sudah punya banyak followers Anda bisa gunakan hashtag khusus untuk produk-produk Anda.

Hashtag juga bisa digunakan untuk testimoni produk, atau orang-orang yang menggunakan produk Anda. Misalnya Anda bisa gunakan hashtag #LadyofNama Brand Anda. Itu bisa membuat memudahkan orang-orang mencari testimoni produk yang sudah terjual.

10. Biarkan Followers Mengenal Orang yang Berada di Balik Brand Anda

Salah satu cara yang akan meningkatkan loyalitas pelanggan melalui Instagram adalah dengan mengenalkan orang-orang dibalik brand Anda. Anda bisa mengenalkan mereka dengan cara yang seru, misalnya mereka yang suka ambil foto adalah orang yang humoris. Anda bisa posting foto behind scene lucu dari orang tersebut.

Atau si perancang busana yang sangat perfeksionis dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa membuat bisnis Anda semakin dipercaya oleh konsumen dan mereka bisa tertarik dengan produk yang Anda jual jika testimoni yang diberikan pelanggan sebelumnya memuaskan.

11. Berikan Reward untuk Pelanggan Setia

Hadiah

Agar pelanggan setia Anda tetap loyal dengan produk yang Anda jual, berikan mereka reward kejutan yang membuat mereka menjadi semakin senang dengan brand Anda dan produk yang Anda jual. Reward bisa berupa produk ataupun hal lain yang akan membuat mereka semakin loyal dengan brand Anda.

Dengan memberikan reward maka pelanggan akan semakin merasa bahwa mereka dekat dan dihargai. Dengan begitu mereka akan enggan untuk berpindah ke produk lain. Ibaratnya pelanggan adalah raja, maka Anda harus terus membuat mereka terkesan dengan segala hal yang Anda lakukan.

Reward juga bisa diberikan kepada mereka yang misalnya memberikan review bagus, atau mereka yang memberikan saran bagus terhadap produk yang dijual.

Selain bisa meningkatkan kesetiaan pelanggan, hal tersebut juga bisa membuat produk yang Anda jual semakin berkualitas. Jadi manfaatkan keterlibatan konsumen dengan produk-produk yang akan dijual. Karena dengan cara tersebut mereka bisa lebih loyal dengan akun Anda.

Baca juga: Ingin Uang Tambahan? Berikut Tips Menjalankan Bisnis Sampingan

Penutup

Itulah tips meningkatkan loyalitas pelanggan melalui Instagram yang bisa kami bagikan untuk Anda. Dengan cara tersebut di atas, Anda tidak akan pernah kehilangan pelanggan setia.

Dan juga tidak akan mengecewakan mereka. Dengan interaksi yang baik antara produsen dan konsumen, tentu kualitas dari produk bisa terus dijaga dan pelanggan akan terus merasa puas dengan produk-produk yang mereka beli.

Selamat mencoba tips dari kami semoga bermanfaat dan bisa Anda praktekan untuk toko online Anda. Jangan lupa ikuti tips-tips bisnis dari kami selanjutnya.