Cara Menghasilkan Uang dari Instagram, Ini Dia

Instagram adalah salah satu jalan favorit untuk mendapatkan penghasilan di saat ini. Semua orang bisa melakukannya. Syaratnya sederhana sekali, punya smartphone dan kuota internet. Sayang sekali kalau anda seorang gadget freak atau internet freak tapi hanya memanfaatkan Internet untuk sekedar bersenang-senang atau stalking mantan saja.

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba membahas bagaimana cara-cara menghasilkan uang dari Instagram. Ada beberapa cara yang nyaris bisa kalian lakukan tanpa modal, cukup dengan ketekunan dan meluangkan waktu untuk mengelola akun instagram mu, membuat postingan yang menarik, dan mencoba untuk melakukan engagement dengan followers atau akun orang lain yang memiliki ketertarikan dengan akunmu.

Dengan melakukan hal ini merupakan salah satu cara gampang dapat mendulang banyak uang dari dunia internet.

Berikut adalah 6 cara menghasilkan uang dari Instagram :

1. Berjualan Online di Instagram

Berjualan Online di Instagram

Ada banyak sekali akun Instagram yang dibuat khusus untuk berjualan di Instagram. Kini hampir semua produk dan jasa dijual melalui instagram untuk menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Kamu bisa menemukan apa saja di Instagram seperti produk minuman, rokok, kosmetik, jasa kursus, klinik kecantikan, parfum, makanan cepat saji, bahkan hingga properti rumah atau apartemen.

Mereka yang tidak punya produk sendiri, biasanya berjualan dengan sistem dropship atau reseller dari toko online lain. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak bisa berjualan online di Instagram. Media promosinya sudah ada dan produk yang mau dijual pun sudah ada.

Kamu bisa menjual barang apa saja di postingan Instagrammu, tapi akan lebih baik jika kamu menjual barang yang berhubungan dengan dirimu. Misalnya kosmetik dan pakaian wanita akan lebih menarik perhatian apabila dijual oleh perempuan, rokok elektrik dan segala aksesorisnya akan lebih relate jika diposting oleh laki-laki. Ini bukan bias gender, tapi bagaimana agar orang-orang lebih yakin pada produk yang kamu jual.

Jangan khawatir, banyak juga produk atau jasa yang sifatnya netral dan tidak mengandung bias gender seperti aksesoris smartphone, ebook atau audio book, jasa kursus keterampilan, atau konsultasi pembuatan skripsi. 

2. Membuka Jasa Paid Promote

Sekilas jasa paid promote ini mirip dengan dropship atau reseller produk dari penjual lain, namun ini lebih sederhana karena postinganmu hanya akan berbicara tentang produk yang dijual oleh akun @xyz misalnya dan kamu menyarankan pembaca untuk langsung menghubungi akun tersebut. Jadi kamu tidak perlu melakukan proses transaksi dan pengiriman barang.

Jasa paid promote ini akan efektif apabila kamu mempunyai banyak followers, 50k misalnya. Maka kamu bisa dengan mudah mematok harga untuk satu kali posting kepada calon pengguna jasa. Belakangan jasa paid promote ini dilakukan secara terorganisir oleh satu akun yang terhubung dengan puluhan akun lain. Puluhan akun ini ada yang merupakan akun personal dari orang – orang yang memang sengaja diorganisir untuk bisnis paid promote, atau akun yang sengaja “diternak” oleh beberapa orang saja.

Baca: Ide Bisnis di Internet yang Bikin Cuan, Apa Saja?

3. Beternak akun Instagram

Beternak akun Instagram

Beternak akun seperti yang kita bahas di atas merupakan ladang bisnis bagi orang yang jeli melihat peluang, dengan mengelola banyak akun dengan konten yang berbeda – beda sehingga mampu menarik banyak followers yang kita tahu punya beragam ketertarikan. Konten yang cenderung menarik banyak followers adalah seperti konten komedi, meme, dan gosip selebritas. Kalau ingin sedikit lebih serius kamu juga bisa membuat akun tentang berita olahraga, sinopsis film atau kumpulan bait puisi.

Meski tidak menutup kemungkinan bahwa konten serius seperti politik dan ekonomi juga mempunyai ceruk peminatnya tersendiri, namun kamu harus lebih serius untuk membaca berbagai sumber apabila ingin mengambil dua tema tersebut. Kami tidak menyarankan untuk beternak akun yang mengandung unsur pornografi atau yang berisikan koleksi foto perempuan cantik, meski diakui ini bisa dengan cepat menarik banyak followers tapi secara etika dan moral ini bukanlah hal yang baik.

4. Menjadi Influencer

Membangun image sebagai seorang influencer bukan hal yang mudah namun juga tidak mustahil, yang harus kamu lakukan adalah menjadi dirimu sendiri dan mencoba untuk memposting hal positif setiap hari. Tentukan dulu apa yang menjadi passionmu dan mencoba untuk berbagi dengan banyak orang melalui foto atau video singkat di Instagram.

Dari situ kamu akan merasakan bahwa berbagi dan memberikan motivasi bagi banyak orang adalah suatu hal yang menyenangkan, jangan lupa bahwa kamu harus komunikatif dengan followersmu, sempatkan untuk membalas satu demi satu komentar atau pertanyaan. Apabila ada komentar dengan nada negatif, sebaiknya kamu respon dengan santai dan ucapkan terimakasih bahwa dia telah mengingatkanmu.

Sesekali kamu juga memposting sesuatu yang sedang trending atau mengikuti momen tertentu. Seperti kampanye #dirumahsaja atau #rajincucitangan yang hari ini menjadi himbauan bagai masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Jika berbagai hal diatas rutin untuk dilakukan maka followers mu akan terus meningkat dan peluang kamu untuk mendapatkan penawaran mengiklankan sebuah produk akan semakin besar dan tentunya dengan harga yang tinggi karena kamu mempunyai followers aktif yang melimpah.

5. Berjualan foto di Instagram

Jangan sia-siakan kemampuan fotografimu, kamu bisa mendapatkan uang dengan menjual foto – foto melalui Instagram. Cukup sertakan dalam caption bahwa kamu menerima penawaran untuk orang yang berminat membeli fotomu dan kemudian dikirimkan file ukuran asli melalu email.

Biasanya foto yang banyak diminati adalah tentang pemandangan alam, budaya, atau bahkan kehidupan urban sehari-hari. Berbagai hal tersebut mempunyai peminatnya sendiri-sendiri, tergantung dari tujuan pembeli ada yang untuk dikoleksi, sebagai background majalah, undangan atau kalender.

Jangan lupa untuk memberi watermark pada setiap foto yang kamu posting di Instagram untuk menghindari pencurian foto dan dijual oleh pihak lain dengan harga yang lebih mahal.

6. Jasa like, comment dan follow

Jika ada banyak orang ingin menjadi Selebgram atau Influencer dalam waktu cepat adalah dia harus punya banyak followers dan setiap postingannya di like dan di comment oleh ribuan orang. Hal ini membuat sebagian orang berfikir untuk membuka jasa menambah jumlah followers, like dan comment agar bisa meningkatkan traffic dan engagement orang yang ingin menjadi Selebgram.

Sebagai pemula, kamu bisa menawarkan diri pada akun penyedia jasa tersebut untuk menjadi membernya. Kemudian kamu akan diberi SOP tentang akun mana saja yang membutuhkan jasamu untuk memberikan komentar atau hanya sekedar like. Ini merupakan langkah awal yang bagus agar kamu tahu bagaimana pola kerja bisnis dalam dunia Instagram.

Menghasilkan uang dari Instagram boleh dibilang gampang-gampang sulit. Meskipun hanya kelihatan seperti bermain, ada ketekunan dan kegigihan yang harus dibayar.

Silakan praktikkan cara-cara di atas sesuai dengan keahlian dan kondisi Anda. Coba satu cara dulu, bila sudah berhasil baru beralih ke cara lain. Jangan menjadi kutu loncat yang sibuk mencoba berbagai cara sehingga membuang waktu secara percuma.

Fokus itu penting!

Saya tekankan juga bahwa memiliki akun Instagram dengan jumlah followers besar itu penting lho. Banyak hal-hal menarik yang bisa anda lakukan dengan dengan akun tersebut.

Dengan demikian kita bisa mendapatkan kesuksesan hanya dengan memaksimalkan akun instagram yang kita punya. Jenis pekerjaan sampingan ini cocok bagi wanita karir yang ingin mendapatkan tambahan uang guna terbebas dari sisi finansial.