Bagaimana Mendapat Uang Lewat Blog? Begini Caranya

Blog adalah istilah yang sudah lama dikenal di dunia maya sebagai media untuk membagikan informasi, jauh sebelum dikenalnya Youtube, Instagram, dan Twitter. Basis informasi utama dari blog adalah berupa teks dan gambar, meskipun kini banyak blog yang juga menyertakan video singkat sebagai penguat informasi.

Di era merebaknya sosial media yang membagikan informasi, sebagian orang masih lebih suka mengakses informasi melalui blog dengan alasan efisiensi data atau penjelasan yang bisa dibaca berulang kali agar kita bisa lebih jelas dalam memahaminya. Ini berarti kesempatan untuk menjadi blogger masih sangat terbuka bagi kamu yang baru akan memulainya.

Kemudian kamu berpikir untuk segera mendaftar di blogspot atau wordpress bahkan ingin segera membeli domain dan hosting sendiri. Saya bilang tahan dulu, ada hal yang lebih penting dari itu. Ini bukan tentang meragukan kemampuan menulismu, tapi kamu harus tentukan dulu fokus tema dari blog kamu.

1. Menentukan Tema Blog

Menentukan Tema Blog

“Kenapa harus menentukan tema? Bukankah akan lebih baik memuat semua informasi di satu blog, jadi orang tidak perlu berpindah ke blog lain untuk mendapatkan yang dia inginkan.”

Saya tidak menyarankan blog yang kamu buat akan menjadi portal berita seperti detik.com atau tribunnews.com. karena website tersebut mempunyai banyak wartawan yang fokus pada masing-masing bidang. Bahkan jika kamu berencana mengisi blog ini dengan beberapa kawanmu, saya sarankan untuk fokus pada satu tema besar sebagai cara untuk membangun brand dari blog itu sendiri.

Jika kamu mempunyai keahlian pada bidang pemrograman, maka baiknya blog yang kamu bangun berisi tentang beragam bahasa pemrograman, tips dan trik membuat program dengan tingkat kesulitan sederhana, medium, dan advance. Kamu juga bisa menyertakan link berbagai aplikasi pemrograman gratis, ini akan lebih disukai oleh pembaca.

Jika kamu suka mengunjungi kafe dan restoran, kamu bisa mulai menulis tentang tempat yang kamu kunjungi, suasana tempatnya, contoh makanannya. Ini akan bermanfaat bagi seseorang yang berkunjung ke kota tersebut dan bingung mencari tempat makan atau nongkrong.

2. Mulailah Mendaftar

Tema sudah di genggaman, selanjutnya kamu bisa memilih platform apa yang ingin kamu gunakan untuk membuat blog. Blogspot dan WordPress masih menjadi primadona bagi blogger pemula karena mereka banyak menyediakan template gratis yang sederhana namun manis.

WordPress lebih mempunyai kelebihan dengan menyediakan banyak fitur, tema, dan plugin yang mudah untuk di custom. Banyak sekali website yang membahas tentang customisasi halaman wordpress, kamu tinggal pilih mana yang kamu suka.

Agar kamu terlihat lebih profesional dan nantinya bisa lebih dideteksi oleh pencarian google, akan lebih baik jika kamu menggunakan nama domain dan hosting profesional. Sekarang ada banyak sekali jasa penyedia domain dan hosting hanya dengan ratusan ribu, contohnya adalah webdot.id. 

3. Mengatur Tampilan Blog

Mengatur Tampilan Blog

Tampilan blog merupakan first impression bagi pengunjung agar nyaman dalam membaca. Tampilan blog juga harus disesuaikan dengan tema blog, jika kamu mengulas tentang aneka resep masakan maka warna blog sebaiknya yang cerah dan bernuansa ceria. Gunakan saja tampilan yang sederhana karena dimungkinkan pengunjungmu adalah ibu rumah tangga atau gadis muda yang ingin belajar memasak.

Inti dari sebuah tampilan blog adalah user friendly, banyak orang menghias blognya dengan pernak pernik yang malah membuat tampilannya jadi tidak nyaman untuk banyak pembaca. Ada beberapa parameter agar sebuah blog bisa dibilang user friendly yaitu :

• Memiliki compability atau kecocokan dengan handphone maupun browser.

Sekarang ini banyak sekali kalangan masyarakat yang mengakses internet untuk mencari informasi-informasi up to date melalui handphone atau perangkat mobile mereka. Oleh sebab itu website atau blog yang kita buat haruslah memiliki kecocokan untuk bisa dibuka melalui browser di handphone atau istilah lainnya yang sudah dikenal adalah Mobile Friendly. Untuk mengetahui apakah website Kamu sudah mobile friendly cukup mudah. Tinggal buka saja website Kamu via aplikasi browser di handphone dan lihat tampilan atau design website Kamu.

• Dapat diakses oleh banyak user.

• Memiliki struktur informasi yang jelas.

• Konten website yang rapi.

Konten website yang rapi harus ada di setiap website atau blog yang user friendly. Jangan harap Kamu akan mendapatkan banyak traffic jika konten dalam website Kamu berantakan dan tidak up to date. Usahakan agar Kamu mengatur konten-konten di website atau blog dengan apik serta rapi dan juga jangan lupa untuk mengupdate konten Kamu secara berkala.

• Fast Loading Speed.

Website atau blog denga loading speed yang lama akan ditinggalkan oleh para pengunjung. Banyak pengunjung yang merasa sebal atau kesal ketika menunggu selesainya website loading. Oleh sebab itu buat website / blog Kamu memiliki loading speed yang cukup cepat.

• Navigasi yang simple.

Navigasi yang mudah dan simple merupakan keharusan. Gunakan kode JAVAScript atau HTML pada bagian menu untuk mempermudah para pengakses mendapatkan informasi-informasi penting yang mereka mau. Tampilkan juga pilihan menu dan sub-menu di website Kamu agar semakin mempermudah akses fitur dan konten di website atau blog Kamu.

4. Mulailah Menulis

Kamu harus rutin mengisi blog mu setidaknya sekali dalam satu minggu, ini adalah durasi paling lambat dari sebuah blog. Jika kamu ingin mendapatkan traffic tinggi dalam waktu yang singkat maka blog harus selalu mengupdate tulisan, minimal satu tulisan dam satu hari cukup untuk kamu bisa terus survive di tengah jutaan blog yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pembaca.

Berikanlah informasi yang bermanfaat dengan kalimat yang ringan dan mudah dipahami oleh banyak orang, jangan terlalu sering menggunakan istilah asing yang kurang familiar kecuali jika blog kamu memang fokus pada pembelajaran bahasa asing. Kamu bisa menggunakan bahasa yang santai dan beberapa kalimat yang seolah kamu sedang berkomunikasi secara langsung dengan pembaca. Contohnya :

“Kamu sudah yakin sama tema blog kamu? Kalau kamu sudah yakin langsung aja mendaftar blog di blogspot atau wordpress”

5. Mulailah Mencari Uang Dengan Blog

Mulailah Mencari Uang Dengan Blog

Ada beberapa cara agar blog kamu bisa menghasilkan uang, cara yang paling diketahui orang adalah dengan Google Adsense. Blog dengan traffic yang cukup tinggi adalah modal utama agar diterima dalam mendaftar Google Adsense. Google akan memperhatikan detail isi blog kamu, apakah artikelnya hasil copy paste, berapa jumlah artikel yang dimiliki, seberapa sering blog mengupdate konten, dan seberapa banyak pengunjung harian blog.

Selain Google Adsense ada beberapa cara lain agar kamu bisa menghasilkan uang dari ngeblog yaitu :

• Affiliate Marketing

Afiliasi yang dimaksud dalam dunia blogging adalah menjadikan konten yang kamu tulis untuk mengarahkan pembaca membeli, menggunakan, atau melihat produk yang dijual di situs lain. Jika kamu beruntung dan seseorang mengikuti tautan atau link yang kamu tulis dan melakukan pembelian terhadap tulisan Kamu.

Biasanya, akan ada komisi sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika kamu memiliki pembaca yang setia, besar kemungkinan pembaca blog akan mengikuti rekomendasi yang telah kamu buat.

• Membuat Review Tentang Produk atau Jasa

Kamu bisa menuliskan bagaimana pengalaman kamu menggunakan produk atau jasa tertentu dan meyakinkan kepada pembaca bahwa itu adalah pengalaman terbaik yang pernah kamu miliki. Ini merupakan cara seorang blogger untuk menampilkan iklan secara halus dalam tulisannya, bukan berupa banner iklan di tengah artikel namun keseluruhan artikel adalah iklan itu sendiri.

Apabila kamu belum mempunyai produk atau jasa sendiri, mulailah untuk mengiklankan produk dari kawan dekatmu. Jika ini mampu meningkatkan penjualan produk dari temanmu, kamu bisa menawarkan cara ini pada pemilik usaha lain atau bahkan pada perusahaan ternama.

• Content Placement

Kamu memposting sebuah tulisan yang dibuat oleh pihak pengiklan tanpa kamu harus menulisnya terlebih dahulu. Ini lebih sederhana namun kamu tidak punya intervensi untuk merubah isi tulisan itu apabila tidak sesuai dengan selera atau karakter blogmu.

• Menjadi Content Writer

Beberapa perusahaan lebih suka menggunakan jasa blogger untuk mengisi konten pada website mereka. Mereka berfikir bahwa para blogger lebih menguasai teknik menulis untuk halaman konten yang efektif dan informatif untuk pembaca internet.

Inilah pentingnya membuat tulisan yang berkualitas secara konsisten, siapa tahu kamu dilirik oleh sebuah perusahaan. Jadi kamu tak hanya menjadi bloger namun sekaligus content writer.

Itulah beberapa cara yang bisa ditempuh lewat blog untuk menghasilkan uang, namun yang perlu diingat untuk mendapatkan uang tersebut tidaklah mudah. Bermain blog harus tekun dan sabar karena berkaitan dengan kualitas konten dan tentunya optimasi yang baik dan kesemuanya itu memerlukan waktu untuk dapat mencermati hingga blog kita bisa mendatangkan pundi pundi uang yang kita inginkan. 

Baca juga: Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropshipper, Apa Saja?