Cara Daftar Bansos Tahun 2022 ( Lanjutan )

1. Unduh “Aplikasi Cek Bansos” dari Playstore

Aplikasi ini dapat ditemukan dengan mudah di playstore. Ketik “Aplikasi Cek Bansos” kemudian muncul aplikasi dalam hitungan detik.

Pastikan aplikasi yang terunduh adalah milik Kementerian Sosial, hal ini menghindari banyaknya aplikasi serupa yang ada di playstore.

2. Lakukan Registrasi

Setelah aplikasi terunduh, kalian dapat melakukan registrasi untuk masuk dalam aplikasi. Karena aplikasi ini dapat diakses hanya dengan User ID terverifikasi. Siapkan nomor Kartu Keluarga, NIK, dan KTP, serta email saat melakukan registrasi.

Kalian akan diminta untuk melakukan foto selfie diri dan foto bersama dengan KTP untuk mendapatkan verifikasi dari admin “Aplikasi Cek Bansos”. Setelah itu, kalian akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan melalui email untuk aktivasi akun.

3. Pilih Menu

Kalian akan diarahkan ke menu utama setelah selesai melakukan registrasi, untuk mengecek nama kalian sebagai penerima dana bantuan bansos di menu “Cek Bansos” atau jika kalian ingin mendaftar penerima bantuan pilih “Daftar Usulan”.

Pemilik akun dapat mendaftarkan diri sendiri, anggota keluarga, dan fakir miskin secara langsung. Jika mendaftarkan anggota keluarga, statusnya harus dalam satu Kartu Keluarga.

Kalian perlu memperhatikan Field atau kolom yang diisi dalam menu usulan wajib sesuai dengan data kependudukan karena akan diverikasi langsung di data Dukcapil.

Selanjutnya menu “Pilih Jenis Bansos” hanya muncul jika NIK yang di-input ada dalam data DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Data penerima yang berhasil diusulkan akan memuat nama, NIK, dan status kesesuaian Dukcapil, dan kesesuaian wilayah dengan pengusul dalam kartu keluarga(KK)

4. Masukan Data Pribadi

Setelah memilih menu “Cek Bansos”, kalian akan diminta mengisi alamat asli seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan kelurahan/desa sesuai Kartu Keluarga. Lalu isi nama kalian yang tertera di KTP.