Kendala Modal? Berikut Bisnis Tanpa Modal yang Bisa Dijalankan

Banyak orang ingin memulai bisnis,tetapi tidak sedikit yang kepentok dengan modal hingga akhirnya mandeg. Modal memang merupakan hal yang diperlukan untuk membuka bisnis. Bisnis apapun butuh yang namanya modal, meskipun ada yang membutuhkan modal kecil dan banyak juga yang butuh modal yang besar.

Tetapi apakah ada yang namanya bisnis tanpa modal? Jawabannya banyak. Banyak bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal materi yang banyak. Modal yang Anda butuhkan hanyalah modal skill dan kemauam saja. Bisnis tersebut bisa berjalan asalkan Anda tekun dan memiliki kemauan yang kuat.

Apa saja yang termasuk bisnis yang bisa dimulai tanpa modal? Yuk simak artikel kami, setelah baca artikel ini dijamin Anda tidak akan kebingungan menentukan jenis bisnis apa yang bisa dimulai meskipun Anda tidak punya modal.

1. Agen Properti

properti

Bisnis tanpa modal yang kami rekomendasikan pertama adalah agen properti. Agen properti biasanya bekerja secara online, bisa dikerjakan di rumah dan tentu saja tanpa modal sama sekali. Modal Anda hanya perlu ponsel dan paket data untuk promosi.

Tetapi, tentu saja untuk menjadi agen properti yang bisa bekerja dari rumah, Anda harus mendapatkan kepercayaan dari konsumen terlebih dahulu. Karena jika Anda tidak bisa dipercaya, maka konsumen sulit untuk datang kembali pada Anda.

Jika Anda sudah menjadi agen properti terpercaya, maka pemilik rumah akan datang pada Anda dan menitipkan rumahnya pada Anda untuk diiklankan. Khusus untuk bisnis agen properti, Anda harus memberikan pelayanan yang paling maksimal, sehingga konsumen dan penjual merasa puas dengan kinerja Anda.

Untuk menjadi agen properti Anda hanya harus memaksimalkan iklan via online. Bisa dengan sosial media, atau dengan menggunakan jasa iklan. Kemudian jika sudah terjadi kesepakatan, maka Anda bisa langsung bertransaksi dengan konsumen.

2. Tutor Online

Karena adanya pandemi covid-19, sekolah-sekolah di Indonesia menggelar sekolah online. Banyak sekali guru yang kesulitan dengan cara mengajar online. Hal ini tidak lain karena biasanya guru lebih banyak mengajar di kelas, dan tidak sedikit juga guru yang masih gagap teknologi sehingga tidak bisa memaksimalkan teknologi yang dimiliki saat ini.

Sehingga, inilah kesempatan bagi Anda untuk menjadi tutor online bagi anak-anak yang ingin belajar. Menjadi tutor online tentu saja harus punya skill dalam bidang tertentu. Misalnya Anda punya skill desain grafis, maka Anda bisa membuat tutorial desain grafis berupa konten video, audio, ataupun seminar online.

Anda harus bisa membuat sebuah tutorial yang mudah dipahami dengan bahasa yang membuat orang senang mendengarnya. Ini bisa menjadi kesempatan untuk mereka yang tidak bisa lagi datang ke tempat kursus ataupun sekolah di tengah pandemi covid-19.

Hari ini banyak orang membagikan webinar dengan beragam tema, ada yang berbayar dan ada juga yang tidak berbayar. Sehingga, menjadi tutor online bisa menjadi kesempatan emas untuk Anda yang ingin berbisnis tanpa modal.

Satu modal yang harus Anda miliki untuk menjadi tutor online adalah keahlian atau skill. Anda harus punya skill yang mumpuni untuk terjun di bisnis tutor online. Jika Anda mampu menjadi tutor berkualitas, sudah pasti Anda bisa mengamalkan ilmu sambil mengumpulkan pundi-pundi uang.

3. Bisnis Jasa Pembuatan Website

Website

Zaman sekarang masyarakat sudah mulai melek akan pentingnya mempublikasikan sesuati via website. Website biasanya digunakan untuk mempublikasikan artikel, karya pribadi, informasi perusahaan, jualan online dan lain sebagainya.

Tetapi, tidak sedikit orang yang ingin membuat website tetapi malas untuk menentukan layout yang bagus dan menarik. Sehingga mereka akan lebih memilih jasa membuat website daripada harus repot-repot membuat sendiri.

Jasa pembuatan website menjadi sangat populer belakangan ini. Terutama banyak orang yang ingin membuat profil perusahaan dengan menggunakan website. Tidak sedikit juga pebisnis online yang mulai membuat website sendiri daripada hanya mengandalkan e-commerce yang sudah terkenal.

Jasa pembuatan website sangat banyak dicari, sehingga ini bisa menjadi kesempatan Anda bisnis tanpa modal. Kenapa tanpa modal? Karena membuat website hanya mengandalkan skill pemrogragama yang Anda miliki.

Untuk masalah membeli domain, Anda bisa bekerjasama dengan si pelanggan agar mereka membeli domain terlebih dahulu agar website bisa dijalankan.

Agar tampilan website yang Anda buat lebih menarik, cobalah untuk melihat referensi website lain agar Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi. Dan website yang Anda buat tidak monoton.

4. Vlogger Profesional

Menjadi vlogger adalah impian banyak orang hari ini, bagaiaman tidak, karena menjadi vlogger memang benar-benar bisnis tanpa modal. Anda hanya harus membuat konten dan menguploadnya di Youtube. Nantinya Anda bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah setiap bulannya dari Adsense.

Uang dari vlogger bisa juga didapatkan dari promosi produk. Mungkin Anda sering melihat beauty vlogger yang selalu mereview produk dari brand kecantikan. Selain mereka mendapatkan produk yang dipromosikan, mereka juga bisa mendapatkan fee untuk produk yang diiklankan di vlog mereka. Sehingga, pendapatan vlogger profesional bisa dua kali lipat.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi vlogger profesional pastikan untuk membuat tema vlog yang akan dibuat. Apakah vlog tersebut adalah vlog memasak, vlog kecantikan, vlog jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Penentuan tema vlog sangat penting, karena jika Anda memiliki satu tema vlog maka konten yang Anda buat nantinya akan lebih menarik dan tidak random. Orang akan lebih suka melihat video vlog yang dibuat dengan tema khusus daripada vlog yang dibuat dengan beragam tema.

Baca juga: Inilah Ide Bisnis yang Cocok Buat Mahasiswa

5. Admin Media Sosial

Admin media sosial

Bisnis tanpa modal yang menjanjikan selanjutnya adalah menjadi admin media sosial. Bisnis ini terdengar sederhana namun ternyata tidak sesederhana yang kita bayangkan. Menjadi admin media sosial bisa dilakukan secara full time ataupun freelance.

Hari ini para pebisnis sangat membutuhkan media sosial untuk mempromosikan produk yang mereka miliki. Dan pemilik bisnis biasanya dalam membuat konten tidak dibuat oleh dirinya sendiri.

Apalagi jika bisnis tersebut sudah besar. Setiap postingan yang Anda lihat di media sosial, semuanya dikerjakan oleh pihak ketiga. Alias admin media sosial.

Admin media sosial sangat dibutuhkan oleh pebisnis online, karena mereka bisa membantu membuat konten yang menarik untuk di posting. Sehingga pelanggan bisa tertarik untuk membeli produk mereka.

Admin media sosial biasanya juga bekerja untuk mencari followers di media sosial. Selain itu, admin media sosial juga bertugas berinteraksi dengan followers. Ada juga yang diminta untuk menaikan jumlah kunjungan situs melalui sosial media.

Tentu saja bayaran yang didapatkan dari menjadi pebisnis admin sosial media sangat tinggi. Karena kesulitan pekerjaan yang mereka miliki.

6. Reseller atau Dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper adalah salah satu bisnis tanpa moda yang banyak diminati sekarang ini. Karena jika Anda menjadi reseller, Anda hanya harus promosi sebuah produk milik orang lain kemudian orang tersebut nantinya akan mengirimkan barang kepada konsumen Anda.

Tugas seorang reseller dan drosphipper hanya mengiklankan sebanyak-banyaknya produk yang dijual. Keuntungan bisa didapatkan dari selisih harga yang dijual. Sehingga, jika Anda sudah punya banyak langganan, menjadi reseller ataupun dropshipper bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Untuk menjadi reseller atau dropshipper Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, antara lain Anda tidak perlu memikirkan konsep bisnis, juga tidak harus repot mencari produk yang akan dijual. Anda juga tidak perlu takut rugi, karena Anda bisa membeli produk kepada penjual utama saat memesan.

Tetapi, pastikan produk yang Anda jual adalah produk dengan kualitas yang bagus. Karena dengan kualitas yang bagus, pelanggan akan puas dengan toko Anda. Sehingga, suatu hari nanti mereka akan kembali ke toko Anda untuk membeli produk yang Anda jual.

7. Penulis Lepas

Penulis lepas

Penulis lepas adalah bisnis tanpa modal yang juga kami rekomendasikan untuk Anda. Hari ini, jasa pembuatan artikel untuk mengisi konten blog sangat banyak dibutuhkan. Terlebih tidak banyak orang bisa menulis artikel untuk konten blog.

Anda yang punya skill menulis dan tulisan Anda enak dibaca, cobalah untuk membuat profil di situs-situs freelance dan sisipkan tulisan yang pernah Anda buat di profil. Sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk para klien nantinya.

Penulis lepas tidak hanya bekerja untuk menulis blog. Anda juga bisa menjadi ghost writer, ghost writer adalah orang yang menulis sebuah buku ataupun artikel, dan nantinya nama yang dicantumkan adalah nama klien. Itulah kenapa penulis seperti ini disebut ghost writer. Penulis ini biasanya dibayar dengan bayaran yang cukup tinggi.

8. Penerjemah

Bisnis tanpa modal selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menjadi penerjemah. Bisnis penerjemah sangat banyak dibutuhkan hari ini. Jika Anda mahir berbahasa Inggris dan bisa membahasakan menjadi bahasa Indonesia yang enak dibaca, maka pekerjaan ini sangat cocok dan sangat banyak.

Terlebih jika Anda mahir dalam berbagai bahasa, maka kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak job juga terbuka lebar. Tetapi kunci utama dari pekerjaan ini adalah bahasa. Maka, untuk bisa menjadi penerjemah, Anda harus mengasah bahasa asing Anda menjadi lebih baik.

9. Jasa Desain Grafis

Desain grafis

Jasa desain grafis sangat banyak dibutuhkan. Perusahaan-perusahaan pun banyak membutuhkan desainer grafis yang mumpuni dan memiliki desain yang fresh dan tidak biasa.

Jika Anda masih pemula, Anda bisa terus berlarih agar portofolio Anda semakin bagus. Bisnis ini bisa Anda lakukan dari rumah. Dengan bayaran yang sangat mahal, apalagi jika Anda adalah desainer grafis profesional.

Untuk mencari lowongan desain grafis, Anda bisa mengunjungi situs-situs penyedia freelance. Anda bisa mendapatkan job dari dalam ataupun luar negeri. Dan tentu saja, jika Anda mendapatkan job dari luar negeri, bayaran akan semakin mahal karena menggunakna dolar.

10. Jasa Fotografi.

Tidak semua orang memiliki keahlian mengambil foto yang bagus. Perlu banyak latihan untuk mendapatkan foto menarik dan profesional. Untuk itu, jika Anda punya kemampuan fotografi dan memiliki kamera, Anda bisa membuat bisnis tanpa modal jasa fotografi.

Untuk membuka jasa fotografi, Anda tidak harus menggunakan kamera mahal. Anda bisa memulai dengan menggunakan kamera yang sederhana. Yang penting, Anda tahu teknik-teknik fotografi. Sehingga, jika hasil foto Anda bagus, nantinya bisa dijual.

Anda bisa menjual foto-foto tersebut di situs penyedia foto yang bisa diunduh dengan cara berbayar. Dengan begitu, pundi-pundi uang akan masuk ke rekening Anda. Maka dari itu, latihan pengambilan foto yang bagus sangatlah diperlukan untuk membuka jasa fotografi.

Baca juga: Ide Bisnis Online yang Menjanjikan Tahun 2020

Penutup

Itulah dia bisnis tanpa modal yang bisa Anda coba sendiri. Beberapa bisnis tersebut kami rekomendasikan untuk Anda. Selamat mencoba, semoga bisnis yang Anda jalankan lancar dan mendapatkan untung yang besar.