Blog Bisnis

Peluang Usaha Rental Komputer dan Pengetikan Yang Menjanjikan Cuan

Peluang Usaha Rental Komputer dan Pengetikan Yang Menjanjikan Cuan

Kini hampir semua kantor, sekolah, dan berbagai aspek pekerjaan apapun melakukan aktifitas surat menyurat, berkas, dan semua dokumen dalam bentuk surat yang diketik di komputer dan dicetak dengan rapi di kertas folio atau kuarto. Sehingga hal ini memancing tumbuhnya bisnis rental komputer, pengetikan, dan print dokumen.

Selain prosesnya yang cepat, pengetikan dokumen dengan komputer mudah dan dapat terhindar dari kesalahan pengetikan dengan mudah karena anda tidak perlu mengulang segalanya dari awal.

Namun, tidak sebagian orang memiliki sarana komputer atau bahkan waktu untuk melakukan pengetikan apalagi jika bahan yang harus diketik cukup banyak.

Walaupun kurang familiar, sebenarnya jasa pengetikan ini banyak digunakan oleh perusahaan penerbit ataupun perusahaan iklan. Biasanya jasa ini dapat ditemui di tempat rental komputer atau tempat fotocopy.

Baca juga: Begini! 7 Langkah Memulai Bisnis di Tengah Krisis

Lalu, bagaimana dengan prospek bisnisnya?

Mengenai prospek bisnis jasa rental komputer dan pengetikan ini, Anda tidak perlu khawatir sepi order. Terutama, untuk yang berada di daerah perkotaan dan sekitar kampus bisnis ini pasti akan bisnis ini pasti akan laris manis. Mahasiswa dan pelajar adalah target utama dari bisnis ini.

Sebab, mahasiswa dan pelajar biasanya mendapatkan tugas membuat makalah atau semacamnya (menyelesaikan laporan, skripsi membuat proposal yang harus diketik den ketentuan margin tertentu dari sekolah.

Itulah mengapa bisnis jasa rental komputer dan pengetikan memiliki prospek yang sangat cerah dan tidak pernah ada matinya.

Jika rumahmu strategis di dekat jalan yang ramai, akan lebih mudah untuk kamu melakukan promosi awal bisnis rental komputer. Namun jika tidak, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui agar tetap bisa mendapatkan pelanggan.

Persiapkan Komputer dan Perlengkapannya

Jelas kamu membutuhkan seperangkat alat sholat komputer dan segenap perlengkapannya seperti printer, scanner. Jangan lupa meja dan kursi ya gaess.

Jika memungkinkan, setidaknya kamu punya dua perangkat komputer untuk mengantisipasi antrian pelanggan. Semakin strategis lokasimu, maka akan semakin banyak potensi pelanggan yang datang dan semakin banyak kamu membutuhkan komputer.

Selain itu kamu juga harus membeli kertas kuarto dan folio yang paling banyak digunakan untuk mencetak dokumen, amplop, dan kertas foto.

Karena terkadang selain cetak dokumen, orang juga datang untuk cetak foto, misalnya untuk melamar pekerjaan.

Memahami Komputer

Sebagai pemilik usaha rental komputer, kamu setidaknya harus menguasai aneka permasalahan ringan tentang komputer dimulai dari software dan hardware.

Kita tahu bahwa perlengkapan elektronik harus dirawat dengan baik, beberapa detail kecil pun harus diperhatikan karena seringkali beberapa hal kecil bisa menimbulkan kesalahan fatal dan biaya perbaikannya bisa hampir seharga membeli perangkat baru.

Dengan mengetahui seluk beluk komputer, jika ada kerusakan kecil baik hardware dan software dapat diperbaiki segera tanpa mengeluarkan biaya banyak untuk perbaikan. Jadi tidak perlu membawanya ke jasa service komputer.

Baca juga: Suka Seni? Inilah Ide Bisnis Bidang Seni yang Bisa Menghasilkan Omzet

Lokasi Usaha

Pilihlah lokasi usaha yang strategis. Yang berdekatan dengan area kampus atau sekolah maupun pusat perkantoran. Ada cara mencari lokasi usaha bagi bisnis rental komputer. Sobat bisa menjadikan rumah sebagai lokasi usaha.

Apalagi letak rumah sobat berada di tempat strategis yang banyak dilalui orang dan pelajar serta mahasiswa. Selain itu, anda bisa menyewa lokasi usaha di tempat strategis dengan biaya sewa bulanan atau tahunan.

Namun saran penulis, pada tahap awal usaha rental komputer dan pengetikan sobat tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk sewa tempat. Gunakan saja rumah anda sebagai lokasi usaha.

Kombinasi Usaha

Untuk meningkatkan pendapatan dari bisnis rental komputer, sobat bisa membuka usaha sampingan kombinasi seperti usaha jasa fotocopy, usaha jualan pulsa, usaha berjualan software dan hardware komputer, jual beli komputer baru dan second, jasa perbaikan atau service komputer dan laptop dan lain sebagainya.

Inilah keuntungan membuka usaha rental komputer. Karena ada banyak jenis bisnis turunannya. Kalau anda mengharapkan penghasilan dari bisnis penyewaan komputer maka pendapatan yang diraih sangat terbatas.

Nah, anda bisa memperbanyak penghasilan sobat dari bisnis rental komputer dengan membuka usaha yang masih berkaitan.

Seperti usaha jasa pengetikan, usaha warnet, bisnis online, jasa penulisan artikel di internet, jual beli online, usaha percetakan dan penjilidan, usaha jualan ebook atau alat-alat tulis kantor disingkat ATK dan lain-lain.

Jika anda memutuskan usaha pengetikan sebagai tambahan penghasilan maka sobat hendaknya memastikan naskah yang sudah dipesan untuk dikerjakan dapat dikembalikan dan diselesaikan secara tepat waktu.

Jangan sampai tidak tepat waktu atau mengulur waktu penyelesaian pengetikan. Karena itu mengakibatkan konsumen kecewa. Apabila sudah kecewa maka akan sulit bagi sobat untuk mendapatkan kepercayaan kembali dari konsumen bersangkutan.

Mengenai tips sukses membuka usaha rental komputer adalah menyediakan berbagai jenis layanan dan kombinasi usaha yang menguntungkan.

Dengan demikian kesan usaha rental komputer sobat lengkap tertanam di benak konsumen. Karena tak jarang setelah menyelesaikan tugas sekolah yaitu laporan atau makalah, seorang pelajar dan mahasiswa melakukan fotocopy dokumen tersebut.

Untuk lebih jelasnya, inilah jenis usaha yang masih berkaitan dengan usaha rental komputer antara lain : jasa pengetikan makalah, tugas akhir, dokumen atau laporan maupun skripsi, dll.

Lalu usaha lainnya adalah jasa penerjemahan dokumen, jasa pengolahan data, jasa desain grafis, usaha bimbingan belajar kursus komputer, usaha cetak foto digital kilat, burning cd dan print dokumen atau gambar dan jenis usaha lain sebagainya yang bisa dikembangkan lebih lanjut.

Menentukan Target Konsumen

Hal utama yang sangat mendukung kerberhasilan bisnis rental komputer adalah konsumen yang hendak dibidik. Siapakah target pasar yang hendak sobat bidik dari usaha rental komputer?

Jangan sampai salah sasaran pasar. Misalnya sobat membidik pasar mahasiswa dan kalangan pelajar, maka sobat mesti membuka usaha penyewaan komputer dan jasa pengetikan di sekitar kampus, kost-kostan mahasiswa, sekolah dan lain-lain.

Setelah lokasi usaha tepat langkah selanjutnya adalah memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen.

Seperti memberikan harga yang lebih murah sedikit dari kompetitor di sekitar, melengkapi dengan komputer memori besar dan kecepatan tinggi, melengkapi dengan printer resolusi tingggi hitam dan berwarna, menyediakan scan canggih, selalu ramah dan bersahabat dengan konsumen, dan lain sebagainya.

Jalin pula relasi dengan kalangan pelajar dan mahasiswa untuk mengembangkan bisnis rental komputer sobat. Semakin banyak pelanggan akan semakin menguntungkan bisnis jasa ini.

Baca juga: Untung Mengalir, Inilah Bisnis Isi Ulang Air Menjanjikan

Promosi Usaha Rental Komputer dan Pengetikan

Setelah usaha rental komputer berdiri, langkah berikutnya yang sangat penting adalah bagaimana sobat mempromosikan usaha tersebut agar diketahui banyak orang atau target market.

Untuk media promosi bagi bisnis penyewaan komputer sobat bisa menggunakan berbagai cara. Misalkan membagikan brosur ke daerah sekitar, menawarkan secara langsung kepada pelajar dan mahasiswa, menjalin relasi dengan mahasiswa dan pelajar, membuat reklame, buat spanduk, bikin kartu nama, dll.

Nah itulah peluang bisnis mendirikan rental komputer dan pengetikan, meski kebanyakan dari orang sudah mempunyai komputer sendiri nyatanya bisnis ini masih tetap dibutuhkan di masa sekarang. So jangan ragu untuk memulai bisnis ini.

Exit mobile version