30 Bisnis Modal Kecil Dengan Penghasilan Menjanjikan

Seperti yang diketahui bersama, pengusaha di Indonesia masih sangat sedikit. Dilansir dari beberapa sumber , persentase pengusaha di Indonesia bahkan belum mencapai 2 persen.

Salah satu kendala masih sedikitnya pengusaha di Indonesia adalah terhalangnya modal yang dimiliki. Masih banyak yang beranggapan bahwa untuk memulai bisnis harus memiliki modal yang cukup besar.

Padahal, tidak semua bisnis itu harus dijalankan dengan modal yang besar, masih ada bisnis-bisnis yang bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil.

Bahkan, di era teknologi ini hanya bermodalkan smartphone yang dimiliki beserta koneksi internet, Anda sudah bisa menjalankan bisnis dan bisa meraup keuntungan besar.

Jika Anda masih bingung dengan bisnis apa saja yang memiliki modal kecil namun bisa mendatangkan keuntungan yang besar, berikut ulasannya!

Mengenal Macam-Macam Bisnis Modal Kecil Keuntungan Menjanjikan

1. Bisnis Bubur Ayam

Bisnis Bubur Ayam

Bisnis dengan modal kecil namun bisa mendapatakn penghasilan yang menjanjikan adalah dengan berjualan bubur ayam.

Bubur ayam merupakan salah satu makanan untuk sarapan yang digemari masyarakat Indonesia serta hampir di setiap daerah menyajikan makanan ini ketika pagi hari.

Modal yang harus disiapkan untuk bubur ayam ini berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Berjualan bubur ayam pun tidak perlu dilakukan sepanjang hari karena biasanya sangat diperlukan ketika pagi hari dan ada pula yang menjualnya di malam hari.

Apalagi jika Anda berjualan di kota besar atau komplek yang cukup padat, dijamin bubur ayam tersebut akan terjual dalam jumlah yang cukup banyak.

2. Menjual Gorengan

Menjual Gorengan

Bisnis dengan modal kecil berikutnya adalah bisnis gorengan. Gorengan merupakan salah satu cemilah di Indonesia yang sangat disukai banyak orang karena rasanya yang enak harganya pun sangat terjangkau,

Bahan baku untuk membuat gorengan pun sangat mudah didapatkan dan terbuat dari sayuran yang sangat familiar dikonsumsi banyak orang.

Karena itu, untuk bisa membuka bisnis ini hanya memerlukan modal Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu.

Adapun macam-macam gorengan yang biasanya banyak dicari oleh banyak konsumen adalah tahu isi, bakwan, tempe goreng, pisang goreng, dan lain sebagainya.

Untuk memasarkan gorengan tersebut bisa dilakukan di tempat keramaian atau menitipkannya di toko—toko kelontong maupun di kantin-kantin sekolah.

3. Bisnis Berbagai Macam Keripik

Bisnis Berbagai Macam Keripik

Jika Anda tinggal di dekat pasar tradisional atau perkebunan sayuran maupun buah-buahan, hal tersebut bisa dijadikan peluang berbisnis dengan modal yang keci tetapi sangat menjanjikan.

Pasalnya, dari hasil perkebunan tersebut bisa Anda oleh menjadi keripik dan bisa menitipkannya ke toko oleh-oleh yang ada atau menjualnya langung secara online.

Keripik sayuran dan buah-buahan yang biasanya menjadi favorit, adalah seperti keripik pisang, apel, singkong, talas, nangka, bayam, wortel, jengkol, dan lain sebagainya.

Keripik-keripik di atas juga bisa Anda kreasikan dengan lebih kekinian agar disukai banyak orang terutama anak-anak muda zaman sekarang, seperti menambahkan varian rasa yang disukai oleh mereka.

Modal yang harus dipersiapkan tentunya tidak terlalu besar, yaitu berkisar Rp 1 juta -Rp 1,5 juta.

4. Bisnis Mie Baso

Bisnis Mie Baso

Baso, merupakan salah satu kuliner di Indonesia yang digemari banyak orang baik anak-anak hingga orang tua.

Baso merupakan campuran tepung terigu dan daging sapi yang sudah digiling kemudian dibentuk bulat.

Hampir di setiap kota besar Indonesia, pasti selalu ada yang berjualan mie baso, baik dikedai besar atau hanya menggunakan gerobak saja.

Karenanya, jika Anda masih bingung dengan bisnis kuliner bermodal kecil, maka bisa memulai menjalankan bisnis mie baso tersebut.

Modal yang harus dipersiapkan tentunya tidak terlalu besar, yaitu mulai dari Rp 1 juta- 2 juta tergantung bahan baku yang dipilih beserta konsep tempat yang akan Anda jalankan.

Selain bisa dijalankan di tempat-tempat keramaian, bisnis mie baso ini bia dijalankan dari rumah.

5. Bisnis Catering untuk Anak-Anak Kost

Bisnis Catering untuk Anak-Anak Kost

Apakah Anda memiliki bakat memasak? Jika iya, sayang rasanya bila bakat tersebut hanya dipendam untuk diri sendiri dan tidak dioptimalkan dengan baik.

Berawal dari hobi tersebut, bisa Anda optimalkan untuk membuka jasa catering bagi anak-anak kost.

Tentunya karena untuk anak-anak kost, biaya catering yang diberlakukan tidak terlalu mahal bisa disesuaikan dengan budget yang mereka miliki.

Selain Anda bisa mendapatkan keuntungan, tentunya bisa membantu para anak-anak kost agar tetap bisa mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi.

Karena menunya menyesuaikan dengan budget-budget anak kost, tentunya modal yang harus dipersiapkan pun tidak terlalu besar.

Bisnis ini belum banyak yang melakukannya, maka dari itu bisa menjadi peluang emas bagi Anda untuk mengembangkan bisnis tersebut lebih baik.

Apalagi, jika Anda tinggal di dekat lingkungan anak-anak kost atau di wilayah kampus yang pastinya banyak mahasiswa yang kost di tempat tersebut.

6. Bisnis Menjual Sayuran dan Buah-Buahan

Bisnis Menjual Sayuran dan Buah-Buahan

Bisnis berikutnya yang bisa Anda jalankan dengan modal kecil adalah dengan berbisnis sayuran dan buah-buahan.

Bisnis ini pun tidak harus dijalankan sepanjang waktu, karena biasanya akan laku diburu saat dipagi hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 10.00.

Untuk menjalankan usaha ini, selain harus membeli di pasar langsung juga bisa menghubungi petaninya agar bisa mendapatkan harga yang murah.

Bisnis ini bisa dijalankan di tempat manapun terutama di kota-kota besar.

Caranya juga lebih kekinian dimana Anda bisa mengandalkan media sosial untuk memasarkan sayuran dan buah-buahan secara online.

Tentunya, wilayah yang bisa Anda jangkau nanti tetap harus dalam satu kota dan bisa memanfaatkan jasa ojek online untuk mengantarkannya.

7. Bisnis Warung Kopi dan Indomie Sederhana

 Bisnis Warung Kopi dan Indomie Sederhana

Kopi dan indomie adalah kuliner yang sama-sama digemari oleh warga Indonesia karena harganya murah juga tempatnya biasanya sangat merakyat.

Bisnis tersebut bisa dijalankan di rumah atau di tempat lain yang menurut Anda cukup strategis. Tentu saja jika Anda memilih berbisnis di rumah, modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak, yaitu berkisar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

Walaupun modalnya kecil, peminat terhadap bisnis ini lumayan banyak sehingga sangat berpotensi mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Agar lebih terasa kelezatan dan kenikmatan dari kopi dan indomie tersebut, alangkah lebih baik untuk membuka warung tersebut saat sore hingga malam hari.

Biasanya orang-orang yang datang adalah para pekerja ataupun bapak-bapak yang ada di wilayah tersebut.

Jika ingin mendatangkan customer anak-anak muda, alangkah baiknya untuk menambahkan menu lain yang sesuai dengan selera mereka, yaitu bisa berupa kopi kekinian, kentang sosis goreng, roti bakar berbagai topping, dan lain sebagainya.

8. Bisnis Budidaya Lele

Bisnis Budidaya Lele

Bisnis berikutnya yang bisa dijalankan dengan modal kecil adalah bisnis budidaya lele. Bisnis lele ini sangat disarankan untuk Anda jalani, terlebih ketika memiliki lahan yang mumpuni dan cukup luas.

Dengan menjalankan bisnis ini, Anda akan mendapatkan double keuntungan, yaitu menjual atau menjadi supplier lele pada restoran atau rumah-rumah.

Atau membuka warung pecel lele sendiri, dimana Anda tidak perlu membeli bahan baku lelenya.

Perlu diketahui, untuk budidaya lele sendiri tergolong mudah karena lele bukan jenis ikan yang ‘’ribet’’ untuk diurus.

Lele ini bisa bertahan walaupun ada di lahan yang sempit serta tahan terhadap cuaca dan keadaan.

Walaupun begitu, harus tetap penuhi kebutuhan nutrisinya dengan memberikan makanan yang layak seperti pelet, cacing sutera, obat-obatan untuk lele dan lain sebagainya.

9. Bisnis Frozen Food

Bisnis Frozen Food

Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini adalah ingin serba praktis dan canggih. Bukan hanya soal teknologi saja, melainkan juga soal pengolahan makanan yang ingin serba praktis dan instan.

Selain mie instan yang telah hadir terlebih dahulu memenuhi kebutuhan makanan setiap orang dengan praktis.

Saat ini juga banyak tersedia perusahaan-perusahaan makanan yang memproduksi makanan praktis dan instan lainnya atau biasa disebut dengan frozen food, seperti kentang goreng, sosis, spicy wing, nuggets, daging asap, soimay, dimsum, suki, dan lain sebagainya.

Frozen food ini merupakan makanan yang sangat praktis terlebih untuk Anda yang tidak sempat memasak di tengah kesibukan.

Selain itu, bisa disimpan beberapa bulan sesuai dengan kadaluarsa yang tertera dalam kemasannya.

Nah, bisnis ini pun bisa dipasarkan secara online dan menjangkau wilayah cukup luas yang biasanya tahan lama untuk disimpan di luar.

10. Bisnis Produk-Produk Herbal

Bisnis Produk-Produk Herbal

Seiring dengan bertambahnya kesadaran masyarakat tentang hidup sehat, banyak orang yang kembali mengkonsumsi produk-produk herbal.

Produk herbal yang biasa dikonsumsi pun diantaranya adalah madu, kurma, sari kurma, habbatusauda, serbuk jahe, dan lain sebagainya.

Tentunya dengan semakin banyak orang yang sadar akan hal tersebut, maka sangat berpelaung untuk membuka bisnis produk-porduk herbal.

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis ini, tentunya bisa dijalankan dengan modal kecil. Selain itu, sangat mudah untuk memasarkan produk herbal tersebut yaitu bisa menggunakan media sosial untuk mengoptimalisasi penjualan Anda.

11. Bisnis Jasa Menjahit

Usaha Rumahan yang Cocok Bagi Pemula

Bagi Anda yang memiliki hobi dalam hal jahit menjahit, tidak ada salahnya mengubah hobi tersebut menjadi penghasilan yang menjanjikan.

Mengingat pakaian adalah kebutuhan utama dari setiap orang, maka bisa dipastikan trend usaha tersebut tidak akan pernah mati.

Tentunya yang harus dipersiapkan memulai usaha ini ada dengan memiliki mesin jahit yang menurut Anda mumpuni dan sesuai kebutuhan.

Maka dari itu, bisa dipastikan membuka bisnis jasa menjahit ini bisa dijalankan dengan modal kecil.

Agar mendapatkan pengasilan yang menjanjikan, tentunya Anda harus memasarkan bisnis tersebut pada orang-orang yang ada di sekitar, entah itu menggunakan jasa media sosial, membagikan brosur, atau memasang spanduk dan banner depan rumah Anda.

Bahkan, dengan keahlian yang dimiliki tersebut, Anda bisa membuat baju sendiri untuk nantinya dijual secara online.

12. Bisnis Jasa Cuci Motor

Bisnis Jasa Cuci Motor

Pengguna motor di Indonesia sendiri semakin hari semakin meningkat. Tentu dengan banyaknya yang menggunakan motor tersebut bisa dijadikan peluang bisnis dengan modal kecil yang menjanjikan.

Bisnis tersebut tidah harus membuka bengkel motor saja, melainkan bisa membuka bisnis jasa cuci motor.

Untuk membuka bisnis tersebut, tentunya bisa dijalankan dengan modal yang kecil dan bisa menggunakan peralatan sederhana yang mudah untuk didapatkan.

Peralatan yang dibutuh untuk mencuci motor tersebut, diantaranya adalah shampoo untuk motor, kain lap,kanebo,semir ban, selang, dan lain sebagainya.

Adapun total modal yang harus dipersiapkan berkisar antara Rp 1-3 juta rupiah saja. Bahkan, boleh jadi bisa lebih kecil dari itu.

13. Bisnis Toko Kelontong

usaha-toko-kelontongan-di-rumah

Toko kelontong merupakan salah satu bisnis yang banyak dijalankan oleh sebagian masyarakat Indonesia, khususnya di komplek atau perumahan yang cukup padat.

Toko kelontong tersebut biasanya menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat terutama untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, seperti sabun, shampoo, gula, kopi, teh, minyak goreng, makanan ringan dan lain sebagainya.

Modal untuk membuat toko kelontong sendiri ada yang mencapai puluhan jutaa rupiah ada pula yang bisa membukanya dengan modal yang kecil.

Jika belum ada tempat yang memadai, biasanya memerlukan modal yang cukup besar untuk menyewa tempat atau pelebaran tempat.

Jika tempat sudah memadai, tentunya hanya diperlukan modal kecil dimana bisa dialokasikan untuk membeli barang-barang yang akan dijual.

14. Membuka Bisnis Counter PPOB

Membuka Bisnis Counter PPOB

Bisnis berikutnya yang bisa dijalankan dengan modal kecil adalah dengan membuka counter PPOB yang meliputi bisnis pulsa, pembayaran BPJS atau cicilan, pembayaran listrik, dan lain sebagainya.

Tentunya untuk menyiapkan sistem pembayaran tersebut, Anda harus memiliki aplikasi resmi yang mumpuni untuk pembayaran tersebut.

Keuntungan dari pembelian pulsa maupun pembayaran tersebut biasanya tidak terllau banyak. Tetapi bisnis tersebut akan terus bejalan karena hal tersebut sudah masuk kedalam kebutuhan utama dari setiap orang.

Agar lebih variatif, Anda bisa pula menambahkan item lain seperti menjual kartu perdana, aksesoris handphone, earphone, charger, casing, dan lain sebagainya.

Untuk menjalankan usaha tersebut, jelas tidak terlalu banyak modal yang dikeluarkan. Bahkan bisa Anda jalankan tanpa modal.

15. Bisnis Jasa Cukur Rambut untuk Pria

Bisnis Jasa Cukur Rambut untuk Pria

Bisnis berikutnya yang bisa dijalankan dengan modal kecil adalah membuka jasa cukur rambut untuk pria.

Beda halnya dengan salon wanita yang biasanya memerlukan peralatan cukup banyak, untuk membuka jasa cukup rambut pria ini hanya diperlukan peralatan sederhana, seperti dua buah kursi, gunting rambut, alat pencukur rambut modern, kaca, dan lain sebagainya.

Bahkan ada pula yang menjalankan bisnis jasa cukur rambut ini dibawah pohon rindang yang hanya bermodalkan kursi, kaca, dan gunting rambut.

Jika Anda ingin membuat bisnis jasa cukur rambut tersebut lebih layak dan lebih baik, maka modal yang harus dipersiapkan maksimal hingga Rp 3 juta.

Bila ditekuni dengan baik, bisnis tersebut akan mendatangkan penghasilan yang menjanjikan. Mengingat setiap pria biasanya perlu untuk potong rambut minimal 1-2 bulan sekali.

16. Bisnis Jasa Membersihkan Kasur dan Karpet

Jasa Membersihkan Kasur dan Karpet

Bisnis berikutnya yang dijalankan dengan modal kecil adalah bisnis jasa membersihkan kasur dan karpet.

Bisnis tersebut memang belum banyak yang menggarap, namun sudah mulai marak dipasarkan di media sosial.

Bisnis ini berpotensi menguntungkan, mengingat banyak orang yang sudah sadar akan kebersihan kasur dan karpet dari serangga, seperti tangau.

Peralatan yang perlu dipersiapkan untuk membuka jasanya, adalah vacuum cleaner, lap, sarung tangan, plastik, dan alat lain yang menunjang usaha tersebut.

Modal yang harus dipersiapkan pun maksimal mencapai Rp 3 juta dengan tarif per jasa yang dibanderol adalah Rp 150- Rp 250 ribu.

Agar lebih maksimal, gunakan pula media sosial untuk memasarkan jasa produk pembersih kasur dan karpet tersebut.

Orang-orang yang tinggal di kota besar pasti akan menyambut baik usaha ini, mengingat ditengah kesibukan mereka yang cukup padat biasanya tidak akan sempat untuk membersihkan kasur dan karpet tersebut.

17. Bisnis Jasa Pijat Kesehatan

Jasa Pijat Kesehatan

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam memijat, hal tersebut bisa menjadi sumber penghasilan menjanjikan dengan cara membuka jasa pijat untuk kesehatan.

Tak jarang, orang-orang yang berpergian keluar kota untuk mengeunjungi tempat wisata, biasanya memerlukan pula jasa pijat untuk melepas lelah setelah mengendarai kendaraan.

Di kota-kota besar, jasa pijat ini sebenarnya bukan sesuatu yang aneh karena memang sudah banyak yang membuka bisnis tersebut.

Apalagi, sebuah aplikasi gojek sudah mengakuisisi bisnis tersebut dengan memasukannya pada layanan Go-Massage untuk memberikan layanan lain kepada pelanggannya.

Artinya, bisnis tersebut memang memiliki pasar yang cukup banyak dan bila digeluti dengan serius bisa mendapatkan keuntungan yang mengiurkan.

Selain bisa menolong orang lain, Anda pun bisa menyejahterahkan keluarga. Bahkan, bisnis tersebut sudah bisa dilaksanakan tanpa modal.

Jika harus menggunakan modal, dana tersebut bisa digunakan membeli peralatan yang menunjang jasa pijat tersebut.

18. Bisnis Jasa Memperbaiki Barang-Barang Elektronik

Memperbaiki Barang-Barang Elektronik

Bisnis berikutnya yang bisa dilakoni dengan modal kecil adalah membuka bisnis jasa memperbaiki barang elektronik.

Tentunya, bisnis tersebut bisa dijalankan oleh Anda yang memiliki keahlian memperbaiki barang-barang tersebut.

Jika memang belum mahir, ada bisa merekrut seseorang yang memang memiliki keahlian dalam hal tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus memasarkan jasa tersebut lewat sosial media atau memasang spanduk di depan rumah.

Barang-barang elektronik yang biasanya ingin diperbaiki adalah mesin cuci, televisi, blender, handphone, dan lain sebagainya.

Tarif yang dbanderol untuk memperbaiki barang-barang tersebut pun disesuaikan dengan tingkat kerusakan.

Namun, semakin banyak yang mengetahui akan bisnis tersebut, maka sangat berpeluang pula untuk mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Modal yang harus dipersiapkan pun tergolong kecil muali dari Rp 1-3 juta yang dialokasian untuk membeli peralatan-peralatan yang bisa menunjang bisnis Anda.

19. Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis Jasa Penerjemah

Apakah Anda memiliki keahlian menguasai bahasa asing? Jika iya, keahlian tersebut bisa Anda manfaatkan pula untuk mendapatkan penghasilan yang menggiurkan.

Bahkan, bisnis jasa penerjemah ini selain bisa menggunakan model dengan biaya relatif kecil Anda pun bisa menjalankannya tanpa modal.

Karena bisnis ini sifatnya keilmuan dimana tidak banyak memerlukan peralatan yang diperlukan.
Walaupun begitu, yang harus dipersiapkan untuk menjalankan jasa penerjemah ini adalah mencari klien yang memang ingin membutuhkan jasa terjemah.

Cara untuk mendapatkan klien pun bisa dari media sosial, menyebarkan brosur, ataupun mendaftarkan diri di website freelancer yang biasanya bisa mempertemukan Anda dengan klien.

Lalu, apa saja tugas dari seorang penerjemah tersebut? Tentunay disesuaikan dengan keinginan klien, entah itu ingin menerjemahkan buku, dokumen, film, video, atau bertemu langsung klien Anda ketika ada tamu dari luar negeri.

Tarif untuk jasa penerjemah sendiri cukup besar bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk Anda yang memang sudah professional.

Namun, bagi Anda penerjemah pemula ada baiknya untuk memasang tarif tidak terlalu mahal.

20. Bisnis Jasa Les Privat

menjadi guru private

Bisnis berikutnya yang bisa dijalankan dengan modal kecil adalah bisnis jasa les privat. Les privat ini bisa Anda jalankan, ketika Anda menguasai berbagai macam bidang ilmu atau salah satu bidang ilmu saja.

Contohnya, Anda bisa membuka jasa les privat anak- anak sekolah SD sampai SMA. Atau dikhususkan untuk kelas yang sesuai dengan keilmuan yang dimiliki.

Jasa les privat ini selain bisa dilakukan secara offline bisa dilaksanakan secara online dimana video mengajar Anda bisa dipublikasikan di media sosial atau situs tertentu.

21. Bisnis Jasa Perawatan dan Penitipan Hewan

Jasa Perawatan dan Penitipan Hewan

Bisnis berikutnya yang bisa dijalankan dengan modal kecil adalah bisnis jasa perawatan dan penitipan hewan.

Bisnis tersebut sudah mulai menjamur di kota-kota besar, mengingat kesibukan mereka beekrja dan tidak sempat mengurus hewan-hewan peliharannya.

Modal yang dipersiapkan untuk membuka bisnis ini berkisar antara Rp 1-3 juta yang bisa dialokasikan untuk membeli peralatan—peralatan penunjang bisnis tersebut.

22. Bisnis Laundry

buka-laundry

Banyak yang menyangka untuk membuka usaha ini diperlukan modal yang cukup besar. Memang, Anda tidak salah menduganya, namun hal tersebut bukan tidak mungkin untuk bisa dijalankan dengan modal yang kecil.

Artinya, untuk memulai usaha tersebut jangan menunggu peralatan yang sempurna dan banyak karena tidak akan terlaksana jika mengandalkan hal tersebut.

Sebetulnya, Anda bisa memanfaatkan terlebih dahulu mesin cuci serta peralatan penunjang lain yang dimiliki.

Barulah, ketika bisnis tersebut berkembang dengan baik, Anda bisa menambahkan item lainnya untuk pengembangan bisnis.

23. Bisnis Jasa Make Up

Bisnis Jasa Make Up

Apakah Anda memiliki keahlian make up? Yuk, jadikan keahlian tersebut untuk bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Modal yang harus dipersiapkan untuk tentnya tidak terlalu besar, apalagi jika Anda sudah memiliki alat-alat make up yang memadai.

Setelah siap dengan peralatannya, mulailah dengan menawarkan ajsa make up pade teman-teman yang akan diwisuda atau acara pernikahan.

24. Bisnis Jasa Fotografi

menjadi-fotografi

Bisnis berikutnya adalah jasa fotografi. Bisnis tersebut juga termasuk bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal yang besar.

Bahkan jika Anda sudah ahli dalam memotret dan bisa mengulik-ngulik kamera handphone, bisnis tersebut bisa dijalankan tanpa kamera yang mahal.

Untuk para pemula, bisa memulai bisnis tersebut ketika ada acara seminar di kampus atau acara lainnya yang sangat memungkinkan menggunakan jasa Anda.

25. Bisnis Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Bisnis Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Apakah Anda memiliki mobil yang menganggur di rumah? Sudah saatnya, mobil yang hanya terparkir di rumah tersebut untuk dijadikan sumber penghasilan Anda.

Yaitu, dengan cara menjadikannya sarana untuk mengantar jemput anak. Baik anak-anak yang ada di komplek atau memang ingin mencari klien diluar komplek Anda.

Sebelum memulainya, ada baiknya untuk menjalin kemitraan dengan pihak sekolah agar jemputan Anda memang resmi untuk mengantar jemput anak sekolah.

26. Bisnis Kerajinan Tangan

produk-kerajinan

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam membuat karya seni, kini saatnya karya tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mencari penghasilan.

Anda bisa membuat keterampilan kerajinan tangan yang memang layak untuk dijual, seperti lukisan, membuat tas atau dompet, tempat lampu hias, rajutan, dan lain sebagainya.

Selain bisa membuat galeri sendiri, hasil kerajinan tangan tersebut bisa dijual di media sosial atau masuk dalam komunitas UMKM yang bisa memasarkan karya secara luas.

27. Bisnis Dropship

Bisnis dropship pun bisa Anda jalankan dengan modal kecil, bahkan bisa dijalankan tanpa modal sepeserpun.

Walaupun begitu, Anda harus menyiapkan alat-alat perangkat yang bisa memperlancar bisnis tersebut, seperti laptop atau smartphone dan kuota internet yang mumpuni.

Selanjutnya, carilah supplier yang bisa mengirimkan barang pada customer Anda dengan sistem dropship.

Misalnya, Anda tertarik untuk menjual baju anak-anak dan dewasa, maka carilah suppliernya.
Dengan begitu, tidak perlu menyetock barang di rumah karena mereka yang akan mengurus pengiriman barang-barang tersebut.

Selain baju, ada berbagai macam produk yang bisa dilakukan dengan sistem dropship, seperti makanan, buku, sepatu, dan lain sebagainya.

28. Bisnis E-Book

Bisnis E-Book

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam menulis, entah itu fiksi maupun non-fiksi, kini saatnya karya tersebut bisa dijadikan penghasilan yang menjanjikan dengan menjualnya di dunia maya yang dikemas menjadi e-book.

Perlu diketahui, para penulis yang mengkonversi karyanya lewat e-book ini bisa mendapatkan keuntungan 70-80 persen, dibandingkan menerbitkan langsung di penerbit yang hanya mendapatkan royalty 10 persen saja.

Karya e-book tersebut tentunya tidak memerlukan modal yang banyak karena tidak perlu dicetak dan penjualannya pun tidak terbatas.

e-book tersebut bisa Anda jual lewat google play book atau situs-situs lain yang bisa mempublikasikan karya tersebut.

29. Bisnis Jasa Design

Bisnis Jasa Design

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam menggambar atau mendesign sesuatu, kini saatnya untuk bisa dimanfaatkan menjadi sumber pengahsilan yang menjanjikan.

Pasalnya, orang-orang yang memiliki keahlian dalam bidang ini selalu diperlukan oelh perusahaan, instansi, bahkan perorangan untuk mendesign sesuatu yang lebih unik dan menarik.

Maka dari itu, jangan malu untuk mempublikasikan karya Anda di media sosial dan menawarkan jasanya lewat situs-situs freelancer agar bisa mendapatkan klien lebih banyak lagi.

30. Bisnis Souvenir

Bisnis Souvenir

Bisnis berikutnya yang bisa dijalankan dengan modal kecil adalah bisnis souvenir. Seperti yang diketahui bersama, souvenir tersebut sangat diperlukan untuk acara pernikahan, seminar, conference, atau acara resmi lainnya.

Nah, jika Anda memiliki keahlian dalam membuat souvenir tidak ada salahnya untuk menjualkan hasil karya tersebut. Atau mencari supplier yang bisa mengirimkan barang-barang berkualitas yang nantinya bisa Anda jual kembali.

Contoh-contoh souvenit tersebut seperi gantungan kunci, mug, pensil, notebook, dan lain sebagainya.

Baca juga : 30 Peluang Bisnis Online Terbaik Bagi Anak Muda

Penutup

Itulah dia 30 bisnis modal kecil dengan penghasilan yang menjanjikan yang bisa Anda lakukan.

Karena itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak berwirausaha. Terlebih untuk Anda yang saat sedang galau dan bingung ingin resign, namun masih takut untuk berbisnis.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu.