Bisnis Layanan Pesan Antar dan Tips Menjalankannya

Bisnis layanan pesan antar di era sekarang memiliki peluang yang menjanjikan jika dijalankan dengan stategi yang baik dan tekad yang kuat.  

Gojek dan Grab kini memimpin dalam perusahaan layanan pesan antar makanan atau pembelian apapun.

Namun masih ada peluang buat kamu yang ingin membuat layanan pesan antar khususnya di kota kecil atau kabupaten, asal bisa bersaing dengan memberikan harga dibawah layanan mereka.

Di beberapa daerah kini telah tumbuh layanan pesan antar meski baru berbasis kecamatan atau kabupaten, setidaknya mereka sudah memulai dengan memanfaatkan teknologi dan jejaring pemasaran yang ada.

Cukup mengawalinya dengan motor, gawai, nomor Whatsapp, dan pamflet digital berisi informasi nama layanan, nomor yang bisa dihubungi, skema tarif pemesanan.

Sangat mudah bukan? Selanjutnya adalah bagaimana kamu mengawali dan menjaga keberlangsungan jasa pesan antar ini.

Karena saya mengamati beberapa kawan yang mencoba membuka layanan pesan antar mengalami kesulitan dalam menjaga performa layanan sehingga banyak pelanggan yang tadinya sudah loyal kemudian merasa kecewa dan memilih ke platform mainstream seperti Gojek dan Grab, padahal harga layanan dari kawan saya ini sebenarnya lebih murah namun pada bulan ketujuh mulai tidak konsisten dalam hal pelayanan.

Bahwa hal yang mudah sekalipun jika tidak dilakukan dengan konsisten dan serius maka tidak akan menghasilkan apapun.

Jadi kamu harus yakin dulu tentang apa yang akan kamu jalani, setidaknya kamu harus membaca ulasan dari bisnis.blog agar kamu merasa lebih yakin dan mantap untuk menjalani bisnis layanan pesan antar ini.

Baca: Peluang Bisnis Produk Kesehatan Semakin Meningkat

Berikut peluang bisnis layanan pesan antar dan tips menjalankanya. Yuk simak penjelasannya:

1. Tekad yang Kuat

Kenapa harus tekad yang kuat? Buat kamu yang sudah pernah jadi driver Gojek atau Grab pasti tahu bagaimana melayani banyak pelanggan dengan berbagai kepribadian.

Misalkan minta dibelikan sesuatu di sebuah toko, kemudian ternyata tidak ada. Dia memintamu untuk mencari di beberapa toko lain tapi juga tidak mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Alhasil pesanan dibatalkan. Coba bagaimana perasaanmu? Kalau kamu tidak punya tekad yang kuat pasti akan cepat menyerah ketika berulang kali menemui hal seperti ini.

Tekad adalah modal yang penting untuk memulai bisnis pesan antar. Selain potensi pembatalan pemesanan, sebagian dari orang yang baru akan mencoba layananmu pasti akan bertanya tentang tarif dasar, radius pengiriman, dan minimal order.

Meski kamu sudah mengantisipasi pertanyaan tersebut dengan menyertakan informasi lengkap di pamflet. Masih saja ada beberapa orang yang bertanya karena kemungkinan mereka tidak membaca pamfletmu dengan seksama.

2. Merekrut Driver

Ujung tombak dari layanan pesan antar adalah driver. Tanpa driver kamu tidak akan bisa melakukan pelayanan.

Jika keuangan belum memungkinkan untuk menggaji karyawan, driver adalah kamu sendiri atau jika bisnis ini dijalankan oleh tiga atau empat orang maka semuanya bisa menjadi driver.

Bahkan jika kamu sanggup untuk membayar karyawan, mengawali untuk terjun secara langsung ke lapangan juga memberikanmu kesempatan untuk belajar tentang bagaimana proses pelayanan ini berjalan.

Kamu bisa menganalisa kendala di lapangan, potensi keterlambatan pengiriman dan bagaimana mengatasi komplain pelanggan.

Apabila kamu telah mengerti bagaimana proses pelayanan di lapangan, maka sampaikan hasil analisamu kepada calon driver yang akan kamu rekrut.

Jelaskan kepada mereka bagaimana standar operasional dalam melayani pelanggan, berapa durasi waktu ideal untuk melayani satu orderan, bagaimana berkomunikasi yang baik melalui pesan singkat kepada pelanggan.

Hal yang terakhir ini perlu untuk disampaikan mengingat banyak dari kita belum tahu tata cara berkomunikasi dan pemilihan kata yang tepat dalam sebuah pesan singkat. 

3. Menentukan Tarif

Menentukan Tarif

Karena kamu bersaing dengan layanan yang sudah lebih dahulu dikenal, maka kamu harus bisa bersaing dengan mereka. Salah satunya adalah dengan tarif yang lebih rendah dari kompetitor, meski hanya lima ratus rupiah akan mempengaruhi psikologis konsumen.

Saat ini kedua startup layanan tersebut telah menerapkan tarif normal setelah sekian lama membakar uang untuk menggaet konsumen dengan menerapkan gratis biaya pengiriman.

Ini merupakan peluang untuk kamu bersaing dengan mereka, hitung skema tarif dasar layananmu ditambah dengan komisi untuk driver dalam setiap pemesanan.

Biasanya dalam radius satu kilometer berlaku tarif yang sama, kemudian setiap kelebihan satu kilometer maka tarif bertambah dua atau tiga ribu.

Kamu bisa menggunakan tarif yang berlaku pada Gojek atau Grab sebagai referensi, berapa tarif yang berlaku untuk jasa pesan antar pada radius satu kilometer, dua kilometer, dan seterusnya.

4. Menentukan SOP

Ada dua aspek dari Standar Operasional Prosedur yang harus ditentukan , yaitu proses pemesanan oleh konsumen dan proses pelayanan dari driver ke konsumen.

Tentukan alur pemesanan, misalnya pesanan diterima oleh nomor whatsapp admin kemudian diteruskan ke driver dan admin memberitahukan pada konsumen bahwa pesananan sedang diproses.

Kemudian dalam proses pelayanan, kamu harus menekankan kepada driver bahwa dia harus mengkonfirmasi kepada pelanggan tentang pesanan yang dibuat, kemudian menginformasikan proses pelayanan, apakah masih menunggu atau sedang diantar ke tempat tujuan.

Dua hal tersebut penting untuk dilakukan secara tertib agar proses bisnis bisa lebih rapi dan memuaskan pelanggan namun tetap memberikan estimasi waktu yang masuk akal, tidak menjanjikan waktu yang singkat karena terkadang ada proses antri dan perjalanan namun juga tidak terlalu lama karena konsumen juga tidak suka menunggu berlarut-larut.

5. Membuat Aplikasi Smartphone

Membuat Aplikasi Smartphone

Kini membuat aplikasi bisa dilakukan oleh siapa saja, aplikasi sederhana berbasis android adalah pilihan untuk bisnis layanan pesan antar mu agar terlihat lebih profesional dan terpercaya.

Meskipun kamu baru akan memulai layanan radius wilayah kabupaten, namun dengan aplikasi akan memudahkan calon pelanggan untuk mengetahui apa saja layanan yang tersedia.

Jika belum bisa menggunakan fitur chating pada aplikasi, maka atur saja agar proses chating bisa melalui whatsapp. Ini akan mengurangi ukuran dari aplikasi, sehingga calon konsumen tidak keberatan untuk mengunduh barang sepuluh atau limabelas megabyte.

Jika belum ada alokasi dana untuk membuat aplikasi, maka kamu bisa menyediakan nomor whatsapp khusus untuk layanan pesan antar.

Atur sebagai akun whatsapp bisnis dan sediakan template pemesanan. Jadi apabila ada pelanggan yang chat pada nomor tersebut, akan otomatis dibalas berupa template detail pemesanan.

Ini akan memudahkan admin dalam mengatur daftar pesanan dan meneruskannya pada driver untuk dieksekusi. Mudah bukan?!

6. Promosi

Promosi adalah koentji agar bisnismu bisa berlangsung dalam waktu yang lama, karena tanpa promosi maka orang tidak akan pernah tahu ada bisnis seperti yang kamu jalankan.

Buat pamflet ukuran sedang yang berisi nama layanan pesan antar, misal pesenin atau anterin. Cantumkan layanan apa saja yang bisa kamu lakukan apakah pembelian makanan, antar barang, pembelian sembako, dan sebagainya.

Cantumkan harga untuk masing-masing layanan dan cakupan area. Apakah layananmu mencakup seluruh kabupaten atau hanya di kecamatan tertentu saja.

Bagaimana skema tarif apakah per pembelian atau dihitung per kilometer. Kemudian nomor yang bisa dihubungi untuk pemesanan atau nama aplikasinya di play store jika ada.

Jangan lupa buat akun media sosial, dorong pelangganmu untuk mention akun bisnismu agar orang lain jadi tahu bahwa ada layanan pesan antar alternatif selain dua perusahaan diatas.

7. Membuat Kemitraan

Membuat Kemitraan

Kemitraan yang dimaksud adalah dengan pelaku usaha yang menjadi favorit order. Apabila bisnis kamu sudah berjalan dua atau tiga bulan, kamu bisa memetakan barang atau makanan apa yang menjadi favorit pelangganmu.

Kamu bisa menjalin kemitraan berupa pemesanan via whatsapp kepada mereka, artinya jika ada seorang konsumen ingin dibelikan sebuah barang dari toko tersebut, kamu tidak perlu langsung datang ke toko yang dimaksud.

Kamu cukup melanjutkan pemesanan via whatsapp dan pesananmu akan segera diproses, setelah pesanan disiapkan kamu tinggal ambil dan mengantarnya ke pelanggan.

Baca juga: Peluang Bisnis Kopi Kemasan, dan Tips Menjalankannya

Demikian tujuh hal yang harus kamu perhatikan untuk memulai bisnis layanan pesan antar dan  tips menjalankanya, jangan lupa siapkan administrasi dan pencatatan yang bagus karena ini merupakan dokumentasi progress bisnismu. Semoga sukses dan selamat mencoba sobat bisnis.blog.