Untung Mengalir, Inilah Bisnis Isi Ulang Air Menjanjikan

Hari ini orang lebih menyukai hal yang tersedia dengan praktis dan cepat. Tidak hanya makanan, namun juga minuman yang lebih disukai kini berupa air minum kemasan daripada merebus air sendiri. Sehingga kini banyak orang yang sukses meraih aliran uang dari membuka bisnis isi ulang air.

Bisnis depot air minum isi ulang semakin berkembang pesat, Seiring dengan berkurangnya sumber mata air bersih. Tingginya aktivitas dan kebutuhan akan efisiensi menjadi faktor pendorong diperlukannya air minum yang praktis.

Walaupun secara bisnis usaha depot air minum isi uang cukup menggiurkan, ada beberapa tinjauan kelayakan bisnis yang harus kita perhatikan sebelum membuka usaha ini. Berikut poin-poin penting yang harus diperhatikan ketika kita ingin memulai bisnis depot air minum isi ulang.

Perhitungan Keuntungan Bisnis

Produk dari Air isi ulang dapat di pasarkan melalui toko ataupun distributor. Hasil dari Depot air minum biasanya di jual dengan harga berkisar Rp 3.500 – Rp 12.000.

Dengan nilai penjualan tersebut, Biasanya si pengusaha akan mendapatkan keuntungan sebesar 70% dari nilai penjualan setelah dikurangi dengan biaya listrik, biasa sumber daya manusia, biaya air dan biaya lainnya. Harga jual mesin depot air minum isi ulang sangatlah bervariatif.

Biaya Investasi Usaha

Investasi bisnis

Biaya investasi atau harga jual mesin depot air minum isi ulang adalah poin penting berikutnya yang haus diperhatikan. Depot isi ulang air minum merupakan usaha yang sangat diminati saat ini.

Ketika air minum kemasan ber-merk mematok harga yang cukup tinggi, mendorong munculnya berbagai harga jual mesin depot air isi ulang dimana-mana, dan depot isi ulang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi pengusaha yang memiliki pabrik air minum.

Besarnya investasi yang harus dikeluarkan oleh pengusaha untuk Depot isi ulang air minum, tergantung pada sistem yang ingin digunakan.

Semakin tinggi teknologi yang digunakan, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin tinggi. Hal lain yang juga mempengaruhi biaya investasi adalah mengenai pengurusan perijinan dan uji laboratorium.

Untuk menjalankan usaha isi ulang air minum. Pelaku usaha diharuskan untuk membawa ke laboratorium departemen kesehatan untuk ditest kelayakannya sebagai air minum yang layak dikonsumsi. Uji laboratorium tersebut dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Tips Sukses Bisnis Depot Air Minum

Sekarang ini bisnis depot air minum banyak dibutuhkan karena air kemasan sangat menunjang kebutuhan manusia sehari-hari. Mengingat sudah banyak polusi yang terjadi menyebabkan air kemasan sangat dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat khususnya yang tinggal di perkotaan.

Nah berikut ini tips usaha depot air minum untuk anda yang memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan keuntungan ataupun bisnis.

Menentukan target pasar

Usaha apapun termasuk depot air minum membutuhkan market dan lokasi yang tepat, lebih bagus jika anda bisa mencari lokasi yang ramai dan padat penduduk. Sehingga usaha anda bukan hanya sekedar bisnis saja namun usaha yang menguntungkan dan juga dibutuhkan banyak orang.

Tidak perlu takut jika sudah ada depot air minum yang buka di area anda, mengingat jangkauan depot air minum untuk satu wilayah kecil saja sudah bisa mendatangkan keuntungan. Sehingga usahakan pelajari market anda dan tentu saja lokasi bisnis anda.

Hal ini akan membantu anda dalam menyediakan produk, mengingat produsen depot air minumpun berbeda-beda. Semakin banyak datanya maka semakin baik dan bisa menunjang kebutuhan anda.

Pelajari kompetitor yang ada

Lakukan survey ada berapa depot di kota anda, harga, omset per hari, kualitas (UV / RO), armada sales, armada pengiriman, bonus, promosi, dan tanyakan masyarakat kenapa pilih yang ini atau yang itu.. semakin lengkap data anda, akan memudahkan anda untuk menyusun strategi pemasaran dan penjualan

Siapkan waktu anda untuk FOKUS

Fokus

Anda bukan hanya membeli depot dan biarkan tumbuh begitu saja, tanaman pun harus anda sirami dan rawat agar bisa bertumbuh dengan baik.. Jadi siapkan waktu anda minimal 6 bulan untuk FOKUS dalam menangani DEPot anda. Kalau anda tidak ada waktu, anda bisa merekrut orang untuk melakukannya.

Ciptakan produk yang berkualitas

Keuntungan yang mengalir dari bisnis isi ulang air adalah akibat dari pembelian yang berulang dari pelanggan, sehingga kamu harus membuat produk yang berkualitas agar konsumen melakukan repeat buying. Hari ini banyak yang konsumen yang lebih mementingkan kualitas produk daripada harga, karena mereka ingin air yang masuk ke tubuh mereka adalah yang berkualitas baik.

Jika kamu punya banyak pelanggan dengan tipikal seperti ini, maka kamu lebih baik fokus pada kualitas produk daripada menekan harga yang murah dengan mengurangi kualitas air. Ini merupakan jebakan yang berbahaya dan malah merugikan usahamu.

Strategi Pemasaran

Anda tentu tahu bahwa usaha awal akan sulit karena belum dikenal orang dan masih berusaha untuk menarik kepercayaan. Untuk itu melakukan promosi adalah hal yang wajib dilakukan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai strategi pemasaran.

Membuat layanan pesan antar dengan target pelanggan yaitu orang yang sibuk, yang tidak mempunyai kendaraan, kos kosan dan ibu rumah tangga.

Gunakan sepeda,sepeda motor atau mobil untuk menjalankan ini. Cantumkan pada kendaraan atau galon yang diantar berupa nomor telepon yang mudah dihubungi. Jika anda tidak ingin kehilangan pelanggan, jangan sering terlambat mengantar pesanan.

Jangan lupa membuat selebaran, stiker, spanduk & kartu nama sebagai media promosi. Kalau punya dana lebih anda bisa berpromosi lewat radio dan surat kabar lokal tentang depot air minum isi ulang yang anda dirikan.

Dalam pengalaman saya berlangganan air kemasan, meminjamkan galon kepada pelanggan merupakan investasi dan upaya mengikat loyalitas pelanggan.

Namun kamu harus mempunyai pembukuan yang bagus dan teliti dalam mencatat pelanggan siapa saja yang membawa galonmu, juga seberapa sering setiap pelanggan ini melakukan isi ulang. Jangan sampai galonmu hilang dan tidak dikembalikan karena pelanggan ternyata membeli air di depot lain.

Paket Harga Mesin Depot Isi Ulang

Paket harga

Ada dua jenis depot isi ulang yang berada di pasaran, yaitu depot air mineral dan depot air RO (pengolahan Reverse Osmosis). Berikut adalah perbedaan dari dua jenis depot tersebut :

Depot air mineral biasa

Depot isi ulang ini memproses air dengan menggunakan teknologi sederhana, yaitu menggunakan beberapa pretreatment dan desifektan untuk membunuh bakteri.

Sehingga mineral atau partikel yang terdapat dalam air, tetap dipertahankan. Apabila anda memilih paket Mesin isi ulang jenis ini memerlukan air dengan kualitas baik.

Depot air minum reverse osmosis

Untuk system yang kedua ini, Selain digunakan pretreatment untuk mengolah air bakunya. Digunakan juga system penyaringan menggunakan reverse osmosis. Penyaringan melewati membrane semi permeable dilakukan setelah air diproses menggunakan pretreatment.

Dengan digunakannya teknologi reverse osmosis, partikel terlarut, bakteri ataupun virus tersaring berkisar 95-98%. Sehingga air yang dihasilkan melalui penyaringan reverse osmosis ini hampir mendekati kategori air murni (Total Dissolved Solid 0-10ppm).

Investasi yang diperlukan untuk isi ulang air minum reverse osmosis ini, Berkisar 2-3 kali lipat dari investasi Depot isi ulang air minum mineral.

Itulah untungnya memiliki bisnis isi ulang, bisnis ini memiliki potensi yang baik untuk terus tumbuh karena semakin banyak orang yang membutuhkan jasa isi ulang air ini.