6 Ide Bisnis Jajanan Berbahan Mie Instan

Kamu pengusaha warmindo yang ingin mencari menu alternatif untuk para pelangganmu? Atau sedang mencari ide usaha mie instan yang gak hanya disajikan kuah atau goreng?

Kamu ada di halaman yang tepat, karena sekarang kita akan mengulas variasi makanan yang berbahan dasar mie instan.

Kita tahu bahwa mie instan merupakan makanan favorit orang Indonesia, mie adalah makanan penolong anak kos dikala tanggal tua atau tengah malam terbangun karena lapar.

Khususnya ketika cuaca hujan, paling enak adalah menikmati mie instan kuah lengkap dengan telur rebus, saos pedas berwarna merah, dan taburan bawang goreng.

Namun menikmati mie instan dengan cara yang sama setiap waktu pasti lama-lama akan bosan juga, makanya perlu beberapa sentuhan dan variasi agar mie instan mu lebih keren.

Variasi makanan dari mie instan ini cocok buat kamu yang sedang mencari ide bisnis atau ingin menambah menu spesial di warmindo milikmu.

1. Mi Gulung Sosis

Mi Gulung Sosis

Siapa yang tak mengenal jajanan legendaris ini? Mi gulung sosis ini, seperti namanya, merupakan sosis yang digulung menggunakan mi.

Tak lupa ditusuk menggunakan tusukan sate supaya mudah dimakan tanpa perlu mengotori tangan. Jajanan ala mamang ini cukup mudah dibuat. Cukup rebus mi, lilitkan pada sosis, dan goreng di minyak panas.

Harga satu tusuk mi gulung sosis cukup bervariasi. Jika ingin ekonomis, gunakan potongan sosis minimalis dan beri harga seribu rupiah.

Akan tetapi, jika ingin mi gulung sosis yang gembul, gunakan setengah hingga satu batang sosis penuh dan harganya pun melambung jadi Rp2.000,00-Rp3.500,00 per buah.

2. Bola Bola Mie

Bola Bola Mie
Gambar hanya ilustrasi

Bola-bola yang satu ini pas banget buat jadi selingan saat santai atau sambil nonton pertandingan bola. Untuk membuatnya kamu hanya perlu menyiapkan sebungkus mie instan yang sudah direbus dan lengkap dengan bumbunya, 2 sdm tepung terigu, wortel yang diiris tipis secukupnya, dan 1 butir telur.

Potong-potong mie dengan ukuran yang nggak lagi terlalu panjang. Aduk mie, bumbu mie, tepung terigu, wortel, dan telur dalam wadah yang sama secara merata hingga menjadi sebuah adonan.

Setelah teraduk secara rata, bentuk adonan menjadi bulat dengan ukuran yang sesuai dengan seleramu.Kemudian goreng bola mie itu hingga berwarna kecoklatan.

Lalu, kamu bisa angkat dan tiriskan. Bola mie siap disajikan dengan saus sambal dan tomat, agar lebih nikmat.

3. Nugget Mie

Nugget Mie

Jika biasanya kita menemui nugget berbahan dasar ayam, sapi, atau ikan yang dicampur dengan bahan tepung dan dipadatkan.

Kini kita akan memadatkan mie dengan terigu, kemudian dilumuri kocokan telur dan ditaburi panir untuk tekstur di luar.

Pertama kita merebus mi instan, hancurkan mi instan hingga merata, kemudian rebus dalam air seperti biasa. Sambil menunggu matang, kocok telur pada sebuah wadah dan tambahkan sedikit garam.

Pada wadah lain, masukkan 2 sendok tepung terigu, campurkan dengan bubuk bumbu mi instan. Aduk tepung hingga merata. Setelah mi instan matang, tiriskan dari air sisa rebusan, tunggu hingga dingin.

Setelah itu ambil satu sendok mi, masukkan ke dalam tepung terigu, gulung menggunakan tangan hingga berbentuk bulat, lalu masukkan ke dalam kocokan telur dan masukkan lagi ke dalam tepung terigu hingga adonan terigu tebal menempel pada mie.

Baca juga : Bisnis Warung Burjo, Warung Sejuta Umat

Setelah itu masukkan lagi ke dalam kocokan telur dan lumuri dengan tepung panir. Lakukan hal yang sama pada sisa mi instan. Setelah semua mi terbalut tepung, panaskan minyak pada wajan dan goreng mi seperti menggoreng nugget biasa.

4. Stick Mie

Stick Mie

Jika stick adalah tongkat, maka kita akan menggulung mie dengan bentuk silinder dan panjang seperti tongkat, meski tidak sepanjang tongkat golf ya.  

Yuk siapkan 1 bungkus mi instan rasa apa saja, 2 butir telur, 3 sdm terigu,1 buah wortel diparut halus, Tepung roti,daun bawang dan seledri secukupnya.

Rebus mie hingga matang. Kemudian siapkan dalam wadah 1 butir telur, bumbu mi, wortel, daun bawang dan seledri, aduk hingga tercampur rata. Masukkan mi dan terigu, lalu aduk kembali.

Masukkan mi ke dalam loyang, kukus kurang lebih 10 menit. Setelah di kukus, potong-potong mi sesuai selera. Kemudian satu persatu celupkan ke dalam telur yang sudah di kocok dan gulingkan di atas tepung roti hingga mie habis.

Terakhir, goreng di minyak panas hingga kuning kecoklatan. Tambahkan saus sesuai selera.

5. Donat Mie

Donat Mie

Ini nih makanan yang sempat viral, donat mie. Kalau kamu bosan dengan aneka rasa donat yang dominan manis, maka donat mie adalah solusi yang solutif. Asin, pedas, gurih bercampur jadi satu di lidahmu. Hmmmmm.

Baca juga : 12 Ide Bisnis Yang Cocok Dilakukan di Kawasan Perumahan

Siapkan 1 bungkus mi goreng favorit kamu, 1 butir telur, keju, sosis, kornet atau bahan apapun yang ingin kamu tambahkan selain kenangan, 1 bungkus tepung bumbu (bagi 2 wadah, jadi 1 wadah tepung kering, 1 wadah tepung basah), yang terakhir  tepung roti.

Begini nih cara membuatnya :

– Masak mi seperti biasa

– Tambahkan 1 telur yang sudah dikocok ke dalam mi goreng yang sudah dibumbui, masukkan keju/sosis/kornet

– Masukkan mi di mangkok bulat yang menyerupai donat

– Kukus kurang lebih 10-15 menit

– Keluarkan dari kukusan, biarkan dingin, gunakan tutup botol atau apapun yang bisa digunakan untuk melubangi bagian tengah donat mi goreng

– Guling-gulingkan donat diatas tepung bumbu kering, lalu masukkan ke wadah tepung bumbu basah

– Balurkan tepung roti hingga menutupi seluruh permukaan donat mi, goreng di minyak panas

– Donat mi goreng siap disajikan

6. Pizza Mie

Pizza Mie

Pizza mie panggang nggak kalah enak sebagai makanan sederhana yang bisa dengan gampang kamu siapin sendiri, tidak jauh berbeda dengan varian diatas, bahan yang kamu butuhkan itu jelas sebungkus mie instan, 1 butir telur, bawang bombay diiris lembut, jagung manis, keju, oregano, cabai bubuk, saus dan sambal secukupnya.

Pertama rebus mie instan setengah matang dan tiriskan.  Lalu kamu harus mencampurkan mie dengan bumbunya dan telur untuk diaduk setelah itu.

Kemudian siapkan loyang yang hendak kamu pakai dan olesi dengan sedikit margarin, lalu tata mie di dalam loyang.

Tambahkan topping yang sudah kamu siapkan, yakni jagung, bawang bombay, dan keju. Jangan lupa juga untuk menaburi oregano dan bubuk cabai. Kamu boleh menambahkan aneka topping lainnya, bebas tapi sopan ya…hee

Panggang pizza selama kurang lebih 15 menit atau sampai matang ya. Pizza mie panggang pun sudah siap kamu santap dengan tambahan saus sambal.

6 varian tersebut hanyalah secuil dari sekian ratus varian makanan yang bisa kita buat dari bahan baku mie. Kalau sobat bisnis mau, satu website ini hanya akan habis ruang penyimpanannya hanya untuk membahas makanan berbahan dasar mie.

Baca juga : Ingin Uang Tambahan? Berikut Tips Menjalankan Bisnis Sampingan

Silahkan dicoba dan dimodifikasi sesuai kebutuhan bisnis kamu, pengurangan bahan untuk menekan agar harga jual bisa terjangkau oleh warga sekitar rumahmu tetap diperbolehkan kok.

Asal tidak mengurangi rasa atau malah menggunakan bahan asal murah namun tidak baik untuk tubuh. Karena kesehatan dan kebersihan harus tetap diutamakan agar bisnis makanan bisa bersaing dan tahan lama.