6 Cara Mudah Mencari Ide Bisnis Bagi Pengusaha Muda

Hari ini banyak anak muda yang lebih suka keluar dari zona nyaman sebagai karyawan dan memutuskan untuk memulai bisnis. Bisnis yang digeluti pun bermacam-macam, ada yang mengikuti tren kekinian namun ada juga yang membangun bisnis berdasarkan hobi.

Fashion, kopi, vape merupakan beberapa ide bisnis yang mengikuti tren global. Ikan hias, hidroponik, atau fotografi merupakan bisnis yang biasanya diawali dari hobi personal. Lalu ada juga ide bisnis berdasarkan analisis kebutuhan.

Warung nasi, laundry, atau air isi ulang merupakan beberapa contoh ide bisnis yang didapat dari analisis kebutuhan. Kamu bisa nih menganalisis apa yang dibutuhkan dan belum ada di lingkungan sekitarmu.

Sudah berapa ide bisnis yang disebutkan diatas? Apakah ada yang masuk kriteria atau selera kamu? Atau kamu punya bayangan tersendiri tentang bisnis yang akan kamu jalankan agar otentik dan beda dari yang lain.

Coba corat – coret dalam sebuah kertas bagaimana ide bisnis yang ada di pikiranmu. Jika kamu sudah menggambarkannya, baca dan bandingkan dengan kondisi atau tren yang ada saat ini.

Apakah ide bisnis kamu sesuai dengan kondisi saat ini? Atau sepertinya kok masih utopis atau kurang cocok jika dijalankan saat ini. Mungkin ide tersebut cocoknya masih untuk dua atau tiga tahun ke depan.

Lalu dilihat lagi, apakah ide bisnis kamu bisa berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang setidaknya cukup untuk kamu dan karyawan kamu? Karena sebagus apapun ide bisnis jika tidak bisa mendatangkan keuntungan maksimal maka bukanlah sebuah bisnis, tapi kegiatan sosial.

Pada dasarnya, menemukan ide bisnis tidaklah sulit. Akan tetapi, banyak pengusaha pemula yang kesulitan untuk mendapatkan sebuah ide bisnis. Padahal, jika dicermati lebih lanjut ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk menangkap gagasan-gagasan brilian tersebut.

Lantas bagaimana cara menemukan ide hebat untuk bisnis yang berbeda? Jika Kamu masih kebingungan dan membutuhkan petunjuk, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menangkap ide bisnis yang tepat buat kamu calon pengusaha muda.

Tujuan Bisnis

Pertanyaan pertama yang perlu diajukan kepada diri sendiri adalah menentukan apa yang ingin kita dapatkan dari bisnis yang akan dijalankan. Dengan kata lain, penting bagi kita untuk mencari tahu tujuan yang ingin kita raih ketika kita memutuskan untuk keluar dari kantor dan memulai bisnis sendiri.

Beberapa pertanyaan di bawah ini dapat kita ajukan untuk mencari tahu tujuan kita dalam berbisnis:

  • Apakah saya mencari penghasilan tambahan?
  • Apakah saya memulai bisnis hanya untuk mendapatkan hadiah atau award dari produsen lain?
  • Apakah saya memulai bisnis karena ingin memiliki waktu yang lebih banyak dengan anak-anak dan pasangan di rumah? Atau
  • Apakah saya memulai bisnis karena ini merupakan passion saya yang terpendam selama ini?

Beberapa pertanyaan di atas dapat menggali jawaban yang jujur dari hati kita terkait tujuan bisnis yang kita miliki. Jika niat kita ingin mencari penghasilan tambahan, maka kita perlu merancang ide bisnis.

Namun, apabila kita hanya ingin mendapatkan hadiah, award, dan produk-produk baru secara gratis dari produsen lain, maka kita bisa berbisnis dengan menjadi reseller produk mereka dan menjualnya kepada konsumen lain.

Bagaimana jika kita ingin berbisnis dengan agak santai, sehingga memiliki waktu yang cukup banyak dengan anak-anak di rumah?

Baca juga: Begini Cara Mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) 2020

Nah, ini kita harus memilih ide bisnis yang tidak memakan waktu banyak, karena kita akan kewalahan untuk mengurus anak-anak dari jam 9 pagi sampai 5 sore setiap harinya.

1. Mengetahui Kemampuan

Mengetahui Kemampuan
Mengetahui Kemampuan

Sebagai anak muda, kita merasa bahwa kemampuan kita tidak terbatas. Kita sering mendengar sebuah kredo bahwa ketika seorang pemuda punya kemauan yang besar maka kemampuannya akan turut  berlipat gkamu menjadi besar.

Kalimat itu tidaklah salah, namun juga kurang tepat apabila dipraktekkan dalam dunia usaha. Karena dunia usaha bukan hanya tentang visi dan gagasan yang tinggi, tapi juga pondasi yang kuat untuk dasar visi misi tersebut.

Oleh karena itu sebaiknya kamu harus mengetahui kemampuan dan sampai batas mana kemampuan yang kamu miliki. Hal ini merupakan upaya untuk meredam sifat menggebu gebu yang biasanya identik dengan kaum muda.

Dalam usaha sifat menggebu gebu juga dianggap tidak baik karena akan berujung pada perhitungan yang salah kaprah.

Tanyakan kepada diri kamu apa saja hal yang benar benar kamu kuasai,kamu sukai atau bahkan yang kamu susah untuk dimiliki. Misal kamu mempunyai ide untuk membuat usaha agensi marketing bisnis online se Indonesia, namun kamu belum mengetahui dasar ilmu penjualan melalui e-commerce.

Hal ini sama saja kamu masuk ke sebuah rumah kosong yang gelap tanpa membawa lampu. Kamu tidak akan tahu bagaimana proses bisnis di dalamnya dan tidak bisa membuat perkiraan bagaimana memulai dan menjalankan bisnis tersebut.

2. Mulai Dari Hobi

Selain memulai bisnis dari satu hal yang menjadi kemampuan kamu, hobi juga bisa menjadi salah satu sumber dari munculnya ide bisnis. Beberapa pakar juga menyarankan agar memulai bisnis dengan melakukan apapun yang kamu senangi.

Karena jika kamu memulainya dengan hal yang kamu senangi kamu akan menikmati prosesnya karena kamu melakukan apa yang kamu sukai, sebagaimana yang pernah dikatakan Confucius bahwa “Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life”.

Dengan demikian kamu bisa berkembang, begitu juga bisnis yang kamu jalankan. Nah sekarang, agar kamu lebih terarah, cari tahu bagaimana caranya memonetisasi hobi atau keahlian kamu.

Bila Kamu hobi fotografi, coba jual foto-foto Kamu di website seperti Shutterstock atau 123rf.

Bila kamu hobi fotografi, kamu bisa membuka jasa foto profesional untuk pre wedding, pernikahan, foto keluarga, atau foto kelulusan.

Bila kamu memiliki hobi memelihara ikan hias, maka mulailah dengan memelihara cupang, guppy, atau koi. Semua ikan hias pasti bernilai jual, tergantung kualitas ikan.

3. Mencari Produk Tren

Mencari Produk Tren
Mencari Produk Tren

Meski tidak menjamin akan bertahan lama, produk yang sedang tren selalu menarik sebagai lkamusan untuk memulai bisnis, terutama bila kamu masih belum yakin harus memulai dari mana.

Trend memang sangat penting untuk diperhatikan, sebab hal inilah yang akan menjadi pemicu untuk dapat melahirkan sebuah ide yang akhirnya akan menjadi sebuah peluang usaha. Oleh sebab itu, maka pastikan kamu benar benar tahu apa yang sedang menjadi trend saat ini atau sedang digandrungi di luar sana.

Trend adalah sesuatu yang banyak diminati oleh sekolompok orang pada satu waktu. Karena itu, sebuah ide bisnis yang mengikuti tren akan berpeluang untuk digemari dan banyak menjaring konsumen dalam waktu cepat.

Tidak ada yang salah dengan mengikuti trend, selama kamu mampu membuat bisnis tersebut berbeda dari yang lain. Tetapi, karena sebuah tren biasanya cepat berlalu, maka pastikan juga Kamu memiliki solusi sekamuinya tren bisnis tersebut mulai memudar dan tidak lagi digemari.

Misal tahun lalu kita sempat mengalami trend es kepal milo, namun hari ini tren ini sudah selesai. Sudah banyak penjual yang gulung tikar karena tidak mengantisipasi penurunan trend.

Sekamuinya saja ada yang mau berinovasi dengan pilihan topping atau rasa yang lebih variatif, saya yakin penjual tersebut bisa bertahan sampai sekarang. Selain lebih punya banyak varian, juga karena sekarang penjual serupa sudah menurun.

4. Menyerap Masalah Orang Lain

Apakah maksud dari menyerap masalah orang lain adalah kita mengambil masalah dari orang tersebut? Betul sekali!!

Namun kita bukan menyerap masalah bukan untuk menjadi pelampiasan, namun kita akan menjadi solusi dari masalah tersebut. Karena beberapa ide bisnis muncul diawali oleh sebuah masalah kemudian muncul sebuah solusi yang bisa dimonetisasi.

Contoh nyata paling sederhana adalah usaha laundry. Banyaknya mahasiswa yang tidak sempat mengurus cucian dan sulitnya mencari jasa asisten rumah tangga bagi para ibu-ibu bekerja, membuat munculnya jasa laundry menjadi solusi paling jitu untuk mengatasi masalah tersebut.

Lalu startup ride-hailing atau layanan transportasi online, muncul karena pada waktu itu orang di perumahan kesulitan untuk mencari ojek karena harus datang dulu ke pengkolan atau tempat mangkalnya. Sehingga muncul ide agar bagaimana bisa memanggil ojek dengan aplikasi.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Jajanan Seribuan, Pasti Hasilkan Cuan

5. Belajar Dari Pengusaha Lain

Belajar Dari Pengusaha Lain
Belajar Dari Pengusaha Lain

Ada dua hal yang bisa kamu pelajari dari seorang pengusaha, kegagalan dan keberhasilan. Semua pengusaha pasti pernah mengalami kegagalan, mereka yang bertahan dan bangkit kemudian akan menemu keberhasilan.

Usaha yang sukses dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama pasti memiliki keunggulan yang patut dipelajari. Dari sana, kamu bisa menyaring dan mengaplikasikannya sebagai gagasan untuk ide bisnis  yang hendak dirintis. Tapi menduplikasi sebuah bisnis yang sukses tidak harus sama persis.

Jangan lupa untuk mengamati, meniru, dan memodifikasi bisnis tersebut agar bisnis yang akan kamu tekuni sedikit berbeda, memiliki ciri khas, dan memiliki nilai lebih dari bisnis yang sudah ada.

Tidak mesti harus lebih baik, namun sedikit berbeda bisa membuat usaha kamu terlihat mempunyai ciri khas dan bisa menarik konsumen.

Lalu kenapa juga harus belajar dari kegagalan? Karena dengan itu kamu bisa melakukan sebuah analisa kenapa orang tersebut gagal dalam membangun sebuah usaha.

Apakah memang karena dia tidak kompeten di bidang itu, atau karena ada beberapa detail yang terlewat untuk dilakukan dan akhirnya membuat dia gagal.

6. Riset Pasar

Hal yang sangat mendasar bagi sebuah usaha adalah riset pasar. Dengan melakukan hal ini maka ana akan mengetahui apa yang benar benar pasar inginkan dan butuhkan sehingga hal tersebut akan membantu kamu untuk dapat menemukan ide baru dan melahirkan sebuah peluang bisnis yang pastinya hanya akan kamu yang tahu.

Lakukan riset pasar dengan terjun langsung kelapangan melakukan observasi dan juga wawancara dengan para pelaku pasar.

Kamu akan belajar dan juga banyak menambah pengalaman, sekaligus akan membantu kamu untuk menambah banyak link dan pastinya akan sangat berguna dalam hal membantu relasi saat kamu siap memulai usaha.

Baca juga: Ini Dia, Peluang Usaha Terbaik dan Paling Menjanjikan di Tahun Ini

Dari beberapa cara ide bisnis di atas, seorang calon pengusaha muda bisa mengetahui bahwa ternyata ide untuk membangun bisnis bisa didapatkan di mana saja.

Pilihlah yang paling mungkin untuk kamu jalankan dan pastikan hal tersebut sesuai dengan kemampuan, budget, dan minat yang kamu miliki  agar sukses dan disukai konsumen.