Blog Bisnis

5 Ide Bisnis Digital Yang Akan Mengubah Hidupmu

5 Ide Bisnis Digital Yang Akan Mengubah Hidupmu

Era teknologi menuntut para pebisnis untuk selalu bisa beradaptasi, membuat perubahan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan konsumen. Bisnis digital menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari oleh pebisnis lama ataupun buat kamu yang baru mau berkecimpung di dunia bisnis.

Bisnis digital adalah bisnis yang menggunakan teknologi sebagai keunggulan dalam operasi internal dan eksternal. Teknologi informasi telah mengubah infrastruktur dan operasi bisnis sejak Internet menjadi tersedia secara luas untuk bisnis dan individu.

Meningkatnya penggunaan internet dan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone adalah alasan mengapa bisnis ini memiliki peluang baik. Bisnis digital menjanjikan kemudahan komunikasi dan transaksi antara penjual dan pembeli.

Bukan hanya itu, bisnis digital juga menjadi wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan kreativitas menjadi sebuah peluang usaha. Banyak juga wirausahawan muda inovatif yang ikut berkontribusi dalam memberikan solusi untuk masalah sosial yang ada melalui bisnis digital.

Baca juga: Inilah 10 Ide Bisnis Kreatif Modal Minim yang Perlu dicoba!

Untuk mengetahui aneka peluang bisnis digital kamu bisa saja tinggal mencari di internet, namun untuk mengetahui 5 ide bisnis digital yang bisa memberikan perubahan dalam hidupmu maka kamu bisa baca ulasan selanjutnya di bawah ini.

Digital Marketing Agency

Marketing online

Digital marketing agency adalah semacam konsultan bagi para pebisnis khususnya UMKM yang ingin memperluas market secara online. Peran kamu disini adalah sebagai pendamping agar mereka bisa mengunakan segala media digital untuk membantu pemasaran produk.

Program pendampingan bisa meliputi bagaimana untuk menjual produk mereka secara online, kemudian mengajari bagaimana pola komunikasi dengan calon konsumen di media sosial, dan cara agar closing penjualan melalui percakapan via chating.

Tentu para pengusaha UMKM membutuhkan sebuah strategi dan formula untuk mengangkat brand mereka. Di sinilah tugas dari digital agency untuk memberikan solusi yang tepat mengenai pemasaran. 

Ada macam-macam solusi  yang ditawarkan oleh digital agency untuk memasarkan produk agar selalu teringat dalam benak konsumen, salah satunya dengan social media. Dengan mempelajari target market, platform tersebut akan diisi dengan konten-konten yang sesuai. Walaupun jalannya terasa cukup panjang, bisnis yang satu ini memiliki peluang cukup baik.

Selain marketing, pendampingan juga mencakup bagaimana menggunakan gadget entah itu smartphone dan komputer. Juga tentang membuat pencatatan barang ataupun pembukuan keuangan dengan microsoft office. Bisnis digital agency ini merupakan peluang yang sangat potensial apabila kamu mau serius.

Untuk memulainya, Kamu bisa mempelajari konsep marketing terlebih dahulu. Setelah sudah cukup paham, tentukan tujuan Kamu dan tetap fokus untuk mencapai kesuksesan dan jangan lupa untuk selalu membuka diri dengan mempelajari ilmu-ilmu baru. Pastikan Kamu untuk terus update pengetahuan terkini mengenai dunia bisnis digital agar tetap dapat terus meningkatkan kinerja dan performa.

Digital Media Startup

Startup

Jika kamu mempunyai mimpi untuk menjadi pengusaha media hiburan, tidak perlu dengan modal miliaran untuk menyewa kantor dan studio produksi. Internet membuat segalanya menjadi lebih mungkin dengan modal yang murah.

Konten kreator youtube adalah bukti bahwa kreatifitas tidak harus mahal, yang penting adalah kemauan dan orisinalitas. Semakin orisinal karyamu di youtube, akan semakin dihargai oleh orang.

Dunia digital media bukan hanya tentang video, namun juga bisa berupa audio. Podcast di spotify merupakan media yang kini digandrungi anak muda untuk mengakses aneka pengetahuan atau hiburan dalam bentuk audio yang lebih sederhana untuk dinikmati dimana saja.

Agar lebih fokus, kamu harus tentukan dulu konten apa yang ingin kamu buat dan untuk siapa konten ini dibuat. Ini penting untuk menentukan bagaimana isi dari konten tersebut dan apakah memerlukan proses editing yang rumit atau tidak.

Kamu bisa mencontoh beberapa kanal youtube yang mirip dengan apa yang kamu inginkan, amati bahasa yang mereka gunakan, atau apakah mereka menggunakan gambar hasil tangkapan kamera atau malahan animasi digital.

Layaknya sebuah perusahaan, akan lebih baik jika kamu bekerja bersama tim yang mempunyai kesamaan visi. Dengan bekerja secara tim maka kamu akan lebih bisa membagi tugas dengan baik dan menciptakan konten yang bagus.

Jika ini bisa kamu jalankan dengan baik, tidak menutup kemungkinan kamu bisa menawarkan hal ini kepada pihak lain yang ingin membuat media alternatif berbasis digital. Misalnya media cetak atau kantor pemerintah. Jadi selain kamu membuat media digital yang berdasarkan idealitasmu, kamu juga bisa menjadi agensi digital media kreator. Asyik bukan?!.

Content Writer

Content Writer

Disaat semua pengusaha berlomba membangun website untuk memperkenalkan usaha mereka, banyak dari mereka yang kemudian bingung mau diisi apa website ini? Maka content writer hadir sebagai solusi untuk membuat website lebih dinamis dan komunikatif.

Untuk menjadi content writer profesional artinya kamu harus siap dengan deadline dan tema yang diberikan oleh klien kamu, proses tawar menawar seyogyanya kamu lakukan pada saat awal kontrak kerja. Kamu sampaikan kesanggupanmu, misalnya hanya bisa menulis satu artikel setiap dua hari atau hanya mau menulis tentang tema tertentu saja.

Namun untuk content writer pemula, terlalu selektif itu tidak disarankan. Karena akan memperkecil kemungkinan kamu untuk mendapatkan projek tulisan dengan frekuensi yang tinggi dan kamu tidak akan cepat berkembang. Karena dalam industri apapun, tidak terkecuali industri content writing, kemampuan beradaptasi dengan cepat dan multi knowledge merupakan kelebihan yang bisa membuat kamu masuk ke segala lini.

Bisnis Webinar

Webinar

Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu aktifitas seminar yang bisa diikuti secara online menggunakan media aplikasi. Zoom, Google Meet, GoToWebinar, atau WebinarJam adalah beberapa aplikasi yang populer digunakan untuk mengadakan webinar. Meski kini banyak webinar yang bisa dinikmati secara gratis, namun beberapa materi eksklusif hanya bisa dinikmati secara berbayar.

Agar webinar ini menarik maka materi atau ilmu yang ingin kita bagikan ini harus memberikan dampak besar bagi yang mendengarkan. Terlebih apabila disampaikan oleh orang yang profesional dan kompeten, maka masyarakat tidak akan ragu untuk berbondong – bondong mendaftar.

Jika tidak bisa menjual dari sisi pemateri, maka yang harus kita perkuat adalah materi itu sendiri. Bagaimana mengemas sebuah materi dengan lengkap, runtut, dan menarik. Perkuat dengan modul materi yang dibuat secara eksklusif dan hanya dibagikan kepada pendaftar, materi ini diproteksi dan password hanya diketahui oleh penerima modul.

Setidaknya ada dua jalan bisnis yang bisa dilakukan dalam dunia webinar, yang pertama adalah dengan menjadi penyelenggara webinar menggunakan nama lembagamu sendiri sebagai lembaga konsultan atau e-learning. Kedua adalah menjadi event organizer online bagi lembaga lain yang ingin membuat webinar tapi masih gaptek.

Untuk membuat webinar sendiri, maka setidaknya kamu harus mempunyai lembaga training atau konsultan yang terpercaya dan sudah dikenal banyak orang. Jika belum maka setidaknya kamu harus bekerja sama dengan lembaga lain atau menghadirkan pemateri yang sudah terkenal untuk mendongkrak peserta webinar.

Pilihan lebih mudah adalah pada model bisnis kedua, yaitu fokus untuk menjadi event organizer online. Dengan membeli lisensi berbayar dari beberapa aplikasi penyedia webinar seperti Zoom, kamu bisa menawarkan program webinar kepada instansi pemerintahan, pendidikan, maupun kantor swasta.

Menjadi event organizer yang baik harus menguasai paket lengkap kebutuhan webinar, tidak hanya akun Zoom premium namun juga membuat brosur, link pendaftaran, dan modul seminar. Maka disarankan untuk menjadi even organizer webinar kamu harus mempunyai tim yang solid dan multitasking.

Jangan lupakan bagian promo, agar banyak orang tau mengenai webinar yang akan kamu selenggarakan. Ada beberapa opsi yang bisa dilakukan untuk promosi ini yaitu membuat artikel blog yang berhubungan dengan webinar tersebut.

Yang paling ampuh jelas promosi melalui sosial media karena orang menghabiskan berjam-jam untuk membuka media sosial. Maka, promosi di sosmed tak boleh luput dari radar Kamu. Pastikan semua sosmed yang Kamu gunakan dipakai untuk mempromosikan webinar. Ajak teman dan kolega untuk membagikan konten promosinya. Jika perlu, pasang Facebook Ads dan Instagram Ads juga.

Online Coaching

Coaching

Coaching online, sebuah istilah yang mulai dikenal luas oleh berbagai kalangan sebagai metode pelatihan berbasis internet dengan memanfaatkan layanan video meeting atau chating.

Video meeting merupakan layanan yang paling efektif digunakan sebagai coaching online karena kita bisa melakukan tatap muka, mendengar suara dan memberikan penjelasan secara grafis. Atmosfir pembelajaran masih bisa dibangun seolah bertatap muka secara langsung. Namun hal ini membutuhkan akses internet yang cepat dan kuota yang besar.

Sebagian penyedia coaching online lebih memilih menggunakan Whatsapp group untuk melakukan coaching dengan memberikan penjelasan berupa voice note yang diselingi dengan gambar untuk mempermudah penjelasan. Ini karena mereka ingin menjangkau lebih banyak peserta online yang sebagian berada di area dengan sinyal internet lemah atau mempunyai kuota yang terbatas.

Bagi sebagian orang istilah coaching online dibatasi untuk menyebut aktifitas pelatihan dalam bidang bisnis, kesehatan, atau motivasi hidup. Padahal secara bahasa, coach memiliki arti to instruct, to direct or to train intensively”. Mengacu pada arti secara bahasa, coaching online berarti sebuah aktifitas belajar atau bimbingan dalam hal apapun termasuk les mata pelajaran, kursus musik, mengaji, atau menulis.

Coaching Online berarti memposisikan diri menjadi seorang yang ahli dalam suatu bidang sehingga banyak orang tertarik mempelajari bidang tersebut dari kamu. Kamu harus melakukan identifikasi atas apa keahlian profesional yang kamu miliki, bisa diidentifikasi berdasarkan riwayat pendidikan atau hal yang sedang kamu geluti dan menjadi sumber pendapatanmu saat ini.

Misal kamu merupakan sarjana pendidikan bahasa inggris dan biasa mengajar di tempat kursus bahasa, kamu bisa memperluas jangkauan market mu dengan menyelenggarakan coaching online dengan pilihan media video meeting atau whatsapp.

Berikan pula pilihan coaching secara grup atau individu yang tentunya dikenakan tarif berbeda. Untuk menarik calon pelanggan dan sebagai media promosi, kamu bisa membuat satu atau dua kali sesi percobaan. Jika berjalan dengan baik dan para peserta memberikan respon positif, maka kemungkinan untuk mereka bersedia mengikuti kursus berbayar secara online akan lebih besar.

Baca juga: 6 Cara Mudah Mencari Ide Bisnis Bagi Pengusaha Muda

Penutup

5 ide bisnis tersebut akan semakin diminati oleh banyak orang karena akan semakin banyak orang yang melek teknologi dan tahu bagaimana celah untuk mendapatkan cuan dari sana. Maka kamu harus ambil bagian dari revolusi teknologi atau hanya akan tertinggal sebagai konsumen.

Exit mobile version