Blog Bisnis

5 Ide Bisnis Cocok Untuk Mahasiswa: Modal Kecil

5 Ide Bisnis Cocok Untuk Mahasiswa Modal Kecil

Mahasiswa adalah fase peralihan antara remaja menuju dewasa, dimana kamu selain harus berkutat dengan tugas kuliah juga dituntut untuk mulai belajar mandiri dan berlatih mencari pendapatan sendiri, meski hanya untuk sekedar menambah uang jajan atau biaya kencan. Hehe.

Beberapa mahasiswa bekerja paruh waktu di restoran, toko atau mengajar di tempat bimbingan belajar. Beberapa mahasiswa lain memilih untuk menekuni bisnis kecil-kecilan yang menurut mereka lebih fleksibel dalam membagi waktu.

Jika kamu memilih untuk berbisnis, maka lebih baik buat kamu untuk menjalankan bisnis yang hanya membutuhkan modal yang kecil agar tidak terlalu menguras uang saku kamu. Kan gak lucu kalau kamu harus minta uang tambahan ke orang tua untuk menjalankan bisnis. Ya syukur kalau dikasih, kalau malah disemprot? Haha

Oleh karena itu sebagai mahasiswa kamu harus selektif menentukan jenis bisnis apa yang akan kamu jalani, pilih yang memang benar menghasilkan keuntungan. Jangan hanya coba-coba atau beresiko kamu akan kehilangan uang.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Digital Yang Akan Mengubah Hidupmu

Buat sobat mahasiswa yang mau mencoba untuk berbisnis, kami mempunyai 5 ide bisnis yang paling cocok untuk mahasiswa. Pastinya dengan modal kecil tapi menjanjikan keuntungan berlimpah. Penasaran kan? Saya juga…hee

1. Bisnis Bimbingan Belajar

Bimbel

Bimbingan belajar di rumah kini semakin banyak diminati oleh orang tua karena pembelajaran di sekolah yang terkadang belum bisa memenuhi kebutuhan belajar anak-anak. Sehingga anak masih membutuhkan waktu tambahan untuk bisa memahami materi pelajaran.

Oleh karena itu bimbingan belajar merupakan bisnis di bidang pendidikan yang menjanjikan karena dibutuhkan oleh banyak orang tua agar anaknya bisa belajar dengan optimal. Kebutuhan akan bimbingan belajar kini tidak hanya bagi masyarakat perkotaan tapi juga dibutuhkan oleh masyarakat di daerah pinggiran bahkan pedesaan.

Bimbingan belajar yang efektif biasanya membatasi pada beberapa mata pelajaran, contohnya mata pelajaran yang termasuk ujian nasional, atau bahkan ada yang hanya fokus pada satu bidang seperti bimbingan belajar matematika, bimbingan belajar bahasa inggris, dan sebagainya.

Kamu bisa merencanakan bisnis ini dengan teman-teman kuliah, tentu mereka pasti ingin mendapatkan penghasilan tambahan bukan. Dengan membangun bisnis secara tim, kamu akan punya banyak sumberdaya untuk melakukan banyak hal seperti menentukan metode ajar, promosi, dan tentu terjun langsung untuk mengajar.

2. Bisnis Bimbingan Tugas atau Skripsi

Ini adalah bisnis yang jeli dengan pangsa pasar yang jelas, MAHASISWA. Kamu pasti punya banyak teman yang kesulitan atau memang malas mengerjakan tugas, bahkan ada yang sudah semester tua tapi skripsinya ga kelar – kelar.

Jika ada temanmu yang merasa kesulitan dengan tugas kuliah yang menumpuk, tawarkan bantuan kepadanya dengan mematok harga masuk akal untuk mahasiswa. Meski ini agak tidak etis untuk wilayah akademik, tapi dari sisi ekonomi merupakan hal yang wajar dimana bisnis muncul untuk menyelesaikan permasalahan orang lain.

Kamu bisa menawarkan jasa pembuatan makalah, jasa membuat power point, atau jasa membuat rangkuman materi. Jika kamu bisa menguasai berbagai materi di luar jurusan kuliahmu itu bagus, tapi jika tidak kamu bisa merekrut mahasiswa dari jurusan lain untuk menjadi partner bisnis kamu.

Jasa bimbingan skripsi dan analisis data juga menarik loh, banyak sekali mahasiswa yang tidak kunjung lulus karena terbengkalai dalam pengerjaan skripsi yang sampai bertahun-tahun. Padahal kalau mau serius 3 bulan saja selesai.

Asal kamu rajin membaca dan punya banyak referensi jurnal dan skripsi lain yang kini sangat mudah didapatkan di internet, kamu bisa menjadi pembimbing yang baik dan benar dan tentunya dibayar. Jangan mau gratisan ya…hehe.

3. Bisnis Jasa Pendamping Wisuda

Topi wisuda

Kamu sebagai mahasiswa pasti sering mendengar kalimat ejekan “Wisuda kok cuma ajak orang tua, emangnya ambil raport”. Ini kalimat yang sering diucapkan buat calon wisudawan atau wisudawati yang belum punya gandengan alias jomblo.

Emang harus ya wisuda bawa gandengan? Hayo gimana menurut kamu? Harus gak?

Jasa pendamping wisuda ini sudah ada di beberapa kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, karena selain jumlah mahasiswa yang besar juga tuntutan gengsi di kota besar itu lebih tinggi. Jika di kota atau kampus tempat kamu kuliah belum ada jasa pendamping wisuda, maka ini adalah kesempatan buat kamu.

Yang pertama harus kamu lakukan adalah membuka lowongan freelance untuk pendamping wisuda, bisa laki – laki atau perempuan. Bisa dimulai dari teman terdekat kamu atau terbuka untuk umum.

Setelah pelamar masuk, kamu bisa melakukan seleksi atau kamu tampung semuanya. Biar klien yang nantinya memilih sesuai selera. Agar ketika jadi pendamping wisuda tidak gugup berada di samping klien atau ngobrol sama orang tua klien, kamu harus adakan gladi bersih dulu dong antara pendamping dan klien.

4. Menjadi Influencer

Influencer adalah seseorang yang punya banyak followers di media sosial, mempunyai konten yang berkarakter, menarik, dan mampu mempengaruhi followers nya. Banyak anak muda yang juga mencoba peruntungan untuk menjadi Instagram, selayaknya dalam semua bidang pekerjaan, ada yang berhasil dan ada yang gagal.

Kamu tidak akan pernah tahu akan berhasil atau gagal kalau kamu belum pernah mencoba. Yang harus kamu perhatikan adalah saat kamu mulai mencoba, kamu harus melakukan perencanaan yang bagus dan detail.

Perencanaan dimulai dari membangun ulang media sosial kamu, misal Instagram. Atur ulang kembali postingan di Instagram, tema foto yang acak-acakan dan semau kamu sendiri. Sebaiknya kamu menghapus semua postingan fotomu, mulai dari awal lagi sesuai tema dan personal brand yang akan kamu bangun.

Apa itu personal brand? Disebut juga dengan karakter personal yaitu ciri khas dari sebuah akun yang kamu bangun. Apakah traveller, health influencer, fashion styler, atau mungkin penyair.

Karakter ini nantinya akan menentukan isi kontenmu secara berkelanjutan dan kelompok netizen yang akan menjadi followersmu. Hal ini disebut dengan niche, yaitu poin paling spesifik mengenai suatu bidang dari keseluruhan ekosistem market yang dalam hal ini yaitu netizen.

Baca juga: Inilah 10 Ide Bisnis Kreatif Modal Minim yang Perlu dicoba!

5. Bisnis Jasa Copy Writer

Copywriting

Apa itu copywriting? Apakah sama dengan mengkopi tulisan di selembar kertas?

Tentu bukan…

Copywriting adalah tentang meng copy semua informasi pada suatu produk dan menjabarkannya dalam sebuah tulisan dengan tujuan meningkatkan penjualan sebuah produk.

Apakah bisa membuat orang membeli produk kita hanya dengan menulis di website atau instagram? Tentu saja bisa, itulah kenapa dibutuhkan kemampuan copywriting beserta seluruh teknik agar kamu bisa menghipnotis pembaca untuk segera melakukan apa yang kamu inginkan sesaat setelah mereka selesai membaca tulisanmu.

Ada tiga prinsip dasar copywriting yang harus kamu pahami yaitu :

Copy, mengambil semua informasi dasar dari produk atau jasa yang akan dipasarkan.

Writing, menulis kembali informasi tersebut menjadi susunan paragraf disertai kalimat persuasif agar menarik perhatian pembaca untuk melanjutkan membaca artikelmu sampai selesai.

Konversi, ketika pembaca kemudian melakukan apa yang kamu inginkan. Apakah itu membeli produk, memesan jasa, atau mendownload sebuah aplikasi.

Pembuat copywriting disebut sebagai copywriter, fungsinya setara salesman dalam pola bisnis direct selling yang langsung berhadapan dengan calon pembeli, menjelaskan produk yang ada ditangannya lengkap dengan segala kemanfaatan yang akan calon pembeli dapatkan.

Yakinkan bahwa calon pembeli memang butuh produk tersebut, dan berakhir dengan closing. Akhirnya orang tersebut membeli produkmu. Ini yang disebut dengan CAT, Call To Action.

CAT merupakan tujuan dari Copywriting yaitu agar setelah membaca tulisan kamu tentang sebuah produk, maka si pembaca akan melakukan hal yang kamu inginkan yaitu membeli produk tersebut.
Berminat untuk belajar tentang copywriting? Kamu bisa gunakan keterampilan ini untuk menjual produkmu sendiri atau mengasah diri sebagai copywriter profesional untuk bekerja di agensi periklanan, marketing online perusahaan, atau freelancer.

Agar menjadi copy writer yang profesional, kamu harus menanamkan mindset copy writer di kepalamu, yaitu copywriting bukan sekedar menulis tulisan tapi juga harus masuk pada alam bawah sadar pembaca.

Maka menjadi seorang copywriting adalah seorang yang mampu memposisikan dirinya juga sebagai target tulisan itu sendiri. Menentukan apa yang sekiranya pembaca inginkan akan menentukan bagaimana tulisanmu terbentuk.

Baca juga: Ingin Menggeluti Blog Kecantikan? Berikut 10 Beauty Blog Inspirasi untuk kalian!

Penutup

5 ide bisnis diatas sangat cocok untuk mahasiswa karena cenderung membutuhkan modal yang kecil, waktu yang fleksibel dan mudah untuk dilakukan di sela waktu kuliah.

Semoga bisa menginspirasi kamu untuk belajar mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu juga bisa menyimak ide bisnis lain yang sudah banyak dirangkum di website bisnis.blog. Selamat berbisnis!!.

Exit mobile version