5 Bisnis Kuliner Paling Cocok di Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk beraktifitas dan memulai rencana untuk  mendulang rupiah, juga waktu yang enak untuk jalan – jalan menghirup udara sambil mencari sarapan atau sekedar cemilan mengisi kekosongan perut.

Kalau kamu suka bangun di pagi hari dan ingin memanfaatkan momen ini untuk mencari cuan, kami menyarankan untuk membuka usaha kuliner yang cocok dinikmati di pagi hari.

Dengan menyediakan berbagai jenis kuliner pagi, usaha kita akan menjadi tujuan orang-orang untuk sekedar berhenti membeli sarapan.

Usaha sarapan pagi memiliki banyak sekali keuntungan untuk dijalankan, mulai dari waktu kerja yang relatif pendek, modal usaha yang tidak besar, dan sangat cocok dijalankan oleh para mahasiswa ataupun ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan.

Baca juga: Ini Dia Peluang Ide Bisnis Menjanjikan Tahun 2020

Apa saja kuliner pagi yang bisa kamu jadikan menu utama untuk bisnismu? Mari kita kupas satu persatu disini.

Bubur Ayam

Bubur Ayam (Istock)

Kamu pasti tidak asing dengan makanan ini, Bubur ayam memang alternatif terbaik untuk sarapan di pagi hari jika kamu bosan sarapan nasi. Bubur ayam salah satu menu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat, aromanya begitu harum dan khas.

Dengan kondisi yang masih hangat, bubur mampu membuat suasana pagi yang biasanya dingin menjadi hangat, sehingga semangat pagi pun muncul bagi yang menikmatinya.

Kita tahu bahwa banyak pedagan bubur ayam tapi pasti kamu pernah melihat ada yang rame pelanggan dan ada juga yang sepi. Rasa dan kualitas bubur ayam adalah yang utama, kamu harus mencari dan memiliki resep bubur ayam yang sedap.

Ini adalah kunci pertama yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Rasa berkaitan dengan selera dan kesukaan pembeli.

Coba cicipi beberapa bubur ayam yang paling laris di kotamu, amati dan rasakan apa yang membuat bubur ayam tersebut terasa gurih, enak dan banyak peminat. Jika kamu tidak bisa membuat yang serupa, setidaknya yang mendekati rasa seperti itu.

Nasi Uduk

Nasi uduk mempunyai aroma yang segar dan membangkitkan mood kita untuk menghadapi hari yang sibuk. Aroma ini muncul dari proses masak nasi putih aron yang dikukus dengan santan kelapa kemudian diberi bumbu pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica.

Nasi uduk disajikan bersama dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, irisan mentimun, dan sambal kacang. Biasanya, nasi uduk dijual oleh para pedagang kaki lima yang dijajakan di trotoar-trotoar.

Dari segi peluang, usaha nasi uduk juga termasuk bisnis yang tidak ada matinya. Mengapa? Sebab, setiap saat dan setiap orang pasti butuh makan. Tentu saja, syarat utama bisnis ini adalah keterampilan membuat nasi uduk plus mengetahui resep dan cara membuatnya.

Nasi Kuning

Biasanya pesaing nasi uduk di pagi hari adalah nasi kuning, cara membuatnya hampir sama dengan nasi uduk namun bumbunya ditambah dengan kunyit untuk memberi warna kuning pada nasi. Nasi kuning biasa disajikan dengan irisan lembut telur goreng, oseng tempe, oseng teri, sambal, dan krupuk.

Untuk mengatasi kebosanan pelanggan dengan rasa default nasi uduk atau nasi kuning, kamu bisa menyiasatinya dengan menyediakan aneka sayur dan lauk pendamping seperti telur balado, kentang balado, ayam semur, oseng ati ayam, dan sebagainya.

Agar warung nasi uduk atau nasi kuning bisa bersaing dengan pedagang serupa, kamu harus mempunyai tempat untuk makan di tempat yang nyaman dan bersih. Beri gratis air putih atau the tawar, ini efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung makan di tempat.

Aneka Kue Basah

Sering melihat orang buru-buru ke kantor di pagi hari dan tidak sempat untuk sarapan di rumah? Atau kamu pernah mengalaminya sendiri? Kemudian di pinggir jalan kamu mendapati penjual aneka kue basah dan mampir membeli beberapa untuk dibawa ke kantor sebagai sarapan.

Begitulah penjual kue basah menolong banyak orang di pagi hari yang tidak sempat sarapan di rumah, kamu juga bisa menjadi salah satu penolong tersebut.

Jika kamu tidak bisa membuat kue sendiri, kamu bisa mencari partner penjual kue di pasar dan membeli dari merek, tentu kamu harus cerita bahwa kamu membeli untuk dijual lagi sehingga dia bisa memberi harga yang sedikit miring dari harga normal.

Kalau kamu mempunyai keterampilan membuat kue, sebaiknya kamu membuat aneka kue basahmu sendiri. Dengan membuat kue sendiri kamu bisa lebih memastikan higienitas dan rasa dari kue jualanmu. Jika banyak pelanggan suka dengan rasa kue buatanmu, kamu akan lebih leluasa mengembangkan bisnis kue basah karena kamu menguasai resepnya sendiri.

Sediakan beberapa pilihan kue dengan harga kisaran 1.000 – 3.000 rupiah, biasanya kue dengan harga Rp. 1.000 akan lebih dahulu habis karena harga yang murah lebih banyak diminati pembeli. Namun beberapa kue yang eksklusif masih tidak terlalu mahal jika dibanderol dengan harga Rp. 3.000.

Kue Serabi

Pernah dengar kue serabi? Kue serabi adalah kue tradisional yang berbahan dasar tepung beras, daun pandan, gula merah. Dengan citarasa khas lidah Indonesia, panganan tradisional dari Solo ini cocok dijual di belahan tempat di Indonesia.

Serabi jika disantap saat masih hangat maka pada bagian pinggirannya akan terasa crispy. Adapun pada bagian tengah atau inti serabi terasa gurih dan lembut. Kelebihan itulah yang membuat kehadiran serabi solo di berbagai kota mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Kue serabi paling enak dinikmati ketika baru matang, oleh karena itu hampir semua penjual kue serabi membuat kue setelah ada pelanggan yang memesan. Meski terkadang kita harus menunggu lama karena antrian pembeli, namun disitulah seni menikmati sebuah kue serabi karena memerlukan kesabaran dalam menanti.

Karakter dari kue serabi adalah dipanggang  diatas tungku dengan menggunakan cetakan wajan yang sangat kecil dan cekung. Pertahankan karakter tersebut karena itu adalah hal yang ingin dilihat oleh pembeli, proses pembuatan serabi yang unik.

Agar lebih variatif, kamu sediakan beberapa pilihan toping kue serabi seperti toping coklat, keju, oreo, greentea, atau kacang.

Membayangkannya saja sudah bikin lidah ini berdecak. Sebagai tambahan kamu juga bisa menyediakan menu minuman seperti teh poci, kopi hitam, atau susu segar.

Baca juga: Bisnis Warung Burjo, Warung Sejuta Umat

5 ide bisnis kuliner diatas adalah bisnis paling cocok untuk dilakukan di pagi hari menurut survei tim bisnis.blog.

Meski masih ada beberapa pilihan kuliner lain di pagi hari, 5 ide bisnis diatas adalah yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang namun juga akan tetap laku jika diduplikasi. Tinggal bagaimana kamu mengemasnya agar sedikit berbeda dari penjual yang sudah ada.