Inilah 12 Ide Bisnis Online Dari Rumah Terpopuler 2020

Tidak ada yang menyangka bahwa tahun 2020 seolah seperti tahun perubahan dalam pola bisnis. Sebagian besar pengusaha dipaksa keadaan untuk menjalankan bisnis secara online dari rumah.

Tahun 2020 memunculkan banyak kisah tentang perjuangan para pengusaha dalam beradaptasi dengan teknologi karena perubahan kebiasaan masyarakat atau beberapa orang yang dipaksa keadaan untuk menjadi pengusaha karena mengalami pemutusan hubungan kerja.

Apakah kalian adalah salah satu dari pebisnis yang dipaksa keadaan untuk menapaki dunia maya atau memang sedari awal berbisnis sudah fokus pada jalur online? Apapun itu, yang patut disyukuri adalah kalian masih bisa mempertahankan bisnis dengan mengetahui satu kata kunci, adaptasi.

Adaptasi teknologi kini menjadi sebuah keharusan bagi pengusaha apapun untuk bisa melebarkan sayap dan meraih perhatian calon konsumen secara lebih luas. Kini hampir semua bisnis sudah menggunakan jalur internet untuk meningkatkan skala bisnisnya.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Cocok Untuk Mahasiswa: Modal Kecil

Jadi bisnis online tidak melulu bisnis tentang membuat website atau aplikasi ya, bisnis apapun yang ketika pembeli dan penjualnya berkomunikasi dengan jalur internet maka bisa kita sebut bisnis online. Di sini sudah merangkum dari berbagai sumber tentang 20 bisnis online yang populer dijalankan di tahun 2020 ini, yuk kita simak apa saja.

1. Dapur Online

Dapur
Dapur

Di luar negeri dikenal dengan istilah Ghost Kitchen, tapi bukan dapur berhantu. Melainkan bisnis makanan yang cukup dimasak dari rumah dan fokus pada layanan pesan antar. Kamu tidak perlu mempunyai tempat khusus dengan kursi dan meja seperti rumah makan pada umumnya.

Cukup dengan mendaftarkan merk dagangmu ke perusahaan aplikasi layanan pengantaran makanan atau membuat layanan pesan antar sendiri. Namun pilihan pertama lebih banyak dilakukan oleh pengusaha dapur online.

Dengan mendaftarkan bisnismu di layanan aplikasi yang sudah dikenal oleh masyarakat, peluang kamu untuk mendapatkan pelanggan akan lebih besar. Meski kamu harus bersaing dengan banyak bentuk bisnis serupa yang bekerja sama dengan layanan aplikasi tersebut.

2. Toko Buku Online

Kalau dulu kita cuma tahu toko buku ya Gramedia atau Gunung Agung, maka sekarang kita tahu puluhan toko buku yang ada di Instagram dan beberapa aplikasi belanja. Bahkan beberapa penerbit kini langsung melayani pembelian buku sehingga akan memangkas biaya distribusi dan tentu harga buku jadi lebih murah.

Di masa pandemi ini, orang banyak menghabiskan waktu di rumah saja dan membaca adalah salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu di rumah. Sehingga kini popularitas toko buku online semakin meningkat.

Dengan semakin banyaknya jumlah toko buku online, kamu juga harus lebih berhati – hati dalam membeli. Jangan mudah tergiur harga buku yang murah karena biasanya itu adalah buku bajakan dengan kualitas kertas yang kurang baik dan cetakan kurang jelas.

Tetap beli buku asli ya, biar penulis favoritmu bisa terus berkarya. Hehe

3. Jasa Konsultasi Kesehatan

Konsultasi kesehatan online (marketnesia)
Konsultasi kesehatan online (marketnesia)

Bagi orang yang cerdas, keterbatasan selalu menghadirkan peluang baru. Begitu pula pada dunia jasa konsultasi, khususnya konsultasi kesehatan. Kini banyak dokter atau psikolog yang membuka jasa konsultasi online karena masyarakat masih enggan untuk pergi ke layanan kesehatan.

Konsultasi biasanya dilakukan dengan aplikasi video chat agar percakapan bisa dilakukan dengan lebih jelas. Khusus untuk konsultasi dokter biasanya hanya melayani konsultasi penyakit ringan seperti demam atau batuk, karena untuk penyakit dalam atau yang sudah kronis tentu membutuhkan layanan secara tatap muka di klinik.

Dalam hal ini, layanan psikolog lebih fleksibel untuk dilakukan secara online asalkan kecepatan internet stabil maka percakapan dengan klien akan lebih mudah dicerna dan dipraktekkan.

4. Jual Pulsa

Jual pulsa adalah bisnis online legendaris yang muncul seiring dengan perkembangan pengguna telepon genggam. Kenapa disebut bisnis online? Karena tentu transaksi pulsa dilakukan menggunakan handphone untuk terhubung dengan server operator.

Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone dan meningkatnya aktifitas yang dilakukan secara online, pulsa merupakan kebutuhan wajib bagi masyarakat. Sehingga sebanyak apapun penjual pulsa, pasti mereka mempunyai ceruk konsumen tersendiri.

5. Kursus Online

Kursus online
Kursus online

Internet membuat pola belajar menjadi lebih mudah tidak terbatas ruang dan waktu, seseorang yang berada di Surabaya bisa saja belajar langsung dengan seorang mentor dari Jakarta dengan video chatting misalnya.

Kamu yang punya passion dalam mengajar juga bisa bergabung dalam beberapa layanan kursus online sebagai pengajar atau membuka kursus online sendiri. Tentukan spesifikasi pengetahuan kamu, apakah tentang mata pelajaran sekolah seperti matematika, sosiologi, atau bahasa inggris.

Ataukah kursus yang lebih bisa diikuti orang umum seperti kursus coreldraw, microsoft office, atau kursus membuat website. Yang paling penting adalah pastikan kamu menguasai hal tersebut sebelum memulai untuk membuka kursus online.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Digital Yang Akan Mengubah Hidupmu

6. Jasa Desain

Kalau kamu suka menggambar atau membuat sebuah desain entah itu di atas kertas atau menggunakan aplikasi, ada peluang untuk kamu membuka jasa gambar desain. Bermodalkan media sosial kamu bisa memposting hasil gambar dengan memberikan penjelasan pada caption.

Banyak anak muda yang sukses menjadi freelancer di bidang jasa desain ini dengan memanfaatkan media sosial atau website penghubung antara klien dan freelancer. Ketepatan detail pengerjaan dan waktu adalah kunci agar kamu bisa memuaskan klien dengan hasil kerjamu.

7. Blogging

blogging
Blogging

Bisa dibilang blogging telah populer sejak beberapa tahun yang lalu, dan kini menjadi salah satu ide bisnis yang sangat menguntungkan. Cara mendapatkan uang dari bisnis ini pun sangat mudah, yaitu dengan membagikan beragam informasi, pengetahuan, serta hobi dan minat yang kamu miliki.

Namun, kamu harus memiliki strategi blogging yang tepat agar bisa mendapatkan penghasilan tetap. Kunci sukses dari ide bisnis 2020 ini ialah dengan memilih niche atau topik yang tepat, baik itu dari informasi yang kamu bagikan dan target dari pembaca.

Sebab, tidak hanya sesuai dengan keahlian dan minat saja, tetapi niche juga harus memiliki audiens yang cukup besar. Topik tersebutlah yang nantinya akan mendatangkan trafik ke blog yang kamu miliki ketika orang orang mengetiknya di mesin pencari. Nah, model bisnis media online seperti blog ini bisa kamu coba, ya!

Tak hanya itu saja, niche tersebut pula harus memiliki potensi bisnis. Sebab penghasilan utama blog bergantung pada berbagai opsi monetisasi termasuk pengadaan ruang iklan, pembuatan konten bersponsor, penjualan barang, afiliasi marketing, kursus online, dan lain sebagainya.

8. Jasa Membuat Website atau Blog

Selain mengelola blog milikmu sendiri, kamu bisa juga menawarkan jasa membuat blog atau bahkan website untuk para pembaca blogmu. Pastikan tampilan blog kamu menarik ya agar pembaca juga penasaran dengan desainnya.

Sebenarnya membuat website dan blog kini sudah lebih mudah dengan banyak template yang disediakan secara gratis, namun sebagian orang masih merasa kesulitan atau memang karena tidak mau ribet sehingga memutuskan untuk menggunakan jasa pembuat website.

Walaupun pelaku bisnis ini sudah cukup jamak di Indonesia, namun potensi bisnis pembuatan website atau blog di Indonesia masih cukup menjanjikan. Kamu bisa membidik target para pengusaha kecil yang ingin meningkatkan skala bisnisnya secara online namun masih kurang paham tentang pembuatan website.

9. Jasa Content Writer

content writer
Content writer

Blog yang sudah kamu bangun itu bisa juga sebagai alat promosi jasa menulis konten blog. Jika ada orang yang tidak sempat membuat blognya sendiri, akan lebih banyak pelaku usaha yang tidak sempat dan tidak punya kemampuan untuk mengisi blog atau website mereka.

Banyak membaca adalah kunci untuk bisa menjadi content writer yang profesional, karena kita tidak tahu klien yang akan datang memintamu untuk menulis tentang apa. Pastikan kamu mengetahui detail tentang tema website atau blog yang akan kamu tulis.

Jika ternyata klien yang datang lebih banyak daripada yang kamu perkirakan, kamu bisa merekrut penulis lepas melalui website freelancer atau mungkin kamu mempunyai kawan yang jago menulis juga. Tidak menutup kemungkinan kamu akan bisa mempunyai agensi content writer profesional. Keren kan.

10. Jual Sembako Online

Pandemi ini menyebabkan sebagian orang mengalami penurunan pendapatan dan mengatur kembali neraca pengeluaran mereka dengan back to basic. Memprioritaskan belanja untuk kebutuhan dasar untuk kebutuhan sehari – hari seperti bahan makanan atau perlengkapan kesehatan.

Tentu berjualan sembako atau bahan kebutuhan harian secara online dengan layanan pesan antar menjadi menarik untuk ditawarkan pada calon konsumen. Setidaknya dengan jangkauan antar pesanan radius 10km, kamu bisa mendapatkan calon pelanggan yang strategis.

Bangun komunikasi yang baik dengan pelanggan dan buat sistem pre order sehingga kamu bisa lebih mudah melakukan pencatatan dan perbelanjaan barang sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.

11. Jual Barang Kerajinan Online

Barang Kerajinan
Barang Kerajinan

Buat kamu yang memiliki keahlian dalam membuat berbagai barang kerajinan, maka hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menjualnya melalui internet.

Kerajinan handmade berupa hiasan dinding, taplak meja, atau aksesoris dalam rumah lainnya merupakan barang favorit ibu rumah tangga yang tentu ceruk pasarnya sangat besar. Atau jika kamu melayani pembuatan kerajinan custom sesuai pesanan, pasti akan lebih menarik.

Biasanya, sebagian besar orang bersedia membayar lebih untuk barang yang unik dan memiliki nilai seni tinggi. Karena alasan tersebutlah, kamu bisa menetapkan harga yang lebih tinggi dari berbagai barang hasil kerajinan tanganmu.

12. Jual Perlengkapan Youtuber

Setidaknya dua tahun belakangan ini banyak sekali orang yang ingin mencoba peruntungan untuk menjadi konten kreator youtube. Dengan semakin banyaknya orang yang tahu bahwa youtube bisa menjadi ladang penghasilan, semakin banyak pula orang yang ingin membuat kanal youtube kemudian mengisinya dengan konten yang kreatif dan unik.

Untuk membuat konten, tentu diperlukan alat – alat elektronik yang menunjang pembuatan konten seperti microphone saku, audio mixer, kamera, stand mic, lampu studio mini, dan aneka perlengkapan pendukung lain. Terbukti dari catatan beberapa e-commerce, permintaan untuk barang-barang diatas mengalami peningkatan.

Minat untuk membuat kanal youtube akan semakin tumbuh dan kamu masih bisa menangkap peluang untuk menjadi penjual perlengkapan youtuber. Selain bisa kamu pakai sendiri untuk membuat kanal youtube, sekalian kamu juga melakukan promosi barang jualan kamu di konten yang kamu buat.

Baca juga: Inilah 10 Ide Bisnis Kreatif Modal Minim yang Perlu dicoba!

Penutup

12 ide bisnis online diatas merupakan hasil pengamatan kami di lapangan mengenai perubahan pola bisnis yang dilakukan oleh banyak pengusaha lama atau pengusaha baru untuk bisa tetap mendapatkan cuan di masa pandemi seperti ini. Semoga bisa menginspirasi sobat bisnis sekalian dan tetap semangat!!