Inilah 10 Ide Bisnis Kreatif Modal Minim yang Perlu dicoba!

Menjalankan sebuah bisnis yang kreatif dengan modal yang minim merupakan keinginan bagi semua orang, tidak terkecuali saya. Hehe. Tapi apa iya sih sebuah bisnis bisa dibangun hanya dengan modal yang minim?

Biasanya kan orang – orang membayangkan kalau mau membuka bisnis ya harus punya modal awal yang cukup. Beberapa konsultan bisnis juga pernah bilang kalau modal awal untuk membuka bisnis itu setidaknya dua kali dari jumlah modal pertama yang harus dikeluarkan untuk mendirikan sebuah bisnis.

Tapi apa iya sih modal ini benar-benar penentu dari keberhasilan bisnis? kita tahu ada banyak orang yang mempunyai banyak uang namun ternyata saat mereka membuka bisnis tidak semulus yang kita bayangkan. Ternyata modal bukan satu-satunya penentu keberhasilan sebuah bisnis.

Jika modal bukan satu-satunya penentu, lalu apakah sebuah ide bisnis bisa menjadi penentu keberhasilan? Jawabannya adalah bisa jadi. Karena sebuah ide bisnis merupakan gagasan utama tentang apa yang akan kamu jalankan. Semakin unik dan orisinal ide tersebut maka akan semakin besar peluang untuk menarik minat banyak orang.

Lalu bagaimana dengan seseorang yang dengan modal minim dan belum punya ide apapun mengenai sebuah bisnis kemudian ingin belajar untuk mendapatkan ide bisnis yang bisa dijalankan dengan modal yang minim. Maka kamu berada di halaman yang tepat.

Di sini kita akan kupas beberapa ide bisnis kreatif dan menarik yang bisa dijalankan dengan modal yang minim. Kenapa harus ada kata “kreatif”? Karena usaha kreatif akan selalu relevan dengan perkembangan zaman. Selera mungkin akan berubah-ubah, namun industri kreatif akan terus memiliki pelanggan setia.

Wajar saja karena memang sudah menjadi sifat dasar manusia untuk menyukai sesuatu yang indah, artistik, dan berguna. Jadi, usaha kreatif akan tepat bagi Anda yang ingin membangun sebuah usaha yang mampu bertahan lama di tengah pesatnya kemajuan teknologi.

Selain dapat mendirikan usaha yang mampu bertahan, dengan membangun usaha kreatif Anda juga bisa membantu lebih banyak orang.

Sebab, beberapa bentuk usaha kreatif membutuhkan banyak tangan. Tidak semua usaha kreatif dapat dijalankan oleh seorang diri. Dengan begitu, pasti Anda membutuhkan bantuan orang lain. Dengan demikian, Anda pun berhasil menjadi solusi tingginya angka pengangguran di Indonesia.

Baca juga: 6 Cara Mudah Mencari Ide Bisnis Bagi Pengusaha Muda

1. Bisnis aneka buket

Buket bunga
Buket Bunga

Buket berisi bunga sudah biasa, apalagi bunganya plastik itu sudah sangat biasa. Tapi kini tren di kalangan masyarakat adalah buket berisi aneka makanan ringan, perlengkapan mandi, bahkan berisi rokok atau uang.

Jika buket berisi bunga asli maka dia akan layu kemudian dibuang, maka buket makanan ringan akan lebih bermanfaat. Kamu tetap bisa merasakan buket bersama teman yang kamu kasih buket, dari kamu untuk kamu lah ya.

Sebagai pebisnis, tentu kamu harus memberikan beberapa pilihan ukuran buket sesuai dengan budget pembeli. Sebaiknya juga menerima custom buket yang isinya menyesuaikan selera dan permintaan pembeli.

Biasanya permintaan varian isi buket ini tergantung pada siapa akan diberikan dan untuk acara apa. Menurut saya buket ini fleksibel untuk acara apa saja, wisuda, kenaikan kelas, ulang tahun, bahkan menjenguk orang sakit.

2. Bisnis kerajinan mahar

Tren mahar pernikahan yang dibentuk menjadi kerajinan mulai terkenal sejak 4 tahun yang lalu, hingga kini dan diprediksi akan tetap bertahan di masa yang akan datang. Mengingat kreasi mahar semakin hari semakin beraneka ragam dan juga setiap bulan pasti ada saja orang yang menikah. Kamu sudah belum? Hehe

Bisnis kerajinan mahar kini hampir ada di setiap kecamatan di pelosok negeri ini. Mahar yang biasanya berbentuk uang akan dilipat – lipat dengan teknik poligami eh origami kemudian dirangkai hingga menjadi motif tertentu, entah itu bunga, masjid, burung, atau sepasang pengantin.

Modal bisnis ini adalah relasi, kreatifitas dan ketepatan waktu, jangan sampai calon pengantin tertunda pernikahannya hanya karena maharnya belum jadi. Maka kamu harus bisa mengatur jangan sampai over order, kecuali kalau kamu punya karyawan maka akan lebih mudah untuk mengurus pesanan.

3. Bisnis Dessert Box

Dessert box
Dessert box

Dessert box adalah kotak berisi padang pasir, eh itu Desert. Dessert box adalah cemilan kekinian yang dibuat dari campuran adonan kue, whipp cream, mentega, susu dengan campuran biskuit atau buah kemudian dikemas dalam sebuah kotak disimpan dalah chiller.

Dessert box ini menawarkan citarasa yang manis, creamy, tekstur lembutnya akan memanjakan lidahmu…hmmm nyummy pokoknya. Cemilan ini paling pas dinikmati setelah makan, sebagai hidangan penutup, Dessert.

Tidak butuh banyak modal untuk membuat dessert box, kamu bisa memulainya dengan modal 500ribu sampai 1 juta untuk membeli bahan dasar, aneka topping, dan box sebagai tempatnya. Kamu perlu bahan-bahan di bawah ini :

Oreo (isi 12, Rp7,500 bisa untuk 2 dessert box)

Mentega (500gr, Rp5.000 – Rp8.000, tergantung merk yang dipilih dan bisa untuk 4-5 dessert box)

Susu putih cair murni tanpa rasa (1 Liter, Rp15.000 – Rp20.000, tergantung merk yang dipilih dan bisa untuk 2 dessert box)

Tepung Maizena (500 gr, Rp13.000 – Rp18.000, tergantung dari merk yang dipilih dan bisa untuk 5-6 dessert box)

Bubuk agar-agar (5gr atau 7 gr bisa mulai dari Rp2500 – Rp7500)

Toples dessert box (Rp55.000 – Rp80.000 untuk 1 dus isi 12 toples dessert box ukuran 10×10 atau dessert box size regular)

Dengan perkiraan harga diatas, cukup dengan modal Rp500.000 saja kamu sudah bisa memproduksi 15-25 dessert box rasa oreo dengan size regular. Selanjutnya inovasi rasa tergantung dari selera dan kreatifitas kamu.

4. Bisnis Dropship

Ini dia bisnis yang tidak perlu modal berjuta – juta…tapi kan beli smartphone juga harganya jutaan kan? Iya juga sih..hee

Jadi bisnis dropship ini  artinya kamu menjadi perantara untuk menjualkan barang milik orang lain, memposting di berbagai akun sosial media atau website jual beli, menjalin komunikasi dengan calon pembeli, dan memastikan kesepakatan pembelian.

Selanjutnya adalah kamu menghubungi supplier barang tersebut dan meminta untuk memproses pengiriman barang menggunakan nama tokomu. Tentu sebelumnya kamu harus sudah punya kesepakatan dengan supplier bahwa mereka mau mengirim barang atas nama tokomu.

Dalam bahasa umum, bisnis ini disebut juga dengan makelar. Tugasmu hanya menawar – nawarkan barang melalui media sosial, menulis ulasan yang bagus tentang barang daganganmu, membangun interaksi dengan calon pelanggan, dan melakukan kesepakatan harga dan pengiriman.

O iya, agar kamu bisa bersaing harga dalam jagad dunia maya yang tentu sudah banyak dropshipper pendahulu sebelum kamu. Kamu harus bisa menemukan supplier barang dengan harga yang murah namun barang berkualitas. Tentu ini idaman semua orang.

5. Bisnis jasa gambar ilustrasi digital

Ilustrasi  digital
Ilustrasi digital

Beberapa bisnis jasa yang dilakukan secara personal biasanya juga tidak membutuhkan banyak modal. Beberapa bisnis jasa cenderung membutuhkan keterampilan dan ketepatan waktu pengerjaan.

Seperti bisnis jasa gambar ilustrasi ini, kamu hanya perlu sosial media dan jaringan pertemanan yang luas untuk mempromosikan jasa gambar milikmu. Tentu kamu harus bisa menggunakan aneka aplikasi gambar seperti corel draw, adobe illustrator, atau photoshop.

Kunci dari keberhasilan bisnis jasa gambar digital adalah kemampuan kamu dalam mengilustrasikan apa yang pelanggan inginkan dan membuat gambar jadi hidup. Keterampilan untuk memadu madankan aneka tools dalam aplikasi adalah kunci agar kamu bisa membuat gambar yang bagus.

Baca juga: Begini! 7 Langkah Memulai Bisnis di Tengah Krisis

6. Bisnis barang handmade

Handmade yang berarti buatan tangan, maka barang handmade adalah barang – barang kreasi yang dibuat dengan keterampilan tangan, bukan didominasi oleh mesin. Barang kreasi handmade dibuat dari bermacam-macam bahan tergantung kreatifitas kamu.

Ada yang membuat barang handmade dari kayu, bambu, rotan, besi dan logam bekas, kain perca, atau plastik bekas. Kreasi barang handmade yang biasanya dibuat adalah peralatan rumah tangga, hiasan dinding atau meja, aksesoris, tas slempang, atau dompet unik.

Bisnis barang handmade ini biasanya dilihat dari keunikan kreasi, dan pola pemasarannya. Dua hal ini yang menentukan keberhasilan bisnis handmade milikmu.

7. Bisnis sosial media marketing

Sosial media
Sosial media

Kamu pasti pernah mendengar agensi marketing, yaitu perusahaan yang menawarkan jasa untuk memasarkan sebuah produk dengan pola pemasaran tertentu. Kalau agensi marketing dulu fokus pada media cetak, elektronik atau pemasaran secara tatap muka. Kini pekerjaan marketing lebih intensif pada media digital, termasuk sosial media.

Kini semua orang bisa menjadi marketing dengan kemampuan optimasi media sosial atau mempunyai jumlah followers yang tinggi di media sosial. Peluang membuat agensi marketing terbuka lebar buat kamu yang punya passion atau ide menarik tentang bagaimana melakukan promosi berbasis media sosial.

Bisnis sosial media marketing ini bisa kamu lakukan secara personal atau berkolaborasi dengan kawanmu. Untuk hasil yang maksimal dan profesional, kami menyarankan untuk bekerja secara tim. Jadi kamu bisa membagi beban kerja secara merata dan memungkinkan untuk lebih banyak menangani klien.

8. Bisnis kuliner mi instan

Kalau kamu taunya mi instan cuma bisa dimasak kuah atau goreng, kamu perlu baca bagian ini. Karena kini beberapa tempat makan menyajikan sajian makanan berbahan dasar mi instan.

Mi gulung sosis, lumpia mi, atau nugget mi adalah beberapa jenis varian yang tidak membutuhkan biaya mahal untuk membuatnya. Tidak sampai menguras tabunganmu untuk menciptakan model makanan baru berbahan dasar mi instan.

Contohnya mi gulung sosis, Harga satu tusuk mi gulung sosis cukup bervariasi. Jika ingin ekonomis, gunakan potongan sosis minimalis dan beri harga seribu rupiah. Akan tetapi, jika ingin mi gulung sosis yang gembul, gunakan setengah hingga satu batang sosis penuh dan harganya pun melambung jadi Rp2.000,00-Rp3.500,00 per buah.

Karena mi instan adalah makanan semua orang, sudah pasti makanan lain hasil olahan mi instan pasti mempunyai tempat tersendiri di lidah masyarakat indonesia. Apalagi dipadu dengan saus atau sambal pedas, hmmm membayangkannya saja sudah membuat perut saya lapar.

9. Bisnis jasa teman curhat

Konsultrasi
Konsultrasi

Beberapa layanan yang sudah ada menyebutnya dengan “Klinik Psikologi”, tapi ini terdengar terlalu serius untuk seseorang yang merasa bahwa masalahnya tidak berat – berat amat namun mengalami ganjalan dalam hati yang ingin disampaikan lewat unek – unek. Maka jasa teman curhat akan lebih ringan dan pas di telinga anak muda.

Sebelumnya tentu kamu harus punya dasar pengetahuan psikologi, kamu tidak perlu ambil kuliah selama 4 tahun untuk itu. Asal kamu rajin membaca tentang psikologi, self development, atau self healing, kamu akan bisa lebih mengerti bagaimana menjadi pendengar yang baik dan bisa memberikan solusi yang solutip kaya bu tejo.

Bahkan beberapa orang sebenarnya tidak membutuhkan solusi, mereka hanya ingin didengarkan, dimengerti, dan disayangi. Maka yang perlu kamu lakukan hanya memberi respon yang sekiranya seperti apa yang mereka inginkan.

Untuk memulai bisnis ini perlu diawali dengan membangun brand image dirimu di media sosial sebagai seseorang yang hangat untuk diajak bicara, bisa memberikan jawaban atas keluh kesah seseorang. Munculkan caption – caption yang sifatnya membangun mental, mengembangkan diri, atau motivasi

10. Bisnis makanan sehat

Mengingat semakin banyaknya kasus obesitas dan diabetes, semakin banyak orang yang perduli terhadap asupan makanan mereka. Bisnis makanan sehat menjadi ladang bisnis baru yang menjanjikan untuk digeluti. Minimal kamu harus tahu mengenai kandungan gizi dalam sebuah bahan pangan dan tahu bagaimana meraciknya dengan benar.

Kamu juga bisa berkolaborasi dengan kawan yang kuliah di jurusan gizi, ini tentu akan lebih menyakinkan calon pembeli. Selain gizi yang seimbang, makanan sehat dibuat dari bahan yang sehat, tanpa bahan kimia, organik.

Maka kamu harus menjamin bahwa mulai dari bahan yang diambil, pengolahan, sampai penyajian menggunakan standar kesehatan yang ideal.

Baca juga: Suka Seni? Inilah Ide Bisnis Bidang Seni yang Bisa Menghasilkan Omzet

Penutup

Sebenarnya selain 10 ide kreatif diatas, masih banyak lagi ide kreatif tentang bisnis yang bisa dilakukan dengan modal yang minim. Yang dibutuhkan adalah mental dan keberanian untuk memulai, karena ide sebagus apapun tak akan pernah bernilai jika tidak direalisasikan. Semoga bermanfaat untuk sobat bisnis blog semuanya.